Select Page

Pisang sudah lama dikenal sebagai salah satu jenis buah terpopuler. Semua orang mudah menyukai pisang karena rasanya yang manis serta tekstur buahnya yang lembut. Lagi pula, pisang bisa diolah jadi apa pun, mulai dari makanan, minuman, sampai berbagai macam camilan, bahkan pisang juga bisa di buat cara membuat pisang karamel super nagih loh…

Kita tentu saja pernah merasakan betapa lezat dan sederhananya sebongkah pisang rebus, bukan? Nah, itulah salah satu contoh sederhana dari olahan buah pisang.

Karena mudah diolah, setiap daerah rasanya selalu punya olahan pisang yang tidak dimiliki daerah lain. Pisang karamel merupakan salah satu jenis camilan populer yang patut dicoba. Jenis camilan satu ini rasanya cocok untuk disajikan di pagi hari, setelah kita menghabiskan sarapan dan bersiap memulai berbagai aktivitas. Nah, mau tahu bagaimana cara membuat pisang karamel? yuk kita simak.

Jangan bayangkan cara membuat pisang karamel sebagai sebuah camilan yang susah dibuat. Siapkan wajan penggorengan, resep lengkap, dan karamel, setelahnya kita bisa membuat camilan pisang yang menggoda mata dan hadir dengan rasa yang sangat enak.

Paduan rasa manis khas pisang, ditambah dengan tekstur pisang goreng yang rasanya sudah akrab di lidah banyak orang. Pisang karamel tampil sebagai camilan sederhana namun dengan rasa yang wah.

karamel

Bahan Yang Di Butuhkan:

  • 5 buah pisang ambon/kepok, potong-potong memanjang
  • 100 gr gula pasir
  • 1 sdm gula merah, sisir

Kulit Krispi:

  • 100 gr tepung terigu
  • 70 gr tepung beras
  • 2 butir putih telur
  • 1/4 sdt garamair secukupnya

Bahan Tambahan:

  • Kental manis cokelat secukupnya

Cara Membuat Pisang Karamel:

  1. Lelehkan sedikit margarin, masukkan gula pasir dan gula maerah, masak sebentar hingga menjadi karamel. Masukkan pisang dana duk rata dengan gula karamel.
  2. Campur semua tepung, dengan garam, dan putih telur, aduk merata. Tambahkan air sedikit demi sedikit, aduk rata hingga menjadi adonan tidak terlalu kental tapi juga tidak terlalu encer.
  3. Panaskan teflon anti lengket, tuang satu sendok sayur atau secukupnya ke teflon, ratakan, amsak dengan api kecil hingga matang merata.
  4. Letakkan pisang ditepi, taburi dengan kental manis cokelat, kemudian gulung dengan bantuan spatula hingga ke tengah atau hingga kulit habis.
  5. Goreng pisang karamel hingga krispi, angkat dan bisa dituang topping kental manis cokelat lagi jika suka.
  6. Angkat pisang karamel, dan pisang karamel siap di sajikan.

Manfaat Bahan Dasar Pisang Karamel

Pisang Ambon

pisang ambon2

Pisang ambon merupakan jenis pisang yang paling mudah ditemui di pasaran. dan pisang juga bahan penting pembuatan cara membuat pisang karamel super nagih loh…. Identik dengan warna kuning segar dan kulit manis, berikut manfaat pisang ambon untuk kesehatanmu.

1. Memberikan Suntikan Energi

Tahukah kamu bahwa pisang merupakan buah yang umum dikonsumsi oleh atlet? Sebab pisang mampu memberikan suntikan energi dengan menjadikan gula sebagai energi.

2. Menyediakan Elektrolit

Jika kamu sedang menderita diare, konsumsilah pisang. Pisang kaya akan elektrolit yang mampu mengembalikan kehilangan elektrolit karena diare.

