Select Page

Hampir seluruh orang di dunia ini pasti sudah tau atau tidak asing dengan yang namnya sereal. Merupakan menu sarapan praktis, cara membuat sereal juga gampang dan bisa di buat dirumah, ini menjadi salah satu menu sarapan yang disukai banyak orang. Menikmati sarapan sereal dapat di campur dengan campuran susu, yoghurt, bahkan dengan air saja dereal sudah sangan terasa nikmat dan dapat juga di makan langsung tanpa menggunakan campuran apapun. Itulah mengapa sereal menjadi salah satu menu sarapan yang banyak di sukai karena rasanya dan juga pembuatannya yang sangat praktis.

Sarapan sereal adalah salah satu makanan atau menu sarapan yang dinikmati oleh ratusan juta masyarakat di dunia setiap harinya. Sereal juga menu sarapan bagi para orang yang sedang menjalankan program diet atau menjadi seorang vegetarian yang sadar akan kesehatan. Sereal pertama diciptakan pada tahun 1863 yang disebut sebagau granula.

Hampir 50 persen orang-orang di amerika mengawali harinya dengan mengkonsumsi sereal sebagai menu sarapan mereka. Di setiap sereal memiliki kandungan yang berbeda-beda, tergantung jenis merek yang anda pilih. Ada beberapa merek yg tepat dapat memenuhi jumlah kebutuhan nutrisi yang ada di dalam tubuh anda.

Mungkin beberapa orang di Indonesia tidak terbiasa untuk memekan menu sarapan seral ini, karena menurut orang Indonesia kalau belum makan nasi belum kenyang. Mayoritas orang di Indonesia mereka lebih memilik memakan menu sarapan nasi seperti nsi goreng, bubur, nasi telur mata sapi, tempe. omongin masalah tempe, tempe juga salah satu makanan dengan protein yang tinggi, dan tempe saat ini juga ada dalam bentuk keripik. Mau tau resep keripik tempe yang enak dan juga gurik? kalian bisa mencarai taunya.

Tapi, tahukah anda? Bahwa sereal dengan berbentuk cincin sudah ditemukan sejak zaman prasejarah, tepatnya di zaman perunggu

Tetapi apakah sereal yang ditemukan di Austria ini juga merupakan menu yang digunakan sebagai menu sarapan?

 

Sejarah Munculnya Sereal

Tim arkeolog Austria menemukan makanan kuno yang berbentuk cincin di situs Zaman Perunggu Akhir Stillfried an der March, Austria. Makanan prasejarah berbentuk cincin yang punya diameter tiga sentimeter ini diduga adalah sereal di Zaman Perunggu, lo, teman-teman.

Penemuan makanan prasejarah ini juga dikatakan unik karena sangat sedikit penemuan sisa makanan, padahal banyak catatan arkeologis tentang pertanian.Tim arkeolog menduga sereal itu berasal dari era 900 sampai 1.000 Sebelum Masehi dan tempat ditemukannya sereal kuno diperkirakan merupakan tempat menyimpan biji-bijian.

Hal itu dibuktikan dengan adanya ratusan lubang penyimpanan biji-bijian yang ditemukan di tempat penemuan sereal kuno berbentuk cincin. Tim arkeolog menyimpulkan makanan prasejarah berbentuk cincin ini adalah sereal kuno karena bahan pembuatnya, teman-teman.

Setelah diteliti, makanan prasejarah yang diduga sereal dari Zaman Perunggu ini terbuat dari bahan yang hampir sama seperti sereal saat ini, yaitu dari olahan gandum dan tepung.Sereal kuno berbentuk cincin ini dibuat dari olahan gandum dan tepung basah kualitas tinggi yang dikeringkan tanpa proses pemanggangan.

Sereal yang Ditemukan Bukan untuk Menu Sarapan

Sereal berbentuk cincin yang ditemukan oleh para arkeolog tidak hanya satu, teman-teman, tapi ada beberapa pecahan dan jika disusun menjadi tiga cincin. Cara pemasakan sereal ini juga berbeda dengan sereal modern saat ini, yaitu sereal prasejarah itu diduga hanya dibentuk dari campuran basah yang tidak dipanggang tapi dibiarkan kering begitu saja.

Setelah diteliti lebih lanjut dari proses pemasakan dan ukuran sereal, tim arkeolog menduga sereal yang ditemukan ini bukan untuk menu sarapan, lo. Meskipun belum pasti, tapi tim arkeolog menduga sereal berbentuk cincin yang ditemukan di Austria ini digunakan untuk tradisi ritual pada periode Perunggu Akhir.

