Cara Membuat Keripik Tempe Gurih dan Renyah

//Cara Membuat Keripik Tempe Gurih dan Renyah

Cara Membuat Keripik Tempe Gurih dan Renyah

Cara membuat keripik tempe-Saat ini banyak orang yang menggemari keripik tempe dan ingin membuatnya sendiri.tetapi belum tau apa rahasia dari kerenyahan keripik tempe dan bagaimana cara membuatnya dengan benar agar hasilnya memuaskan.Rasa keripik tempe yang gurih dan kerenyahan keripik tempe tersebut membuat para penikmatnya enggan berhenti memakannya

Kebanyakan orang menikmati Keripik Tempe sebagai pelengkap makan dengan nasi, lontong sayur, atau sejenisnya, namun karena Keripik Tempe termasuk makanan ringan akhirnya sekarang banyak orang yang menjadikan Keripik Tempe sebagai cemilan mereka tanpa ditemani nasi dan makanan berat lainnya. Sekali memakan Keripik Tempe, anda dijamin ketagihan.

Rahasia utama dari kerenyahan yang dihasilkan oleh Keripik Tempe adalah teknik mengiris Tempe dan teknik menggorengnya. Seharusnya saat mengiris Tempe usahakan jangan sampai merusak tekstur dan irislah dengan tipis serta searah, kemudian setelah dibumbui, gorenglah Tempe dengan kondisi minyak yang cukup banyak di wajan dan sudah panas.

selain enak, keripik tempe juga memiliki kandungan gizi yang dihasilkan dari tempe kedelai sebagai bahan dasar.selain itu keripik tempe juga tidak mengandung kolesterol yang tinggi karena digorengnya benar benar kering sehingga minyak yang ada di dalam keripik tidak sebanyak gorengan tempe biasa atau mendoan.

Tempe kedelai sebenarnya dapat diolah menjadi berbagai kreasi masakan. kita dapat megolah tempe kedelai menjadi gorengan, perkedel.sambal goreng,tempe bacam,mendoan,sayur tempe,tempe kering dan kreasi masakan tempe lainnya. dan untuk kali ini kreasi olahan tempe yang akan kami sajikan adalah keripik tempe

Langsung saja kami beberkan Resep Lengkap Cara Membuat Keripik Tempe yang renyah dan gurih ini. Silahkan simak bagaimana Cara Membuat Keripik Tempe yang istimewa berikut ini. Pastikan anda sudah menyiapkan bahan dan alat yang akan digunakan di dapur kesayangan anda.

Bahan Keripik Tempe  :

1.Tempe kedelai kotak, secukupnya

2. 300 gr Tepung beras

3. 150 gr Tepung tapioka

4. 1 butir telur ayam

5. gr Air

6. Minyak goreng

Bahan Halus Keripik Tempe :

1. 10 gr Ketumbar

2. 300  gr Tepung beras

3. 150 Tepung tapioka

4. 1 butir telur ayam

5. 500 gr air

6. Minyak goreng

Cara Membuat Keripik Tempe :

  1. Lapisan : Campur tepung beras, tepung tapioka, telur ayam, bumbu halus hingga rata. Tuang air sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata, sisihkan.
  2. Potong/iris tempe dengan ketebalan kira-kira 0,5 mm – 1 mm.
  3. Panaskan minyak di atas api sedang.
  4. Celup tiap lembaran tempe dalam adonan lapisan, angkat, tiriskan. Goreng hingga kering dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat, tiriskan dan dinginkan.

