Cara Praktis Membuat Selai Nanas

Cara Membuat Selai Nanas – Selai dari bahan dasar nanas ini sendiri sangat populer apalagi saat memasuki bulan ramadhan dan menjelang lebaran, Dikarenakan banyak diburu untuk olesan roti tawar dan bahan irisan nastar. Sajian ini tentunya tak lengkap tanpa camilan serba manis. Salah satunya adalah nastar. Kue berisi selai nanas ini tak pernah absen setiap Idul Fitri tiba.

Selai nanas sendiri merupakan makanan yang terbuat dari bahan dasar buah nanas atau ekstrak nanas segar yang diparut halus atau dihancurkan lalu dimasak dengan tambahan gula sampai mengental dan sedikit padat. Harga dari buah nanas sendiri untuk perbuah sendiri sekitar Rp4.000 dan banyak digunakan sebagai bahan dasar selai yang umumnya dari buah-buahan.

Cara Praktis Membuat Selai Nanas
Buah nanas sebagai bahan dasar pembuatan selai nanas

Selai merupakan makanan pelengkap yang biasanya dinikmati dengan roti tawar dan selai inilah yang menjadi bahan olesannya. Selai atau selai merupakan salah satu jenis makanan yang terbuat sari buah atau buah-buahan yang telah dilumatkna, diberi gula dan dimasak sampai kental dan menggumpal Selain itu, selai juga bisa dijadikan sebagai bahan isi ketika anda membuat kue kering misalnya kue nastar dengan isi selai nanas. Selai memiliki berbagai macam varian rasa buah misalnya selai nanas dan selai strawberry.

Selai sendiri banyak dijual di toko-toko  dengan komposisi dan rasa yang bermacam-macam. Apabila anda menyukai selai nanas tapi bosan beli di toko ? Tentunya anda dapat membuatnya sendiri. Selain lebih hemat dan murah, hasil yang didapat pasti juga lebih banyak dan yang paling penting terjamin gizinya karena tidak memakai bahan pewarna dan pemanis makanan. Selain itu dapat dilakukan secara sederhana dan bisa dilakukan oleh siapa saja, Selai nanas ini juga bisa jadi isian nastar buat kue untuk lebaran.

Cara Praktis Membuat Selai Nanas
Contoh selai nanas

Selai nanas ini memiliki rasa yang manis serta menyegarkan dan juga sangat cocok dijadikan dengan berbagai jenis roti. Proses dan cara membuatnya sangat mudah, cara pemilihan nanas yang cocok untuk dibuat selai atau selei pun perlu diperhatikan agar hasil buatannya nantinya tidak berair dan sulit dibentuk.

Resep Membuat Selai Nanas Sendiri

Bahan-bahan :

  1. Nanas – 1 ukuran sedang (menghasilkan 4 cangkir potongan nanas).
  2. Tepung terigu 1 kg.
  3. Gula – 2 gelas.
  4. 2 buah kayu manis yang diserut halus.
  5. 4 buah cengkeh (Jangan terlalu banyak).
  6. 1/2 sdt vanili bubuk.
  7. /4 sdt garam.
  8. 2 sendok makan air jeruk nipis.

Cara Membuat :

  1. Sediakan wajan yang agak lebar agar mudah diaduk dan panaskan terlebih dahulu.
  2. Kupas buah nanas hingga bersih, Hilangkan seluruh mata dan bagian tengahnya.
  3. Setelah pengupasan, potong kecil-kecil buah nanas yang telah dikupas tersebut lalu Blender nanas hingga halus.
  4. Masak nanas dalam wajan hingga mendidih. Masukkan gula pasir, air jeruk limau, dan kayu manis kemudian aduk hingga tercampur rata.
  5. Masak terus hingga selai susut airnya atau hingga padat sambil diaduk-aduk. Aduk terus adonan selai sampai matang dan tidak berair lagi kurang lebih sekitar 30 menit.
  6. Setelah mengental dan menjadi selai, Matikan api dan tambahkan jus lemon. Campur dengan baik. Biarkan dingin sepenuhnya.
  7. Sekarang ambil toples gelas kering dan simpan selai ini di dalamnya. Agar selai dapat bertahan lama, setelah dingin masukkan dalam toples kecil dan tutup rapat lalu masukkan dalam kulkas biasanya mampu bertahan selama 3 bulan atau lebih tanpa bahan pengawet.

 

Selai nanas siap dinikmati kapan pun, Sajikan makanan pelengkap ini dengan roti tawar sebagai makanan sarapan pagi dalam keluarga anda. Bisa untuk olesan roti, Dapat pula dinikmati dengan roti panggang hangat atau roti lapis, bisa juga untuk isian nastar. Jika untuk nastar, usahakan lebih padat ya, jangan terlalu cair agar bisa dibentuk bulat-bulat.

Ragam Olahan Selai Nanas

Nanas merupakan salah satu tanaman buah yang banyak dibudidayakan di daerah tropis dan subtropis. Di Indonesia pada mulanya hanya sebagai tanaman pekarangan, dan meluas dikebunkan di lahan kering (tegalan) di seluruh wilayah nusantara. Tanaman ini mempunyai banyak manfaat terutama pada kulitnya.

Karena itu, jangan heran jika keberadaannya cukup melimpah. Buah dengan tekstur kulit bersisik ini tak hanya nikmat disantap dalam keadaan segar, ia juga ternyata cocok diolah menjadi penganan dengan nilai ekonomi tinggi. nanas juga cocok diolah menjadi sirup, sari buah, saus, keripik, kerupuk, dodol, puree hingga fruit leather nanas.