Diduga tradisi ritual yang dilakukan itu menggunakan makanan, salah satunya adalah sereal yang ditemukan. Hal ini disimpulkan dari kemiripan pembuatan sereal cincin ini dengan cincin lain dari tanah liat yang ditemukan di tempat yang sama.

 

Manfaat Sereal, Sumber Nutrisi Gizi

Sereal merupakan bagian dari biji-bijian yang dapat dimakan seperti gandum, beras, jagung, dan sorgum. Namun sereal hadir dalam berbagai bentuk, dan memiliki tingkat populasitas yang berbeda-beda di setiap negara.

Akan tetapi, gandum dan beras sangat populer di seluruh penjuru dunia. Setiap negara memilikinya sebagai makanan pokok, dan orang-orang di setiap negara tersebut mngnggapnya sebagai sumber nutrisi bagi mereka. Berbagai macam mineraldan vitamin serta serat banyak terkandung di dalam sereal.

Pastinya kita perlu melakukan riset untuk menemukan kandungan yang terkandung di dalam setiap sereal. Kita dapat menemukan banyak sekali informasi tentang nutrisi yang dikandung sereal yang berguna bagi tubuh kita.

Selain itu, sereal sanagn mudah untuk di dapatkan dengan harga yang terjangkau, jadi mahal dan susah di dapatkan bukan merupakan alasan untuk tidak memiliki menu sarapan satu ini. Berikut beberapa manfaat dari mengkonsumsi sereal.

Sumber Energi Yang Baik

Sereal adalah sumber energi yang penting karena dapat memberi kita 30% dari total kalori dalam makanan. Mereka mungkin makanan berkalori paling banyak dikonsumsi di dunia. Persentase mungkin berbeda di setiap negara. Alasan utama popularitas mereka mungkin karena harganya lebih murah daripada kebanyakan sumber nutrisi lainnya.

Sumber Protein Yang Baik

Protein sangat penting bagi kita karena tubuh menggunakannya untuk memperbaiki dan membangun jaringan. Mereka juga digunakan untuk membuat bahan kimia manusia seperti hormon dan enzim. Kandungan protein setiap butir berbeda.

Ambil contoh nasi, karena mengandung paling sedikit protein, tetapi itu adalah bentuk protein terbaik yang bisa kita dapatkan. Kita membutuhkan protein tulang, darah, kulit dan otot. Oleh karena itu, Anda sebaiknya mengonsumsi sereal untuk menjaga asupan protein harian kita.

Membantu Mencegah Kanker

Sereal kaya akan steroid nabati yang merangsang estrogen. Mereka mengandung pitosterol yang memblokir estrogen, yang meningkatkan kanker payudara. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa biji-bijian bahkan dapat mencegah kanker usus besar karena kandungan seratnya yang tinggi. Fitosterol mengurangi waktu yang dibutuhkan estrogen untuk diserap kembali ke dalam darah melalui dinding usus besar dengan meningkatkan pergerakan tinja.

Membantu Mengatasi Sembelit

Sereal mengandung serat larut dan tidak larut. Ini termasuk selulosa, pektin dan hemiselulosa. Diet tinggi serat dikaitkan dengan kesehatan pencernaan yang baik. Mereka menambah jumlah feses dan membuatnya lebih lembut, sehingga memudahkan tubuh untuk melewatinya. Ini membantu menyingkirkan kanker. Kita juga bisa mencegah kanker dengan makan sereal dalam jumlah besar. Mengonsumsinya dapat memastikan bahwa bagian dalam tubuh bersih dan kanker usus besar menjauh dari kita.

Sumber Vitamin Yang Baik

Sereal mengandung berbagai nutrisi. Nutrisi tersebut termasuk berbagai vitamin. Jenis dan jumlah biji-bijian dapat bervariasi. Dengan mengonsumsi sereal, secara efektif kita dapat mengatasi kekurangan vitamin B kompleks. Sereal dapat digunakan untuk mengekstrak minyak yang kaya vitamin E, tetapi juga mengandung banyak nutrisi lainnya. Sayangnya, banyak dari mereka yang hilang selama proses penggilingan.

Membantu Menjaga Berat Badan

Sarapan gandum utuh adalah cara terbaik untuk mengontrol berat badan. Karena efek pelumasnya pada usus besar, sereal dapat memastikan saluran pencernaan kita bersih. Ini juga membuat kita kenyang untuk waktu yang lama. Mengurangi mengidam makanan juga bisa membantu kita menurunkan berat badan.