3. Bermanfaat Sebagai Antasida Alami

Antasida alami sangat penting untuk mencegah sakit maag. Sehingga jika kamu menderita sakit maag, perbanyaklah mengonsumsi pisang.

4. Mengeluarkan Racun Dari Dalam Tubuh

Pisang mengandung pektin, bahan alami yang memiliki manfaat luar biasa sebagai detoksifikasi tubuh.

5. Meningkatkan Gairah Seksual

Tidak banyak yang tahu bahwa makan pisang mampu meningkatkan gairah seksual. Sebab pisang mengandung enzim yang disebut dengan bromelain. Enzim ini membantu untuk meningkatkan gairah seksual dan kesuburan bagi pria.

Gula Merah

gula merah

Gula merah termasuk bahan penting dalam cara membuat pisang karamel. dan gula merah atau gula sering kali digunakan sebagai pemanis pada masakan jawa, isian kue tradisional ataupun sebagai pemetral rasa manis pada jamu tradisional. dan gula merah dikenal sebagai gula yang memiliki rasa manis khas. Tidak hanya itu saja, gula merah juga dikenal sebagai salah satu gula yang memiliki segudang manfaat mengagumkan untuk kesehatan tubuh.

Dilansir dari laman livestrong.com, meski gula merah alami memiliki harga lebih mahal daripada gula pasir, hal ini sudah sesuai dengan manfaat dan khasiat dari gula merah tersebut. Dalam gula merah dipercaya mengandung beberapa nutrisi dan vitamin baik yang diperlukan tubuh. Dan inilah beberapa manfaat dari gula merah untuk kesehatan.

1.  Mencegah Anemia

Penyakit anemia adalah suatu kondisi di mana jumlah sel darah merah kita lebih rendah dari jumlah normal.

Anemia juga bisa terjadi jika sel-sel darah merah tidak mengandung cukup hemoglobin. dan Hemoglobin adalah protein kaya zat besi yang memberikan warna merah darah. Protein ini membantu sel-sel darah merah membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Jika kita memiliki anemia, tubuh kita tidak mendapatkan cukup darah yang kaya oksigen. Akibatnya, kita mungkin merasa lelah atau lemah. kita juga mungkin memiliki gejala lain, seperti sesak napas, pusing, atau sakit kepala.

Sebagai sumber zat besi yang baik, gula merah sangat dipercaya mampu mengatasi masalah kurang darah ataupun anemia. Konsumsi gula merah setidaknya 1 gram setiap hari bisa bantu kita dapatkan tubuh sehat serta jauh dari masalah anemia.

2.  Mengatasi Asma

Asma adalah jenis penyakit jangka panjang atau kronis pada saluran pernapasan yang ditandai dengan peradangan dan penyempitan saluran napas yang menimbulkan sesak atau sulit bernapas. Selain sulit bernapas, penderita asma juga bisa mengalami gejala lain seperti nyeri dada, batuk-batuk, dan mengi. Asma bisa diderita oleh semua golongan usia, baik muda atau tua.

Meskipun penyebab pasti asma belum diketahui secara jelas, namun ada beberapa hal yang kerap memicunya, seperti asap rokok, debu, bulu binatang, aktivitas fisik, udara dingin, infeksi virus, atau bahkan terpapar zat kimia.

Beberapa study menyarankan agar penderita asma mengkonsumsi gula merah alami untuk mengatasi sakitnya. Sifat anti alergi yang ada pada gula merah menjadi salah satu dasar kenapa gula tradisional ini dikatakan bisa mencegah bahkan menyembuhkan penyakit asma.

3. Mencegah dan Mengobati Jerawat

jerawat

Jerawat adalah masalah kulit yang terjadi ketika folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Kondisi ini umumnya ditandai dengan munculnya bintik-bintik pada beberapa bagian tubuh, seperti wajah, leher, punggung, dan dada.

