Cara Praktis Membuat Otak-otak Bandeng

 

 

 

Cara Praktis Membuat Otak-otak Bandeng

Cara Praktis Membuat Otak-otak Bandeng – Apakah anda sering mendengar makanan Otak-otak? berasal dari manakah? Otak-otak adalah makanan yang terbuat dari daging ikan cincang yang dibungkus dengan daun pisang, dipanggang, dan disajikan dengan kuah asam pedas. Penganan ini populer di kawasan sekitar Selat Malaka dan Selat Karimata, seperti Kepulauan Riau, Singapura, dan Malaysia, namun tersebar luas pula di berbagai kota di Sumatera dan Jawa. Di Malaysia, Muar terkenal dengan otak-otaknya. Di Indonesia sendiri otak-otak banyak dijumpai di Tanjungpinang.[https://id.wikipedia.org/wiki/Otak-otak].

Ikan Bandeng yang dalam bahasa Inggris disebut Milkfish ini sudah sangat populer di Indonesia karena harganya terjangkau dan sudah banyak dibudidayakan. Namun karena banyak mengandung duri halus, biasanya membuat malas untuk mengkonsumsinya.

Cara Praktis Membuat Otak-otak Bandeng
Hidangan otak-otak bandeng

Makanan otak-otak bandengSalah satu jenis dari masakan otak-otak adalah otak-otak bandeng, mekanan ini seakan jadi makanan khas daerah Semarang, Jawa Tengah. Disana terdapat banyak sekali penjual kuliner khas dengan pilihan yang banyak dan harga terjangkau.

Menurut sejarahnya konon otak-otak sudah terkenal sejak dulu, selain di kota Semarang otak-otak terkenal di pesisir pantura daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur seperti di Sidoarjo, Gresik dan Lamongan.

Otak-otak adalah jenis makanan dari olahan bandeng yang biasanya dijual matang dan siap goreng, disajikan lengkap bersama sambal dan dikemas untuk oleh-oleh bagi pengunjung untuk dibawa ke rumah. Rasanya yang gurih dari padu-padan antara daging bandeng, kelapa dan bumbu sangat disukai masyarakat dan untuk rasa tidak jauh beda dengan otak-otak tengiri.

Otak-otak ini biasanya diaolah dengan cara dikukus ataupun dipanggang, untuk rasanya sendiri gurih-gurih nikmat. Apabila anda ingin menjajal  membuat sendiri di rumah, kali ini kami sajikan resep sederhana untuk membuat Otak-otak Bandeng karena mudah untuk dipraktekkan. Dijamin lebih sehat dan lebih aman untuk dikonsumsi bersama keluarga Anda.

Adapun bahan dan cara untuk membuat otak-otak bandeng sebagai berikut:

  • Bahan-bahan yang diperlukan untuk Membuat Otak-otak Bandeng :

  1. 2 ekor ikan bandeng
  2. 100 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  3. 1 butir telur
  4. Daun pisang untuk alas
  5. 1 butir telur, kocok lepas untuk pencelup
  6. Minyak goreng
  7. 300 gr kentang, goreng, haluskan
  8. 1 sdm kelapa parut, sangrai
  9. 1 sdt garam
  10. ½ sdt merica halus
  11. 2 butir telur, kocok sebentar
  12. 2 sdm bawang goreng, haluskan

 

  Bumbu halus :

  • 10 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 cm kunyit
  • 2 cm jahe
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 4 buah cabai merah keriting
  • 3/4 sendok teh merica bubuk
  • 3/4 sendok teh gala pasir
  • 1/2 sendok teh garam
  • Cara membuat otak-otak bandeng:

  1. Pukul-pukul ikan bandeng, kemudian patahkan tulang ekornya. Setelah itu keluarkan tulang dan bagian leher ikan.
  2. Bersihkan ikan, buang sisik, insang dan isi perut, anda dapat menggunakan bantuan pisau.
  3. Keruk daging ikan bandeng yang menempel pada kulit dan tulang ikan. Kemudian buang durinya. Setelah itu giling ikan sampai halus.
  4. Potong bagian leher, jangan sampai putus.
  5. Pukul-pukul dan tumbuk secara perlahan badan ikan dengan ulekan hingga daging keluar melalui leher. Anda dapat menggunakan balok kayu atau ulekan untuk membantu menbantu agar proses lebih cepat.
  6. Balikkan kulitnya melalui lubang leher, keruk daging/duri yang masih menempel pada dinding kulit, kemudian bilas dan tiriskan.
  7. Buang duri ikan dari dagingnya, tumis dengan 1 sdm minyak goreng, hingga duri muncul. Sisihkan dan bersihkan duri-durinya.
  8. Aduk rata bumbu halus, daging ikan bandeng, telur dan santan. Kemudian isi ke perut ikan bandeng dan alasi ikan bandeng dengan daun pisang.
  9. Campur daging ikan dengan kentang, kelapa sangrai, garam, merica, telur dan bawang goreng
  10. Tekan ke dalam kulit ikan, jangan terlalu padat.
  11. Bungkus ikan dengan daun pisang atau alumunium foil yang sudah diolesi margarin. Kukus selama +- 20 menit sampai matang dan berbau harum.
  12. Celup ikan bandeng ke telur.
  13. Angkat, lepaskan bungkusnya, goreng hingga kecokelatan, atau panggang dalam oven hingga kecokelatan
  14. Potong-potong sesuai selera.

Anda dapat menyimpan Otak-otak Bandeng yang telah dikukus lalu letakkan dalam wadah tertutup, masukkan ke dalam freezer/lemari es untuk membuat ikan lebih awet untuk disimpan dan siap digoreng pada waktu tertentu. Goreng dan sajikan segera agar tetap hangat, lebih nikmat jika disajikan bersama sambal terasi buatan sendiri atau disajikan dengan nasi putih selagi hangat.

