Select Page
Cara Membuat Roti Coklat-Pada awalnya asal usul coklat ditemukan sekitar 400 tahun yang lalu tepatnya di Mesoamerika , namun mengenai lokasi di Amerika belum diketahui. Asal usul coklat yang untuk pertama kalinya ditemukan di Amerika, yang telah dibuktikan dengan ditemukannya berupa arkeologi pada suatu keramik yang dikombinasikan dengan residu minuman kakao. Pada masa peradaban Mokaya dan Olmec. Pada penemuan terakhir juga menyebutkan bahwa konsumsi coklat telah ada sejak tahun 1.500 tahun yang lalu . Asal usul coklat pada proses pembuatannya dengan cara proses fermentasi buah kakao sehingga menghasilkan produk minuman yang diberi nama chica dan sampai sekarang ,asih dikonsumsi oleh warga Ttribal di negara Amerika Selatan. Produk minuman coklat namun tanpa gula, akhirmya menjadi pusat budaya Mesoamerika dan bangsa Astek yang termasuk di dalamnya. Melalui bangsa Astek inilah lalu bangsa Eropa seperti Inggris, Swiss dll belajar mengembangkan coklat menjadi berbagai macam produk di abad ke 16.

Asal Usul Coklat

soal namanya berasal dari kata xocoatl yang dalam bahasa astek berarti minuman yang rasanya pahit. Namun orang bangsa Indian Mexica menyebutnya dengan “chocolate’ yang susunan katanya berasal dari choco yang artinya busa dan atl yang artinya air. Coklat  dihasilkan dari kakao (Theobroma cacao) yang diprediksikan mula mula tumbuh di sekitar daerah Amazon utara dan meluas sampai ke Amerika Tengah. Tahun 1519 Hernado Cortez melihat bahwa bangsa Astek menganggap biji coklat sebagai harta yang tidak ternlai harganya. Ia kemudian membawa biji kakao tersebut ke spayol pada sekitar tahu 1502-1528. Oleh masyarakat Spayol minuman ini ang rasanya pahit kemudian dicampur dengan gula sehingga darisinilah tercipa minuman coklat yang rasanya lebih enak. Namun hanya dapat dinikmati oleh para bangsawan saja sehingga resepnya masih dirahasiakan. Rahasia tersebut  lama lama kemudian terbuka dan tersebar kepenjuru negara lain. Kemashyuran coklat kemudian menyebar ke penjuru negara Eropa seperti Perancis, zsBelanda dan Inggris. Seiring perkembangannya tak hanya dikonsumsi sebagai minuman coklat saja namun  menjadi produkcamilan snack yang digemari oleh bebagai kalangan dari anak anak sampai orang dewasa.

Sejarah Roti

Sejarah roti konon katanya sudah dimulai sejak 10.000-12.000 tahun yang lalu. Berdasarkan sebuah catatan sejarah, makanan berbahan dasar tepung satu ini kali pertama dikembangkan di daerah Mesopotamia dan juga Mesir. Pada saat itu masyarakat sekitar hanya mengkonsumsi gandum secara langsung. Akan tetapi setelah ditemukan sebuah cara yang dianggap lebih baik untuk mengolah gandum dengan dilumatkan dan dicampur dengan air hingga menjadi pasta. Pasta yang sudah dibuat tersebut kemudian dipanaskan di atas api, lalu dikeringkan. Itulah kali pertama roti dibuat.

Oleh sebab itu, teknik pembuatan roti  semakin hari semakin berkembang hingga menjadi roti seperti sekarang ini. Sebagai contoh, hasil dari pengembangan teknik pembuatan roti adalah roti canai di India, roti pita di Timur Tengah, tortila di Meksiko dan lain sebagainya. Beberapa bukti yang menunjukan tentang sejarah perkembangan roti dapat dilihat dari bekas reruntuhan kota Pompei.

Roti Sebagai Status Sosial

Sejarah roti yang sangat panjang, hingga kini perkembangannya terus berlanjut. Seperti yang sudah dibahas tadi, kali pertama roti dikembangkan di Mesir lalu kemudian menyebar ke Yunani hingga akhirnya menyebar secara merata di daratan Eropa. Karena perkembangan pembuatan roti tersebut, pada masa itu gandum dan juga roti bahkan memiliki arti dan juga status sosial tersendiri.