Meski jerawat dapat dialami oleh siapa saja, namun sebagian besar kasus jerawat terjadi di masa puber, yaitu pada remaja berusia 10-13 tahun, dan semakin buruk pada orang dengan kulit berminyak.

Jerawat pada remaja umumnya akan hilang dengan sendirinya pada awal usia 20 tahun. Namun pada sebagian kasus, masih ada yang mengalami masalah jerawat hingga usia 30 tahun, terutama wanita.

kita memiliki masalah jerawat membandel yang sukar untuk di atasi? Jika iya, cobalah untuk memanfaatkan gula merah sebagai masker ataupun mengkonsumsinya secara teratur setiap hari. Beberapa nutrisi yang terkandung pada gula merah sangat dipercaya mampu mengatasi dan mencegah munculnya jerawat di wajah ataupun tubuh.

4. Meredakan Nyeri Saat Menstruasi

Masalah bulanan yang sering kali dialami oleh wanita adalah nyeri saat datang bulan. Untuk meredakan nyeri ini, kita bisa memanfaatkan gula merah. Makan sedikit gula merah utuh lalu istirahatlah. Perlahan, nyeri karena menstruasi akan berkurang.

Agar nyeri lebih cepat reda, kita bisa membuat ramuan dari gula merah dan kunyit. Parut kunyit 2 rimpang, peras dan campur dengan satu gelas air. Masak air bersama 20 gram gula merah hingga mendidih. Tunggu pati kunyit mengendap lalu minum ramuan kunyit ini.

5. Mengatasi Masalah Pencernaan

Untuk memiliki sistem pencernaan yang sehat, cobalah ganti gula pasir pada minuman sehari-hari kita dengan gula merah. Cara ini akan membantu kita dapatkan sistem pencernaan yang sehat serta terawat.

Tepung Beras

Tepung beras juga sangat dibutuhkan untuk cara memuat pisang karamel. Tepung beras adalah tepung yang dibuat dari beras yang ditumbuk atau digiling. dan tepung beras tidak sama dengan pati beras yang dibuat dengan merendam beras dalam larutan alkali. Tepung beras dapat dijadikan pengganti dari tepung gandum bagi penderita intoleransi gluten karena tepung beras tidak mengandung gluten.

Manfaatnya:

Mengurangi Jerawat

Kulit kita berjerawat? Tidak perlu khawatir sebab penggunaan masker tepung beras cukup ampuh dalam mengurangi pertumbuhan jerawat di wajah. kita dapat membuat sendiri masker tepung beras di rumah. Cukup sediakan bahan-bahan seperti tepung beras, lidah buaya dan madu. Campurkan ketiga adonan itu hingga menjadi seperti pasta, lalu oleskan merata ke seluruh wajah. Diamkan selama 20 menit lalu bilas. Gunakan secara rutin setidaknya tiga kali dalam seminggu.

Mengencangkan Kulit

Tak hanya ampuh menghilangkan jerawat, tepung beras juga bisa mencegah penuaan dini atau kerutan dan garis-garis tipis yang muncul di wajah. kita pun akan memiliki kulit yang kencang dan tetap awet muda. Cara membuat masker agar terlihat awet muda adalah campurkan putih telur, madu dan tepung beras hingga menjadi adonan pasta. Setelah itu oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit lalu bilas sampai bersih.

Membuat Kulit Bercahaya

Ingin memiliki kulit segar yang bercahaya? Pasti setiap wanita sangat mendambakannya. kita pun juga bisa memiliki kulit bercahaya bebas bahan kimia. Caranya campurkan yoghurt khas minang (dadih), tepung beras, jeruk dan apel menjadi adonan pasta. Kemudian oleskan di seluruh tubuh. Masker ini bisa menghilangkan bintik-bintik hitam, bekas luka, dan kulit kusam sehingga kulit pun jadi terlihat lebih bersinar.