Simpat Keripik Tempe di dalam toples tertutup dan bersih agar terjaga kerenyahan dan rasanya. Mudah bukan mengikuti panduan Resep dan Cara Membuat Keripik Tempe dari kami, dijamin hasilnya renyah dan gurih. Nantikan terus kejutan resep dari kami yang lainnya. Tetap stay di blog kami, karena akan ada resep lezat setelah ini. Silahkan berkreasi masakan bersama kami. Semoga bermanfaat

Resep  keripik tempe untuk usaha rumah

Keripik tempe dengan sensasi kriukk dan renyah nya seringkali membuat kita tidak bisa berhenti untuk terus menikmatinya. Cita rasanya yang kaya akan rempah, gurih dan garing menjadi ciri khas yang tidak bisa dihilangkan dari keripik tempe goreng

Karena sensasi menggelitik dari keripik tempe, membuat makanan ringan ini menjadi salah satu oleh-oleh yang khas di beberapa kota di Indonesia. Kota penghasil keripik tempe yang terkenal dan populer di Indonesia adalah Keripik Tempe Bandung, Keripik Tempe Kebumen, Keripik Tempe Purwokerto dan lain sebagainya.

Kita patut bangga karena keberadaan tempe kedelai ini yang sudah membuat Indonesia terkenal penghasil tempe kedelai terbaik hingga ke luar Negeri. sedangkan tempe kedelai merupakan salah satu makanan warisan nenek moyang kita yang menjadi tradisi kuliner turun temurun bangsa yang juga mulai masuk di negara tetangga

Sayangnya kita sebagai negara si empunya tempe kedelai tidak bisa memenuhi kebutuhan kedelai yang sangat besar seiring dengan perkembangan pengolah kedelai menjadi tempe kedelai dan tahu. Walaupun Indonesia merupakan negara produsen tempe terbesar di Asia.

50% dari konsumsi kedelai di olah menjadi tempe kedelai, 40% pengolahan tahu, dan 10% sisanya sebagai aneka olahan bahan pangan lainnya seperti kecap, tauco, susu kedelai dan lain sebagainya.

Dengan begitu melimpahnya hasil olahan tempe kedelai ini membuat banyak orang berinovasi mengolah tempe kedelai entah sebagai menu masakan ataupun sebagai makanan pendaping.

Seperti yang sudah di jelaskan diatas, keripik tempe kedelai dengan cita rasa enak gurih yang membuat banyak orang ketagihan ini, pasti membuat banyak orang berpikir kalau membuat keripik tempe dirumah itu sulit?

Jangan salah disini kami akan memberikan step step lengkap dengan cara membuat tempe kedelai hingga menjadi keripik tempe super garing yang crispy gurih untuk anda.

Dan bagi anda yang akan mecoba Resep Keripik Tempe Gurih dari kami bisa di aplikasikan dengan berbagai rasa seperti yang telah di sebutkan di atas. anda dapat membeli bubuk bumbu instan varian rasa yang banyak di jual di toko bahan pangan dan kue.

Karena resep keripik tempe ini kami sengaja bagikan untuk anda yang sedang ingin meritis usaha di makanan atau snak, kami pun membagikan cara membuat keripik ttempe dari awal pembuatan tempe kedelai homemade agar harganya lebih ekonomis.

Macam Macam Resep Cara membuat keripik tempe

1.Keripik tempe kriyuk

Sebenernya sih bikin keripik tempe tuh susah-susah gampang,susahnya itu kalo kebanyakan tapioka jadi nya ulet terus harus  telaten waktu motong tipis-tipis biar keripiknya kriyuk terus prosesnya lama harus nunggu 24-36 jam baru bisa dinikmati..

Nah gk usah tunggu lama lagi berikut ini kita akan memberikan resep-resep nya cara membuat keripik biar  terasa kriuknya…

eits tapi jangan lupa recooknya dulu y,di tunggu makasih 🙂

Bahan

  • 2 papan tempe bakal (belum jadi)
  • 8 sdm tepung tapioka
  • 6 pcs plastik 1/4an
  • secukupnya tali rafia
  • ⚠️ Bumbu untuk menggoreng
  • 2 sdm tepung beras
  • 1 sdt ketumbar
  • 4 bawang putih
  • secukupnya kunyit
  • secukupnya garam
  • secukupnya air
  • secukupnya minyak goreng