Informasi kandungan gizi dari otak-otak bandeng:

  • kandungan Omega 3 ikan Bandeng jauh lebih besar dibanding Salmon, di mana Omega 3 dikenal sangat baik untuk perkembangan otak dan untuk perkembangan fungsi kognitif. Berdasarkan Balai Pengembangan dan Pengujian Mutu Hasil Perikanan (1996), kandungan Omega 3 pada Bandeng (14,2%), Sardines/Mackerel (3,9%), Salmon (2,6%), dan Tuna sebesar 0,2%.
  • Ikan Bandeng juga memiliki kandungan protein yang tinggi mencapai 20,38% sehingga baik sebagai sumber pemenuhan kebutuhan protein tubuh. Protein dalam setiap 100 gr daging ikan bandeng, mengandung 20 gr protein. Kandungan protein dalam ikan bandeng ini merupakan salah satu kandungan protein yang tergolong tinggi. mengkonsumsi ikan bandeng dapat memenuhi protein dalam tubuh diantaranya berguna untuk: pemebentukan masa otot, meningkatkan masa otot dll.
  • Kandungan kalsium dalam setiap 100 gr daging ikan bandeng, terkandung 20 mg kalsium. paling tidak, kandungan tersebut dapat membantu pemenuhan kebutuhan tubuh anda akan kalsium setiap harinya. Fungsi kalsium sendiri bagi tubuh adalah untuk: memperkuat tulang, menjaga kesehatan gigi dan tulang serta membantu mencegah penegeroposan tulang.
  • Selain mengandung banyak gizi dan nutrisi, ikan bandeng juga memiliki zat fosfor yang membantu untuk  membantu menjaga kesehatan gigi dan tulang dan untuk memperkuat tulang dan gigi. Bahwa setiap 100 gr daging ikan bandeng, mengandung 150 mg fosfor. Tentu saja kandungan fosfor ini sangat baik untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan fosfor.
  • Ikan bandeng ternyata juga memiliki kandungan zat besi, dalam 100 gr daging ikan bandeng, terkandung 2 mg zat besi. Zat besi bermanfaat untuk: Mencegah terjadinya anemia, mengontrol produksi darah, Mempercepat penyembuhan luka.
  • Ikan bandeng pun ternyata memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Terbukti, 100 gr daging ikan bandeng mengandung 150 IU vitamin A. Kandungan vitamin A ini akan sangat bermanfaat bagi kebutuhan pemenuhan tubuh, yang bermanfaat untuk : Menjaga kesehatan mata, menjaga daya tahan tubuh terhadap penyakit dll.

 

Manfaat yang didapat dengan mengkonsumsi ikan Bandeng:

Cara Praktis Membuat Otak-otak Bandeng
Ikan bandeng sebagai bahan dasar dari otak-otak bandeng

– Mencegah penyakit jantung koroner.

Penyakit jantung koroner disebabkan karena mentempitnya pembuluh darah akibat kolesterol dan zat lainnya melalui plak.  kadar kolesterol dalam bandeng mampu melawan kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Anda yang ingin menghindari dan mencegah penyakit jantung koroner ini untuk mengkonsumsi ikan bandeng secara rutin, dan disarankan pula untuk mengkonsumsi ikan bandeng yang direbus serta tidak digoreng.

– Menurunkan kadar kolesterol darah.

Ikan bandeng memiliki kandungan lemak tak jenuh yang cukup tinggi. Kandungan kolesterol baik di dalam ikan bandeng cukup tinggi, mampu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Lemak jenuh merupakan salah satu pemicu tersumbatnya pembuluh darah penyebab penyakit jantung koroner. Dengan rajin mengkonsumsi ikan merupakan salah satu cara diet tepat sebagai penangkal penyakit jantung koroner.

– Meningkatkan daya tahan tubuh.

Kebutuhan nutrisi dalam bandeng mampu memenuhi kebutuhan untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh untuk menangkal serangan penyakit.
– Membantu pertumbuhan sistem saraf serta perkembangan otak.
– Mencegah penyakit karena kekurangan gizi mikro.
– Mengurangi resiko hipertensi.

– Mencegah resiko darah tinggi atau hipertensi.

Selain mengandung banyak gizi dan nutrisi, ikan bandeng dipercaya untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan mengurangi risiko terkena arteriosklerosis. Untuk pengolahannya sendiri disarankan dengan direbus bukan digoreng.

– Mencukupi Kebutuhan Tubuh Akan Kalori.

Kebutuhan tubuh manusia akan kalori, rata-rata adalah 2200 kalori. Dengan makan satu ekor ikan Bandeng saja, anda sudah dapat memenuhi 200 kalori. Tentu ini sangat baik untuk tubuh, sehingga tubuh mampu memproduksi energi lebih banyak dalam menunjang aktivitas seharian.

– Mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

ikan merupakan sumber protein, lemak, vitamin, dan mineral yang sangat baik dan prospektif. Ikan juga mengandung asam lemak, dengan berbagai kelengkapan komposisi asam amino dan kemudahannya untuk dicerna.

– Berperan dalam pertumbuhan otak pada janin serta pendewasaan sistem saraf.

Ikan bandeng juga mengandung asam lemak, terutama Omega-3, yang sangat penting artinya bagi kesehatan dan perkembangan otak bayi untuk potensi kecerdasannya.

Sungguh banyak manfaat dari produk olahan ikan bandeng yakni otak-otak bandeng selain nikmat rasanya juga kaya akan kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Semoga informasi ini berguna. Terima kasih.