Select Page

Pengertian Risotto

Cara Membuat Risotto Ayam,Risotto masakan pokok Italia yang sarat nutrisi dan disukai oleh kalangan muda maupun tua. Membuat hidangan ini tidak sulit dengan bahan-bahan yang juga mudah didapat.

Pagi itu dapur utama restoran Lobo yang biasa dipergunakan untuk melayani pesanan tamu Hotel The Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta, disulap menjadi dapur untuk demo masak membuat risotto. Langsung saja area dapur itu dipenuhi oleh belasan orang yang antusias mengikuti kelas memasak yang dipandu Chef de Cuisine Lobo Mariano Liuzza. Mariano turun langsung mendemonstrasikan cara membuat risotto, sekalian berbagai tips dan trik cara menghasilkan risotto yang sempurna.

Kelas yang juga diikuti oleh kalangan ekspatriat ini menampilkan tiga macam menu risotto yang populer, yaitu black ink risotto, mushroom, dan asparagus risotto. Hidangan ini bersifat cukup fleksibel. Bisa dihidangkan untuk makanan pembuka ataupun makanan utama. Selain itu, juga kaya nutrisi, dilihat dari bahanbahan yang digunakan, seperti ayam, ikan, daging, serta penambahan keju dan mentega. Namun, bahan utama pembuatan risotto sebenarnya cukup sederhana, yakni bawang bombai, minyak zaitun, garam, dan bawang putih.

Penambahakan toping

“Berikutnya Anda bisa menambahkan apa pun, mulai keju parmesan, ikan, ayam, atau daging, sampai aneka sayuran. Saya sendiri lebih suka menggunakan ayam karena rasanya lebih ‘masuk’ jika dikombinasikan dengan bahanbahan yang lain,” ujar Mariano saat memulai demo masak.

Usahakan untuk menambahkan kaldu ayam ke dalam risotto, alternatif lain bisa juga menggunakan chicken powder. Untuk masakan pertama, Mariano menampilkan black ink risotto. Dalam pembuatan risotto ini memang menggunakan tinta cumi yang bisa didapat di supermarket. Tinta cumi ini tidak ada rasanya, gunanya hanya untuk pewarna makanan. Saat memasak, pastikan api selalu kecil.

“Semakin lama memasak risotto justru semakin bagus. Bumbu yang digunakan akan lebih menyerap sehingga cita rasa risotto lebih enak,” ujar Mariano.

Dengan api kecil, siram sedikit minyak zaitun ke dalam wajan, setelah panas baru masukkan bawang bombai dan bawang putih. Penting untuk tidak membuat bawang ini berubah warna atau malah hangus, sebab akan mengubah aroma masakan nantinya. Setelah itu, tambahkan white wine sedikit saja hanya untuk penambah rasa, barulah masukkan kaldu ayam.

Berikutnya giliran memasukkan nasi. Ingat, risotto umumnya menggunakan beras Arborio dari Italia. Beras ini memiliki butiran yang cukup besar ketimbang beras lokal. Teksturnya sama seperti nasi yang digunakan untuk membuat nasi goreng. Memasaknya pun cukup setengah matang, kalau matang justru menjadi lembek ketika diolah. Ketika  memasak nasi ini, gunakan kaldu ayam agar lebih gurih.

“Jangan sekali-kali mencuci beras ini,langsung masak saja,” imbuh Mariano. Kenapa begitu? Ternyata kunci kelezatan risotto justru terletak pada air tajin beras Arborio ini. Dengan begitu, kelak nasi akan tetap creamy. Setelah memasukkan nasi ke dalam wajan, selanjutnya beri tinta cumi. Langsung saja nasi menjadi hitam. Nah, baru masukkan garam, merica, lada hitam, dan saus tomat. Sebaiknya gunakan saus tomat, bukan pasta.

Pasta tomat mengandung terlalu banyak lemak. Black ink risotto juga menggunakan udang. Namun, jangan langsung mencampur udang ke dalam wajan. Sebaliknya, udang di-saute terlebih dulu dan biarkan sebentar tanpa dibolak-balik agar tidak menjadi lengket di wajan. Sebagai finishing touch, tambahkan keju parmesan dan fresh butter yang sekaligus menambah kelezatan risotto.

Nah, pada saat memasukkan kedua bahan tersebut, angkat wajan dari kompor agar keju dan mentega tidak jadi berminyak. Untuk menentukan apakah risotto sudah masak, lihat teksturnya. Kalau sudah kental dan creamy, berarti risotto sudah matang sempurna. Namun, Mariano justru mengatakan cara terbaik untuk mengetahuinya adalah dengan mencicipi langsung sebelum mematikan kompor.

Dalam membuat hidangan ini, Anda bisa bereksplorasi dengan menambahkan bahan yang disukai. Termasuk menambahkan keju kesukaan, tapi jangan sampai menggunakan lebih dari dua jenis keju karena akan merusak rasa. Untuk bahan seperti udang, daging, ataupun jamur yang bakal dimasukkan ke wajan, sebaiknya saute terlebih dulu sebentar saja agar tidak kenyal ketika digigit.

Untuk jamur, bisa menggunakan porcini atau champignon. Sementara itu, untuk membuat asparagus risotto bisa ditambahkan pesto. Daripada membelinya dengan harga yang cukup mahal, lebih baik membuat sendiri. Bahannya relatif mudah didapat; basil, keju parmesan, minyak zaitun, dan bawang putih. Cara membuatnya sederhana, cukup blend bahan-bahan tersebut tanpa dipotong-potong ke dalam blender. Sekarang Anda semakin percaya diri membuat risotto.