Scrub Tubuh

Tepung beras juga bisa digunakan sebagai scrub pada tubuh kita. Cara pembuatannya juga sangat mudah. Campurkan tepung beras, madu, gula dan minyak kelapa hingga tercampur sempurna. Lalu oleskan ke seluruh tubuh. Kandungan tepung beras dapat mengangkat sel-sel kulit mati sehingga kulit Anda pun akan menjadi lebih lembut, halus dan kenyal.

Mengatasi Flek Hitam

Flek hitam di wajah seringkali membuat wanita menjadi tidak percaya diri. Pasalnya kulit wajah terlihat kurang segar. Karena itu untuk menghilangkan flek hitam tersebut campurkan 2 sendok makan tepung beras, 3 sendok makan air seduhan teh hijau, dan 1 sendok teh jus lemon. Terapkan pada kulit wajah, diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

Kulit Kusam

Kulit kusam membuat tampilan wanita jadi tidak cerah dan segar. Untuk mengembalikan kesegaran kulit wajah, serta mencegah inflamasi dan membunuh bakteri penyebab jerawat maka gunakan 4 sendok makan tepung beras dengan 3 sendok makan jus lemon segar dan 1 sendok makan kunyit bubuk. Oleskan di wajah lalu pijat lembut dengan gerakan melingkar. Diamkan selama 30 menit sebelum dibilas dengan air dingin.

Melembutkan Kulit

Kulit yang lembut adalah dambaan setiap wanita. Dengan kulit yang lembut membuat wanita akan terlihat lebih awet muda. Nah, bagi Anda yang ingin memiliki kulit lembut, gunakan 10 sendok makan tepung beras, 5 sendok makan susu bubuk, dan 1 sendok makan minyak zaitun. Tambahkan sedikit air agar bahan-bahan masker tercampur dengan sempurna. Oleskan pada kulit dan diamkan selama 30 menit sebelum dibilas.

Kesehatan Kulit

Untuk menjaga kesehatan kulit sebaiknya gunakan masker tepung beras. Caranya adalah campurkan 1 sendok makan tepung beras dengan 1 sendok makan susu cair hingga menjadi pasta kental. Gunakan di wajah dan lalu diamkan selama 15 menit sampai setengah jam. Kemudian bilas wajah dengan air dingin.

Manfaat Mengkonsumsi Pisang Karamel

  • Meningkatkan Kekebalan Tubuh, Vitamin A, C, dan B6 yang terkandung dalam pisang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi.
  • Obat hipertensi (tekanan darah tinggi)
    Kandungan kalium membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit sehingga tekanan darah terkendali. Kandungan seratnya yang mampu mengikat lemak dapat mencegah terbentuknya plak yang berdampak naiknya tekanan darah.
  • Mencegah penyakit jantung
    Vitamin C dan flavonoid pada pisang yang bersifat antioksidan mencegah oksidasi lemak penyebab penyakit jantung. Kaliumnya merupakan tonik yang baik bagi jantung. Serat pektinnya ikut berpengaruh dalam membantu menurunkan kolesterol.
  • Kesehatan janin
    Ibu hamil disarankan makan pisang karena kandungan asam folatnya mudah diserap janin.
  • Mengatasi anemia (kurang darah)
    Buah ini juga mengandung zat besi. Dua buah pisang setiap hari, cukup membuat penderita anemia terselamatkan.
  • Mencegah gangguan pencernaan
    Pisang memiliki khasiat antasida serta mudah dicerna sehingga baik dikonsumsi oleh penderita gangguan asam lambung. Penelitian di Inggris terhadap hewan coba, hewan yang diberi makan pisang, dinding lambungnya menjadi lebih kuat. Untuk itu pilihlah pisang yang manis seperti pisang raja. Serat pada pisang melancarkan buang air besar. Vitamin B6-nya membantu meredakan gejala diare.
  • Menurunkan berat badan
    Karbohidrat kompleks tidak menaikkan kadar glukosa dengan drastis; juga rendah lemak sehingga aman untuk peserta program penurunan berat badan. Asalkan, pisang tidak diolah dalam bentuk banana milk shake, pisang goreng, ataupun kolak. Serat pada pisang juga menurunkan berat badan karena melancarkan proses metabolisme.