Mendukung Kesehatan Jantung

Makan sereal dalam jumlah yang tepat baik untuk kesehatan jantung kita. Makan sereal saat sarapan memastikan kita makan lebih sedikit dan makan lebih banyak energi. Karena kita tidak merasa lapar untuk sementara waktu, serat dapat membantu kita menghindari makan yang berujung pada lemak. Nantinya lemak akan membuat jantung kita sulit untuk mengambil darah dan dapat menyebabkan berbagai penyakit kardiovaskular. Mengonsumsi sereal sebagai bagian dari makanan kita dapat membantu kita menghindari banyak masalah ini.

 

Rekomendasi Macam-macam Merek Sereal Terbaik Utuk Sarapan

Saat ini ada banyak merek sereal yang ada di berbagai negara, bahkan di indonesi juga memiliki produk sereal yang terkenal juga salah satu contoh nestle’s koko krunch yang memiliki paking dengan gambar singa lucu. dengan mengunakan mesin pengemas yang bagus dan besar netle’s dapat memproduksi sereal dalam jumlah yang besar setiap harinya.

Whole Grain Cereal

Seperti namanya, sereal ini terbuat dari biji-bijian (terutama oat) yang memiliki kandungan serat yang tinggi. Biasanya ada dua versi sereal gandum, yang mengandung gula dan yang tanpa gula. Tahukah Anda, konsumsi biji-bijian secara teratur dapat menurunkan kolesterol dan membantu kesehatan jantung.

Bran Cereal

Sereal ini merupakan campuran dari sumber serat lainnya, seperti kismis, corn flakes dan jenis biji lainnya yang banyak mengandung serat. Karena kandungan seratnya yang tinggi, sereal ini akan membuat kita merasa kenyang. Selain itu, jika sering sarapan pagi dengan kulit gandum, sistem pencernaan akan lebih lancar.

Sereal Manis

Dari anak-anak hingga orang dewasa, selalu terasa seperti sereal manis. Namun, jaga agar gula darah Anda tetap benar! sereal ini biasanya mengandung pemanis dan pengawet. Anda tidak perlu menambahkan topping lain, karena sereal ini sudah mengandung perisa.

Sereal Organic

Perbedaan sereal ini dengan sereal lainnya terletak pada bahan yang digunakan. Biji-bijian organik dibuat dari tumbuhan tanpa pupuk atau pestisida kimiawi. Meski harganya mahal, namun kaya nutrisi dan sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Sereal Oat Atau Haver

Oat adalah sereal yang tumbuh di daerah beriklim sedang dan subtropis. Orang Belanda memperkenalkan sereal ini kepada penduduk Indonesia dalam bentuk oatmeal. Kandungan vitamin dan asam folat pada sereal bisa membuat tubuh kita lebih sehat.

Sereal Jelai

Sereal ini biasanya dikonsumsi oleh penderita diabetes. Barley berasal dari tanaman biji-bijian yang kaya serat, zat besi, antioksidan, dan asam amino.

Sereal Biji-Bijian Atau Kacang

Sereal ini mengandung biji-bijian dan kacang-kacangan. Mengandung banyak vitamin D, asam folat dan serat. Biasanya bijinya sudah kering, karena ada campuran madu.

 

Cara Membuat Sereal dengan Sederhana

cara membuat sereal

Bahan:

  • 30 gram Nestle Nestum Polybag Susu + Pisang Sereal
  • Buah Pisang Segar
  • 2 Kacang Almond, hancurkan
  • 1 Kismis
  • 2 Kayumanis
  • 135 ml susu putih cair

Cara membuat sereal:

  1. Tuangkan 30 gram atau setara dengan 5 sendok makan Nestle Nestum ke dalam panci
  2. Kemudian tambahkan susu putih cair, masak hingga hangat dan mengental. Kemudian sisihkan.
  3. Tuangkan pada mangkuk dan berikan topping irisan pisang segar, bubuk kayumanis, kismis, dan kacang almond.
  4. Bubur pisang siap disantap.

 

6 kreasi Menu Cara Membuat Sereal Gampang, Tanpa Ribet

cara membuat sereal

1. Cara Membuat Sereal Cookies

Bahan:

  • 50 gram sereal
  • 60 gr mentega
  • 25 gram cokelat chip
  • 16 gr gula
  • 15 gram tepung terigu
  • 6 gram maizena
  • 1/2 butir telur
  • 1/4 sendok teh baking powder
  • garam secukupnya

Cara Membuat Sereal Cookies:

  1. Siapkan wadah, kocok mentega, gula, dan telur sampai merata.
  2. Tambahkan maizena, garam, baking powder, dan tepung terigu yang telah diayak.
  3. Masukkan sereal dan cokelat chip, aduk kembali.
  4. Bentuk adonan jadi bulatan kecil, kemudian letakkan di atas loyang yang telah diberi lapisan kertas roti.
  5. Panggang selama kurang lebih 30 menit dengan suhu 180 derajat Celsius.
  6. Kalau kamu gak punya oven, bisa dikukus atau dipanggang di atas wajan teflon.
  7. Sajikan cereal cookies!