Di mana bisa mencoba risotto?

Cara Membuat Risotto Ayam Enak dan Gampang tidak Pake Lama.!!

Oschetti memiliki beberapa rekomendasi restoran untuk menyantap risotto. menyebut satu tempat yaitu Gualtiero Marchesi. “Dia adalah Mr. Risotto alla Milanese,” kata Oschetti. Sebagai chef pertama non kewarganegaraan Perancis yang mendapat gelar Michellin Chef bintang tiga, Marchesi membuat rissoto ala Milan menjadi naik kelas.

Kemudian, restoran kedua rekomendasi Oschetti yaitu Ristorante Olmetto. Restoran itu terletak di dalam Palazzo Brivio Sforza, hanya beberapa blok di sebelah barat daya katedral Duomo. Risotto di sini didatangkan dengan pilihan potongan daging sapi muda atau osso bucco. Ke arah selatan, di distrik kanal Navigli yang romantis di Milan.

Anda bisa menemukan restoran El Brellin yang telah mengembangkan risotto alla Milanese, latar pemandangan tepian laut dan interior tradisional. “El Brellin adalah perpaduan yang sempurna antara tradisi gastronomi denga keindahan alam Milan,” kata Oschetti. Di sisi utara Milan? Silahkan mencoba Ratana.

Hidangan risotto kuning khas Milan bisa disantap untuk empat orang karena hidangan tambahan osso bucco. “Inilah satu-satunya tempat yang selalu saya hampiri [bersama keluarga saya] saat kembali ke Milan,” kata Oschetti. “Ini adalah reinterpretasi tradisi Milan dengan cara yang baik,” ujarnya.

Tips Lokal

Karna risotto alla Milanese adalah makanan yang mengandung banyak rasa yang beragam, Oschetti merekomendasikan anggur merah seperti Oltrepò Pavese Bonarda Vivace dari pembuat anggur regional Defilippi – I Gessi sebagai pendamping. Oschetti mengatakan Haderburg Hausmannhof Spumante Metodo Classico Brut Riserva bisa dijadikan pendamping hidangan yang tepat. Ia menyarankan untuk menyantap risotto dengan menggunakan sendok, bukan garpu. “Sendok untuk troglodytes (ketinggalan jaman)” kata Oschetti,Sungguh ini adalah aturan berperilaku yang sudah diterapkan di abad 16 II Galateo abad 16. Semua orang Italia mengenal nama ini,” ujarnya. Hal lain yang perlu diperhatikan? Restoran Italia tradisional punya tata cara pemesanan yang cukup spesifik. Hidangan pertama biasanya seperti pasta atau nasi, kemudian dilanjutkan hidangan utama yaitu ikan atau daging dan terakhir adalah side dish.

Kandungan Nutrisi Pada Risotto

1.Kalori Dan Lemak

Satu porsi rata-rata risotto dengan asparagus mengandung sekitar 232 kalori, yaitu 11,5 persen dari asupan harian yang disarankan, atau DRI, dari diet 2.000 kalori.

2.Protein Dan Karbohidrat

Ada 6 gram protein dalam setiap porsi risotto dengan asparagus, atau 12 persen dari DRI 50 gram. Tambahkan 4-ons porsi dada ayam untuk meningkatkan kandungan protein piringan sebanyak 25 gram. Kandungan karbohidrat risotto dengan asparagus adalah 52 gram.

Demikianlah pembahasan tentang risotto, risotto merupakan makanan yang masuk kategori 10 masakan yang enak di dunia,karena rasanya yang enak.Berbeda dengan Cara masak rendang padang ,rendang ini berasal dari Sumatera yang memiliki Masak rendang padang ini.Rendang ini memiliki rasa yang enak bisa juga pedas dan warnanya agak kecoklat-coklatan karena proses membuatnya yang sedikit lama.

Ristto ini sangat cocok bial anda jadikan sebagai bisnis usaha yang menguntungkan, dan anda perlu juga brangkas supaya hasil dari penjualan ini dapat anda simpan dengan baik.Tak lupa saya ucapkan terimakasih karena sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel yang saya buat ini.Dan tak lupa saya mohon maaf apabila ada bahasa dan ilmu pengetahuan yang kurang baik.

Cara Membuat Risotto Ayam

Cara Membuat Risotto Ayam Enak dan Gampang tidak Pake Lama.!!

Bahan-bahan

“Untuk 3 porsi”

200 gram Pasta Risoni
2 siung Bawang Putih
1 buah Bawang Bombay
100 gram Ayam Fillet
1 buah Wortel
1 cangkir Kacang Polong
1 buah Paprika Merah
1 buah Tomat
1 buah Sosis Ayam
1 cangkir Jamur Kancing (Champignon, Portabello)
1 sendok teh Merica (Lada) Bubuk
300 ml Air Kaldu
3 sendok makan Minyak Zaitun (Olive Oil)
2 sendok makan Butter
3 sendok makan Keju
secukupnya Garam.
Langkah-langkah
  • Siapkan bahan-bahannya.
  • Tumis bawang yang dicincang hingga harum, masukkan daging ayam, aduk hingga layu.
  • Masukkan risoni, aduk hingga rata.
  • Tambahkan air kaldu, lada, dan garam.
  • Setelah hampir setengah matang masukkan keju parut, sosis, wortel, paprika, kc. polong, tomat, dan jamur yang dislice. Aduk sesekali sambil kecilkan apinya dimasak hingga air mengering. (perbaiki rasanya).
  • Tata diatas piring saji.
  • Tara.. Delizioso :D.
× Whatsapp Kami!