Produk olahan dari nanas sendiri yang paling familiar di masyarakat hanya selai nanas serta nastar, padahal produk olahan dari selai nanas sendiri banyak diaplikasikan untuk produk diantaranya :

  1. Nastar

Cara Praktis Membuat Selai Nanas
Gambar Kue Nastar

Kue kering khas lebaran dengan bentuk bulat kecil ini memang memiliki bentuk menarik, sebab kue kering nastar ini identik dengan hari-hari besar seperti hari raya Lebaran. Biasanya olahan kue kering nastar klasik berisian selai nanas yang rasanya itu empuk, legit, enak lembut dan lumer di mulut. Cara membuat nastar  yang sering kita beli di toko kue atau di warung ternyata gampang dan tidak rumit.

Bahan-bahan yang diperlukan :

  1. Tepung terigu 1/2 kg.
  2. Telur 3 buah (kuningnya saja).
  3. Putih telur 1 buah sebagai olesannya.
  4. Susu bubuk 25 gram.
  5. Wisman 1 sdm.
  6. Butter 1 sdm +-200 gram.
  7. Mentega 1/2 kg.
  8. Gula halus 1/8 kg.
  9. Tepung maizena 30 gram.
  10. Selai nanas.

Cara Membuat Nastar :

  1. Pertama-tama kocok bahan margarin, telurmentega, tepung maizena hingga adonan agak mengembang dan gula larut.
  2. Lalu masukkan putih telur kemudian kocok sambil merata.
  3. Campurkan tepung terigu, susu bubuk sedikit-sedikit sambil adonan terus diaduk secara perlahan-lahan dengan menggunakan sendok kayu.
  4. Setelah itu ambil adonan, pipihkan, lalu beri isian selai nanas homemade. Bentuk sesuai selera, lalu beri sedikit isian dengan selai nanas yang sudah dipulung atau di bulatkan.
  5. kemudian simpan dan tata di atas loyang yang sudah dioles margarin secara tipis. Terus lakukan sampai semua adonan habis.
  6. Setelah semua adonan beres di bentuk olesi permukaanya dengan kuning telur menggunakan kuas lalu taburi dengan parutan gula halus.
  7. Kemudian panggang dalam oven 150 derajat celcius kurang lebih selama 20-30 menit atau sampai matang dan warnanya menjadi kecoklatan.
  8. Jika sudah matang dinginkan nastar di atas cooling rack lalu masukkan pada wadah toples yang kedap udara.

Bentuk olahan dari nastar memiliki aneka rupa seperti : bentuk kerang, kapal, buah jeruk dll tergantung pada bahan dan proses pembuatannya yang bisa menghasilkan suatu bentuk yang indah.

Untuk menambah variasi tampilan nastar, anda bisa mengkreasikan nastar dengan potongan nastar putih sesuai selera. Misalnya dengan cetakan bunga, bintang atau bentuk binatang.  Atau diberi taburan / topping parutan keju juga bisa.

         2. Dodol Nanas

Cara Praktis Membuat Selai Nanas
Gambar dodol nanas

Kreatifnya orang Sunda, khususnya daerah Garut, Jawa Barat , nanas tidak hanya dijual dalam bentuk buah utuh, tetapi juga diolah menjadi sebuah makanan ringan, yaitu dodol. Dodol mungkin sudah lebih lekat dengan kota Garut.

Apakah anda tertarik ingin mencoba membuatnya sendiri? Cara pembuatannya tidak begitu sulit. berikut akan dibicarakan tentang cara mengolah nanas menjadi dodol nanas. Pembuatannya pun ternyata tidak berbeda dengan pembuatan dodol pada umumnya.

Berikut ini adalah bahan-bahan yang harus disiapkan serta langkah-langkah pembuatan dodol nanas.

Bahan yang diperlukan :

  • Buah nanas / selai nanas.
  • Gula pasir sebanyak 500 gram.
  • Gula merah sebanyak 150 gram.
  • Santan kelapa.
  • Tepung ketan sebanyak 200 gram.
  • Tepung terigu sebayak 100 gram.
  • Agar-agar sebanyak 1 sachet.
  • Vanili sebanyak 1 bungkus.
  • Garam sebanyak ½ sendok teh.

Cara Pembuatan Dodol Nanas :

  1. Pertama-tama  yang perlu Anda lakukan adalah kupas nanas di atas, lalu cuci hingga bersih, yakni hingga bersih getah di nanas tersebut. Lalu , cuci bersih daging buahnya dan potong kecil kemudian haluskan dengan menggunakan blender. Anda juga dapat pula menggunakan selai nanas sebagai bahan bakunya.
  2. Berikutnya, Anda dapat mencampur adonan dodol nanas dengan bahan-bahan lainnya seperti  tepung ketan, gula merah, gula pasir, vanili, santan kelapa. Masak diatas kompor
  3. Aduk-aduk hingga rata dari bahan-bahan yang telah dicampurkan tadi.
  4. Masukkankan nanas / selai nanas yang sudah ada. Aduk dan masak hingga kental. Proses pemasakan +- 1 jam.
  5. Angkatlah adonan dodol dan diamkan hingga dingin, dimasukan ke dalam loyang ataupun cetakan.
  6. Dodol nanas siap disajikan.

Anda dapat mengiris-iris adonan dodol dalam loyang agar mudah untuk memakannya, jangan lupa bungkus dalam plastik dan simpan di wadah yang rapat. Untuk mendapatkan hasil yang banyak, anda dapat menggunakan mesin pengemas dan pengolah adonan dodol.

Produk olahan nanas ini bisa menjadi peluang bisnis baru bagi Anda yang hendak memulai usaha. Potensi buah nanas ini cukup menjanjikan jika dikelola dengan baik. Tentunya jika didukung dengan mesin yang dapat membantu anda memproduksi dalam skala yang banyak dan dapat menjadi industri yang menjanjikan.

Selamat mencoba.