Select Page
Halo teman-teman hari ini saya akan membagikan beberapa Cara Membuat Roti Coklat yang enak dan lezat banget.Nah ngak perlu nunggu lama” lagi deh langsung aja lihat info selengkapnya di paragraft bawah..saya sudah menyediakannya.

Cara Membuat Roti coklat Meses

cara membuat roti coklat

Bahan-bahan

9 porsi
  • 200 gram tepung cakra
  • 50 gram tepung segitiga biru
  • 1 sdm ragi instan
  • 50 gram gula pasir
  • 1 sdm susu bubuk
  • 35 gram mentega
  • 2 bh kuning telur
  • 100 ml susu cair
Filling :
  •  meses coklat
  •  gula pasir
Olesan
  • 1 bh kuning telur
  • Sedikit garam (sejuput kecil aja)

Langkah

  1. Campur tepung, ragi, gula dan subuk, aduk2 sebentar sampai rata
  2.  masukkan kuning telur dan mentega, uleni sambil d tuang air sedikit demi sedikit hingga kalis (kurleb 30 menit)
  3. Setelah kalis, bagi adonan @50 gram, saya jadinya 9 buah.. di bulatkan
  4.  ambil adonan yang paling pertama di bulatkan, giling adonan,  masukkan filling, di bentuk sesuai selera, saya pakai meses di campur dengan gula pasir.
  5. Ulangi terus hingga adonan habis.. (ambil adonan berurutan ya dari yang paling pertama di bulatkan)
  6.  oleskan loyang dengan mentega tipis2,  susun roti yang sudah di bentuk di atas loyang (jangan deket2 ya nanti adonan akan mengembang)
  7. Diamkan selama satu jam, pada saat menit ke 50, panaskan oven ya..
  8. Setelah satu jam adonan akan mengembang
  9.  olesi adonan menggunakan kocokan kuning telur
  10.  panggang di oven, api atas bawah, 170 derajat, kurleb 15 menit (tergantung oven masing2 ya)
  11. Taraaa jadi dehhh
  12. Setelah di keluarin dari oven, olesin dengan mentega tipis2 ya
  13. Ciri2 roti yang mengembang dengan bagus, pas d buka tengah nya kopong ya.. kalo padet berarti bantet yaa adonan nya
  14. Selamat mencobaaaaa
Note : tadi d rumah saya kehabisan tepung segitiga, jadi saya full pakai cakra.. tetep jadi kok.
Note : Adonan harus d letakkan di loyang ya, karna pada saat sudah mengembang, kalau di pindah2 bisa jadi bantet.

2.Roti Coklat

cara membuat roti coklat

Bahan-bahan

  1. 250 gr cakra
  2. 4 sdm gula pas
  3. 3 gr fermipan 2in1
  4. 75 mil air
  5. 2 sdm margarin
  6. 1 telur
  7. Coklat batangan
  8. 1 sdm susu bubuk

Langkah

  1. Masukkuan semua bahan2 kering aduk menggunakan sendok hingga rata,masukkan telur dan mulai mixer lalu masukkan air sedikig demi sedikit dan terakhir margarin mixer sampai kalis +- 25menit
  2. setelah mengembang bagi adonan sesuai keinginan,,beri isian coklat/keju,dengan cara di rolling
  3. Siapkan oven yg telah dipanasi sebentar dan panggang 20drajat
  4.  roti siap di sajikan selagj hangat biar nikmat

3.Roti coklat pisang

cara membuat roti coklat

Bahan-bahan

  1. 250 gr tepung terigu pro tinggi
  2. 250 gr terigu pro sedang
  3. 100 gr gula pasir
  4. 160 ml susu cair
  5. 2 sdt fermipan/ragi instan
  6. 100 gr margarin
  7. 3 kuning telur
  8. Vanili
  9. 1/2 sdt garam
  10. 1 sdt baking powder
  11. 20 ml air hangat
  12. 1 kuning telur untuk olesan dan 1 SDM skm
Isian:miesis/dcc dan pisang yg sudah dikukus atau dipanggang

Langkah

  1. Campur fermipan,gula dan air hangat dalam gelas biarkan smpai berbuih,susu cair campurkan dengan garam.
  2. satukan dalam wadah,gula,margarin,dan kuning telur aduk rata.
  3.  masukkan tepung terigu aduk rata,masukkan fermipan aduk smpai tercampur.
  4.  masukkan campuran susu dan garam lalu uleni smpai kalis.
  5. Setelah kalis, diamkan adonan -+ 1 jam atau smpai mengembang 2 kali lipat kempiskan
  6. Panaskan oven,Bagi adonan sesuai ukuran yg diinginkan,kalau saya 1 adonan ini dibagi menjadi 20
  7. Gilas lalu ujung bawah dipotong memanjadi 3 memanjang bagian atas biarkan utuh
  8. Beri isi pisang dan dcc atau misis lalu gulung tata di atas loyang yg sudah d olesi margarin lakukan sampai selesai.
  9.  diamkan lagi smpai mengembang
  10.  oven kurang lebih 10 menit kluarkan dan olesi kuning telur yg dicampur dengan susu lalu panggan lagi smpai kekuningan dan matang.