 

2. Cara Membuat Sereal Cornflake Cookies

Bahan:

  • 115 gram mentega tawar
  • 90 gram gula merah
  • 50 gram gula pasir
  • 210 gram tepung terigu
  • 75 gram cokelat chip
  • 45 gram sereal cornflakes
  • 1 sendok teh ekstrak vanila
  • 2 butir telur
  • 1/2 sendok teh baking soda

Cara Membuat Sereal Cornflake Cookies:

  1. Kocok mentega dan gula di dalam mangkuk besar dengan mixer.
  2. Tambahkan vanila, telur, baking soda, tepung, dan cokelat chip.
  3. Di mangkuk terpisah, hancurkan cornflakes.
  4. Ambil adonan, kemudian celupkan ke dalam cornflakes.
  5. Panggang selama 12-13 menit dengan suhu 180 derajat Celsius.
  6. Kalau gak ada oven, bisa menggunakan teflon atau panci kukus.
  7. Sajikan cornflake cookies!

 

3. Cara Membuat sereal and Milk Ice Cream Sandwiches

Bahan:

  • 6 sendok makan berbagai jenis sereal
  • 4 buah cereal bar rasa vanila
  • 3/4 cangkir es krim vanila
  • 1 sendok makan karamel yang telah dipanaskan

Cara Membuat Sereal and Milk Ice Cream Sandwiches:

  1. Di dalam mangkuk, campurkan semua sereal sesuai selera.
  2. Letakkan cereal bar di bagian paling bawah, kemudian oleskan dengan es krim.
  3. Susun sereal di bagain atasnya.
  4. Tutup dengan cereal bar, kemudian dinginkan di dalam kulkas hingga dingin.
  5. Cereal and milk ice cream sandwiches siap disajikan .

 

4. Cara Membuat Sereal Bar

Bahan:

  • 2 cangkir sereal
  • 6 sendok makan mentega almond atau bisa diganti dengan selai kacang
  • 5 sendok makan sirup maple

Cara Membuat Sereal Bar:

  1. Masukkan sereal, mentega yang telah dicairkan, dan sirup maple ke dalam mangkuk.
  2. Campurkan semua bahan sampai merata.
  3. Tuang ke dalam loyang kue, kemudian dinginkan selama setengah jam.
  4. Sebelum disajikan, potong jadi beberapa bagian sesuai selera

 

5. Cara Membuat Sereal Crunchy cereal chicken fingers

Bahan:

  • 2 buah dada ayam yang telah dipotong memanjang
  • 3 cangkir sereal
  • 1 cangkir tepung serbaguna
  • 2 butir telur yang telah dikocok
  • 1/2 cangkir saus tomat
  • 1/4 cangkir saus apel
  • garam secukupnya
  • bubuk lada hitam secukupnya
  • minyak secukupnya
  • kecap asin secukupnya

cara Membuat Sereal Chicken Fingers:

  1. Campurkan tepung, garam, dan merica ke dalam mangkuk.
  2. Siapkan dua mangkuk berisi sereal dan kocokan telur.
  3. Celupkan potongan ayam ke dalam tepung, telur, dan sereal secara berurutan.
  4. Goreng sampai berwarna kecokelatan.
  5. Siapkan sausnya dengan mencampurkan saus apel, kecap asin, dan tomat.
  6. Sajikan bersama saus.

 

6. Cara Membuat Sereal Chocolate crunch bar

Bahan:

  • 2 cangkir cornflakes
  • 3/4 gelas chocolate chip
  • 3/5 cangkir mentega almond
  • 1/2 cangkir madu
  • 1/3 cangkir gula

Cara Membuat Sereal Crunch Bar:

  1. Panaskan campuran gula, madu, dan selai kacang, sisihkan.
  2. Tambahkan cokelat bersama sereal ke dalamnya.
  3. Tuang ke loyang roti yang telah diolesi minyak.
  4. Ratakan adonan di atas loyang, dinginkan selama 2-3 jam.
  5. sajikan.

Sekian pembahasan cara memnuat sereal kali ini semoga bermanfaat bagi anda, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang menjalankan program diet, sekian dan terima kasih.

× Whatsapp Kami!