Efek Samping Mengkonsumsi Pisang Karamel

1. Mengantuk

Pisang mengandung tryptophan yang bisa membuat kamu merasa mengantuk. Kandungan karbohidrat yang ada pada pisang bisa menghalangi kandungan asam amino memasuki otak kamu.
Hal ini akan memicu peningkatan produksi hormon serotonin yang biasa membuat kamu mengantuk. Magnesium yang ada pada pisang juga dikenal bisa merilekskan otot tubuh. Bisa dibayangkan, tubuh kamu akan jadi super mengantuk jika makan pisang dalam jumlah yang banyak.

2. Hormon Tak Seimbang

Keseimbangan hormon yang ada dalam tubuh kamu bisa dipengaruhi oleh xeniobiotik yang ada dalam pisang. Dalam hal ini, yang terpengaruh adalah hormon estrogen perempuan dan androgen pada pria.
Terlalu banyak mengonsumsi pisang bisa mengacaukan keseimbangan kedua hormon ini, dan dampak negatif tersebut bisa dirasakan langsung oleh perempuan dengan kacaunya siklus haid dan rasa lelah yang berlebihan.

3. Kadar Gula Darah

kadar gula

Kadar gula darah adalah banyaknya zat gula atau glukosa di dalam darah. Meskipun senantiasa mengalami perubahan, kadar gula darah perlu dijaga dalam batas normal agar tidak terjadi gangguan di dalam tubuh.

Kadar gula darah dipengaruhi oleh asupan nutrisi dari makanan atau minuman, khususnya karbohidrat, serta jumlah insulin dan kepekaan sel-sel tubuh terhadap insulin. Kadar gula darah yang terlalu tinggi atau terlalu rendah akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Penderita diabetes tidak disarankan untuk mengonsumsi pisang, karena mengandun gula alami bernama glukosa. Jika kamu mengonsumsi pisang dalam jumlah banyak, tentunya bisa memicu naiknya kandungan gula dalam darah. Bahkan, gigi kamu juga bisa merasakan dampak negatif dari gula yang terkandung dalam pisang, lho. Enamel pada gigi bisa rusak.

4. Hyperkalemia

Pisang terkenal karena memiliki kandungan kalium dan potasium. Kalium penting bagi tubuh kamu untuk menjaga kebugaran dan kesehatan, namun jika berlebihan tentu saja akan memberi dampak negatif. Hal ini bisa menuntun kamu pada kondisi hyperkalemia.
Hyperkalemia merupakan kondisi dimana detak jantung kamu jadi tak beraturan, lumpuh sementara, otot lemas, dan tekanan darah yang rendah. Bahkan dalam kondisi yang parah bisa berujung pada gagal jantung!

5. Kerusakan Saraf

Kerusakan saraf tepi sering ditandai dengan kesemutan, kebas, kram, bahkan kelemahan pada pergelangan kaki atau tangan. Neuropati perifer atau kerusakan saraf tepi, terjadi saat adanya kerusakan pada sistem saraf perifer atau saraf tepi yang terletak di luar sistem saraf pusat, yaitu otak dan saraf tulang belakang.
Percaya atau tidak, kebanyakan mengonsumsi pisang juga bisa berujung pada kerusakan saraf, lho. Ini biasa terjadi pada kamu yang mengonsumsi pisang sebagai makanan harian untuk diet. Hal ini dikarenakan kandungan B6 yang ada pada pisang.
Sekian cara membuat pisang karamel, semoga resep pisang karamel ini bermanfaat bagi kita semua. Dan saya mengucapkan banyak terimakasih.
× Whatsapp Kami!