    Langkah – langkah Cara membuat tempe Kriyuk

  • Campurkan tempe dengan tapioka, aduk dengan menggunakan sendok…catatan * jangan memakai tangan untuk mencampur tempe dengan tapioka nya,harus memakai sendok,,terus jangan sampai adonan nya kemasukan air,garam,gula atau apapun..
  • setelah dicampur rata adonan dibungkus dengan plastik
  • Sewaktu membungkus usahakan yang padat agar jadinya gk kepyar,kemudian gantung dengan tali  rafia..dan agar bentuk adonan tempenya dibentuk menjadi bulat.. dan tunggu 24-36 jam..selamat menunggu 😀
  • Selanjutnya setelah 24 jam lebih cek apakah adonan sudah padat dan sudah bisa dipotong atau belum,ketika tempe sudah padat barulah kita potong setipis mungkin biar keripik tempenya kriyuk..dan membutuhkan telatenan
  • Step terakhir haluskan semua bumbu kemudian celupkan satu per satu tempe yg sudah di iris tipus kemudian goreng ke dalam minyak yang  tidak terlalu panas soalnya kalo minyak nya kepanasan bisa-bisa gosong duluan😫
  • dan inilah hasilnya keripik tempe kriuk
    keripik Tempe Kriyuk

    Keripik tempe kriyuk

    2.Keripik Tempe Renyah

    Cara membuat Keripik Tempe Renyah

    Keripik Tempe Renyah

    Untuk kali ini kita akan memberikan resep cara untuk membuat keripik tempe renyah,karena banyak  sekali  orang yang paling suka sama makanan yang satu ini :D,daripada beli coba bikin sendiri dan hasilnya enak dan bisa dinikmati sendiri 🙂

    Nah gk usah tunggu lama lagi berikut ini kita akan memberikan resep-resep nya cara membuat keripik yang renyah

    Bahan

  • 1 papan tempe yang bulet
  • 250 gr tepung beras ros brand
  • 3 sendok munjung tepung tapioka/aci
  • bumbu halus
  • 3 siung bawang putih
  • 1 siung bawang merah
  • sejumput ketumbar
  • 1 ruas kencur
  • secukupnya garam
  • penyedap rasa

    Langkah-langkah Cara membuat Keripik Renyah

    1.  Iriss tempe setipis mungkin dan seragam
    2.  Ulek semua bumbu sampai halus
    3.  Campurkan semua bahan dengan bumbu
    4.  Beri air di kira-kira sampai adonan seperti buat peyek encer
      5.Celupkan satu persatu tempe ke adonan tepung da goreng sampai terasa Renya

3.Keripik Tempe Krispy

Kripik Tempe krispy

Keripik tempe Krispy

Pengen makan Kripik tempe Krispy yang  murah,… Kalau beli lebih mahal… Tapi dapetnya cuma sedikit…Mending bikin sendiri dirumah yuk lebih murah dan enak…,nanti kita akan memberikan resepnya Cara mebuat keripik krispy yang enak

Nah gk usah tunggu lama lagi…Yuk Langsung saja berikut ini kita akan memberikan resep-resep nya cara membuat keripik yang renyah…

Bahan

  • 1 tempe
  • 1 gelas belimbing tepung beras
  • Air dikira sendiri
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok ketumbar bubuk
  • seujung sendok bubuk kunyit
  • 1/2 sendok bubuk bawang putih
  • daun bawang di iris kecil

    Langkah-langkah Cara  membuat Keripik tempe Krispy

    1.  Buatlah adonan tepung dengan mencampur semua bahan yang disiapakan…
    2.  Masukkan daun bawang kedalam adonanan
    3.  Aduk sampai rata
    4.  Masukkan tempe kedalam adonan satu persatu
    5.  Goreng sampai kering
    6.  Tips.. Biarkan sampai minyak goreng benar benar tiris sebelum dimasukkan kedalam toples… Dan tunggu sampai dingin baru menutup toples
    7. Tujuannya agar tempe tidak cepat melempem

      4.Keripik Tempe Tapioka

         mumpung membuat tempe.. hehe, sekalian aja nih bikin snack yang 1 ini,unik & beda yang lain dari 4 bungkus tempe, 1 saya ambil untuk bahan percobaan

    cuma ditambah tapioka seberat tempe, jadi perbandingannya 1 : 1. karrna bahan tempe sudah mengandung ragi, jd tdk perlu ditambah ragi. prosesnya mirip membuat tempe.