 

4.Roti isi coklat homemade

cara membuat roti coklat

Bahan-bahan

  1. 350 gr tepung roti protein tinggi
  2. 1 1/5 sdt ragi
  3. 60 gr gula pasir
  4. 1 saset susu dancow
  5. garam 1 sdt
  6. 1 butir telur
  7. 120 ml susu full cream
2 sdm mentega

Langkah

  1. Masukan semua adonan ke dalam 1 manguk, terigu, telur, gula pasir, susu bubuk, susu cair, garam lalu di campurkan sampai rata (kalau saya pakai tangan aja ga ada mixernya hehehe) setelah rata masukan ragi instan dan mentega lalu aduk sampai rata
  2. Jika adonan masih lengket di tangan, beri terigu sedikit demi sedikit sampai adonan tidak menempel lahi di tangan
  3. Setelah selesai simpan adonan kedalam wadah yang sudah di lumuri mentega lalu di tutup dengan warpclint/ pelastik diamkan selama -+ 30menit sampai adinan mengembang
  4. Lalu uleni dulu adonannya sebelum di potong”sesuai selera kalau aku di jadikan beberapa bagian lalu masukan ke dalam adonan sesuai selera kalau aku pakai isian coklat setelah di bentuk diamkan lagi -+ 15menit dan tutup juga pakai pelastik warp clintnya lagi sampai adonan mengembang.
  5. Lalu uleni dulu adonannya sebelum di potong”sesuai selera kalau aku di jadikan beberapa bagian terus masukan ke dalam adonan sesuai selera kalau aku pakai isian coklat setelah di bentuk diamkan lagi -+ 15menit dan tutup juga pakai pelastik warp clintnya lagi sampai adonan mengembang.

 

5.Roti coklat wijen

cara membuat roti coklat

Bahan-bahan

  1. 250 gr tepung terigu protein sedang
  2.  Telur 1 butir
  3. 1 sdt Fermipan
  4. 2 sdm Susu bubuk
  5. 1 sdm Maizena
  6. 1 sdt Sp
  7. 2 sdm Gula
  8. 2 sdm Mentega
  9. 1/2 cangkir Air
  10. batang Coklat
secukupnya Wijen

Langkah

  1. Larutkan fermipan dengen air hangat 1/2 cangkir tambah gula lalu aduk rata(diamkan kira2 2 menitan) sampe berbusa
  2. Sediakan baskom masukan terigu,telur,susu,maizena, sp lalu masukan bahan biang td(fermipan yg udh di larutkan td)
  3. Uleni sampai setengah kalis kmudian tambah mentega,lalu uleni lagi sampai bener2 kalis
  4. Diamkan 1 jam tutup adonan sampe mengembang
  5. Setelah ngembang tinju adonan lalu uleni sebentar kira2 5 menitan, bentuk adonan lalu beri isian coklat(atau sesuai selera)
  6. Setelah di bentuk bulat gulingkan ke wijen kemudian diamkan lagi kira2 10/15 menit sampai adonan mengembang dua kali lipat
  7. Kemudian adonan di tata di loyang yg sudah di olesi margarin lalu panggang
  8. -Panggang 20/25 menit (pake panci serba guna)tergantung oven masing2 ya bunda bunda bunda cantik
  9. Untuk isian bebas ya bun, bisa coklat batang atau ceres,keju malth,selai rasa apa aja atau kacang ijo
  10. selamat mencoba ya .

6.Roti isi coklat

cara membuat roti coklat

Bahan-bahan

  1. 200 gram tepung terigu (sy pake trigu yg biasa)
  2. 1 sdt Ragi instan (fermipan)
  3. 2 sdm gula pasir
  4. 1 sdm munjung mentega
  5. 1 gelas air hangat kuku (me gelas blimbing)
Darkcoklat (coklat batang) isian

Langkah

  1. Aktifkan dl ragi instannya dgn 1/2 gelas air hangat kuku
  2. Tunggu smpai ragi mengembang 2x lipat
  3. Siapkan terigu lalu masukkan ragi yg sudah mengembang
  4. Mixer sampai setengah kalis, jika sudah setengah kalis masukkan mentega
  5. Mixer hingga kalis elastis
  6. Istirahatkan adonan selama 1jam
  7. Jika sudah 1jam,kempeskan lalu uleni lg sebelum di beri isian
  8. Bagi2 adonan sesuai selera, lalu isi dgn coklat batang (bebas sesuai selera)
  9. Siapkan loyang yg sudah di olesi mentega+terigu
  10. Atur adonan,diamkan lg selama 30menit
  11. Panaskan oven,atur suhu 150c api atas bawah
  12. Setelah oven panas,masukkan adonan roti tadi lalu oven smpai matang selama 30menit (sesuai oven masing2)
  13. Saat roti sudah matang kluarkan terus olesi dgn madu+mentega selagi panas
  14. Siap di nikmati.
Sampe disni aja ya gays semoga artikel yang saya buat bisa berguna dan bermanfaat untuk kalian,Terimakasih juga karna sudah mengunjungin halaman website kami.Cara Membuat Roti Coklat.
× Whatsapp Kami!