Pada saat itu, warna roti menjadi pembeda antara masyarakat kelas atas dan juga masyarakat kelas bawah. Semakin gelap warna sebuah roti, maka semakin rendah kelas sosialnya. Hal tersebut berkaitan dengan kualitas tepung yang digunakan. Bahan pembuat roti dari tepung berwarna putih pada saat itu harganya sangat mahal, sehingga hanya masyarakat kelas ataslah yang bisa membeli tepung berwarna putih tersebut.

Beberapa Klasifikasi Produk Roti

Seiring perkembangan teknologi, maka jenis-jenis roti pun semakin berkembang. Jika dahulu hanya dikenal roti manis dan juga roti tawar saja, sekarang ini ada berbagai macam dan juga jenis roti. Nah, apa saja jenis-jenis roti yang ada sekarang ini? Berikut adalah beberapa diantaranya.

  1. Country Bread

Country bread atau yang lebih dikenal sebagai roti kontinental adalah salah satu jenis roti yang dibuat dengan tanpa campuran gula serta margarin di dalamnya. Roti satu ini lebih dikenal di negara-negara Eropa yang hanya terbuat dari 5 bahan utama yaitu tepung, yeast, garam, serta air tanpa adanya improver. Biasanya tekstur kulit rotinya lebih ke garing dan renyah.

  1. Rye Bread

Dinamakan dengan roti rye karena memang roti ini terbuat dari tepung rye yang telah mengalami proses fermentasi yang panjang yaitu sekitar 12-24 jam. Untuk menambah rasa, biasanya ditambahkan asam dalam adonan sehingga dikenal juga dengan istilah sour dough. Jenis roti ini lebih dikenal di Jerman dan juga di Italia.

  1. Grain Bread

Grain bread tidak terbuat dari tepung akan tetapi dari biji gandum secara utuh, sehingga teksturnya cenderung lebih keras.

Nah itulah dia sejarah roti yang sangat panjang hingga menghasilkan berbagai jenis roti seperti sekarang ini. Semoga bermanfaat.Cara Membuat Roti Coklat

Cara Membuat Roti Coklat

Bahan-bahan

9 porsi
  1. 200 gram tepung cakra
  2. 50 gram tepung segitiga biru
  3. 1 sdm ragi instan
  4. 50 gram gula pasir
  5. 1 sdm susu bubuk
  6. 35 gram mentega
  7. 2 bh kuning telur
  8. 100 ml susu cair
  9. Filling :
  10. Secukupnya meses coklat
  11. Secukupnya gula pasir
  12. Olesan
  13. 1 bh kuning telur
  14. Sedikit garam (sejuput kecil aja)

Langkah

  • Campur tepung, ragi, gula dan subuk, lalu aduk2 sebentar sampai rata
  • Lalu masukkan kuning telur dan mentega, uleni sambil d tuang air sedikit demi sedikit hingga kalis (kurleb 30 menit)
  • Setelah kalis, bagi adonan @50 gram, saya jadinya 9 buah.. lalu di bulatkan
  • Lalu ambil adonan yang paling pertama di bulatkan, giling adonan, lalu masukkan filling, lalu di bentuk sesuai selera, saya pakai meses di campur dengan gula pasir.
  • Ulangi terus hingga adonan habis.. (ambil adonan berurutan ya dari yang paling pertama di bulatkan)
  • Lalu oleskan loyang dengan mentega tipis2, lalu susun roti yang sudah di bentuk di atas loyang (jangan deket2 ya nanti adonan akan mengembang)
  • Diamkan selama satu jam, pada saat menit ke 50, panaskan oven ya..
  • Setelah satu jam adonan akan mengembang
  • Lalu olesi adonan menggunakan kocokan kuning telur
  • Lalu panggang di oven, api atas bawah, 170 derajat, kurleb 15 menit (tergantung oven masing2 ya)
  • Taraaa jadi dehhh
  • Setelah di keluarin dari oven, olesin dengan mentega tipis2 ya
  • Ciri2 roti yang mengembang dengan bagus, pas d buka tengah nya kopong ya.. kalo padet berarti bantet yaa adonan nya
  • Selamat mencobaaaaa
Note : tadi d rumah saya kehabisan tepung segitiga, jadi saya full pakai cakra.. tetep jadi kok.
Note : Adonan harus d letakkan di loyang ya, karna pada saat sudah mengembang, kalau di pindah2 bisa jadi bantet.
Kalo punya loyang cuma satu, boleh di akalin dengan aluminium foil
Jadi nanti lgsg angkat adonan beserta tatakan nya lgsg di taro di loyang dan di masukin ke oven. ADONAN YANG SUDAH MENGEMBANG TIDAK BOLEH DI PEGANG2 YA.Cara Membuat Roti Coklat
× Whatsapp Kami!