    Nah Yuk Langsung saja berikut ini kita akan memberikan resep-resep nya cara membuat keripik Tempe Tapioka

    Bahan

  • 250 gr tempe
  • 250 gr tapioka (sy 100 gr, udh tinggal dikit soalnya)
  • plastik/ziplock & tusuk gigi
  • 2 lembar kain serbet
  • 1 gelas air
  • 3 bawang putih + 1 sdt garam + 1/2 sdt kaldu

    Langkah – langkah untuk Cara membuat Keripk  Tempe Tapioka

1.Campur semua bahan. kalau dari tempe yg sudah jadi, maka si tempe di hancurkan dulu, baru di campur tapioka.

2.Masukkan ke dalam plastik/ziplock. tusuk2 kedua sisi dengan tusuk gigi.

3.Hamparkan kain, taruh plastik berisi tempe, tutup dengan kain. tunggu 24 jam.

4.Tanda berhasil : bungkusan memadat, bau segar tdk busuk, berspora & hangat.

5.Iris tipis, harus tipis bengeeet yaa, kalau ketebelan dia g renyah lama. celupkan ke dlm air garam, kaldu & bawang putih. (sy diblender) goreng kering.

6.ini tempe tapioka yang sudah jadi

Cara membuat keripik tempe

Keripik Tempe Tapioka

5.Keripik Tempe Bumbu Sambalado

Bahan

  • 2 papan tempe bentuk bulat
  • 1 sdt garam dapur
  • bumbu balado
  • secukupnya minyak utk menggoreng

Langkah-langkah untuk Cara membuat  Keripik Tempe Bumbu Balado

1.Potong tempe setipis mungkin,rendam pake air garam sedikit saja,diamkan 5 menit agar garam meresap ke tempe

2.Kemudian panaskan minyak (agak banyak biar tempe terendam saat di goreng) goreng tempe dgn api kecil sampai kering

3.Setelah kering angkat dan tiriskan tunggu sampai dingin,,kemudian berikan bumbu pada tempe dengan bubuk balado

4.Keripik tempe siap di sajikan 😀😀😀

cara membuat Keripik tempe balado

Keripik tempe balado

6.Keripik Tempe Homemade

Mau tau cemilan yang simpel dan yang  pasti nikmat? kali ini kita akan memberikan beberapa resep baru cara untuk membuat keripik tempe yang mudah,simpel dan yang pasti nikmat,kita dapat membuat nya sendiri  dirumah loh 😀

Nah yuk Langsung saja berikut ini kita akan memberikan resep-resep nya cara membuat keripik Tempe  Homemade 😀

    Bahan

  • 1 bungkus Tempe bentuk tabung
  • secukupnya Minyak goreng
  • Bumbu Halus :
  • 4 siung bawang putih
  • 1 sdt ketumbar
  • secukupnya Garam
  • Bahan Pelapis :
  • 2 sdm tepung beras
  • 1 sdm tepung kanji
  • secukupnya Daun jeruk

      Langkah-langkah untuk membuat keripik Tempe Homemade

1. Haluskan bumbu halus dan dibagi dua, satu untuk celupan tempe dan satu untuk bumbu bahan pelapis.

2. Potong tipis-tipis tempe. Celupkan ke dalam bumbu halus pertama yang sudah diencerkan dengan air dan jemur kurang lebih 15 sd 20 menit.

3. Campurkan bumbu halus kedua dengan semua bahan pelapis. Potong daun jeruk kecil-kecil dan campurkan. Cairkan dengan menggunakan air. Jangan sampai terlalu encer yaa..

4.  Kemudian Panaskan minyak dengan jumlah cukup banyak sampai tempe yg akan digoreng tenggelam.

5.  Celupkan tempe ke dalam bahan pelapis kemudian goreng sampai agak cokelat keemasan. Jangan sampai terlalu cokelat.

6.  Dan jangan  lupa angkat yh 😀

7.  Setelah itu tiriskan dan tunggu sampai dingin. Setelah dingin, masukkan ke dalam toples agar awet renyahnya.

8.  Kripik tempe  siap dinikmati..kreeessssss  😀

Cara membuat Keripik Tempe Homemade

Keripik Tempe Homemade

7.keripik Tempe Pedas

Bahan

  • 2 bungkus Tempe
  • bumbu basah:
  • 6 siung bawang putih
  • 1/2 bungkus Tepung Sajiku
  • 1 gelas belimbing Air putih matang
  • Toping:
  • sesuai selera Bubuk Cabe instan

Langkah-langkah untuk Cara membuat Keripik Tempe Pedas

1. Iris tempe tipis” dan jemur sekitar 1jam (makin lama makin krispyy )

2. Blender bumbu halus sampe tercampur rata & halus. Hasil memang cair yaa tidak kental.

3. Panaskan minyak diapi kecil. Masukkan irisan tempe ke bumbu halus sampai semua permukaan tempe kena ya. Goreng sampe kecoklatan. Dinginkan dengan dialasi sarbet/tissue biar minyak cepat ilang 😊

4. Setelah lumayan dingin masukkan toples. Taburi bubuk cabe instan. Hentak”pelan dalem toples

5. Keripik tempe pedas siapp disantapp! Lumayannn buat nemenin Kopi 😚

Cara membuat Keripik pedas

Keripik tempe pedas

8.Keripik Tempe garing simpel

Berawal dari bahan2 yg ada didapur, iseng2 bikin, tapi hasil renyah dan enak, apalagi untuk cemilan dirumah 😀

Bahan

  • 1 buah tempe dipotong 3bagian
  • secukupnya Tepung beras
  • 1 sachet Royco
  • sedikit Lada
  • Air putih secukupnya

Langkah – langkah cara untuk membuat keripik tempe

1.Potong tempe tipis-tipis

2.Aduk tepung beras yang di beri air secukupnya

3.Tambahkan royco, Lada di adonan tepungnya, lalu cicipi tempe  sudah pas belum asinnya

4.Masukan tempe dengan adonan tepung, lalu Goreng diminyak yang panas, sampai warna kecoklatan

5.Angkat dan sajikan, dan siap untuk dinikmati 😀

 

cara membuat keripik tempe garing simpel

Keripik tempe garing simpel

9.Keripik Tempe Sagu

bahan

  • 500 gr bakal calon tempe
  • 300 gr tepung tapioka
  • 5 siung Bawang Putih
  • 2 siung Bawang Merah
  • Ketumbar
  • Garam
  • Minyak Goreng

Langkah-langkah untuk cara membuat keripik tempe sagu

1.Campurkan bakal calon tempe dengan tepung tapioka

2.Masukkan ke kantung plastik dipadatkan kemudian digantung 1 malam sampai tempe jadi

3.Setelah 1 mlm tempe diiringi tipis tipis

4.Supaya tidak lengket irisan tempe ditata & memudahkan menggoreng

5.Bumbu dihaluskan sebagai bahan celupan waktu menggoreng6.

6.Tiriskan

Cara membuat Keripik Tempe Sagu

Keripik Tempe Sagu

 

 

 

 

By | 2017-11-18T04:12:35+00:00 November 14th, 2017|Artikel|Comments Off on Cara Membuat Keripik Tempe Gurih dan Renyah

About the Author: