Select Page

Cara Membuat Keripik Sukun – Buat Anda yang suka ngemil di siang maupun malam hari kami mereferensikan keripik sukun untuk cemilannya. Seperti namanya keripik ini terbuat dari bahan dasar sukun yang kemudian di racik dengan bahan lainya menjadi sajian yang sangat renyah dan gurih. Keripik sukun ini bisa Anda buat sedikit maupun dengan jumlah banyak. Biasanya pembuatan dengan jumlah banyak untuk suatu usaha. Adapun daerah yang menjadi pusat penghasil buah sukun yang paling di kenal yakni kabupaten cilacap dan juga kepulauan seribu.

Untuk penyajianya, Anda bisa membuat sendiri di rumah maupun membelinya. Untuk proses pembuatanya memang tidak terlalu sulit. Dan proses pembuatanya juga tidak memerlukan waktu yang berjam-jam. Jadi bisa cepat untuk di sajikan bersama keluarga Anda di rumah. Namun memang ada beberapa tahap  yang mesti anda lakukan agar berurutan.

Pohon/buah Sukun

Cara Membuat Keripik Sukun

 

Pohon sukun (atau pohon timbul) umumnya adalah pohon tinggi, dapat mencapai 30 m, meski umumnya di pedesaan hanya belasan meter tingginya. Hasil perbanyakan dengan klon umumnya pendek dan bercabang rendah. Batang besar dan lurus, hingga 8 m, sering dengan akar papan (banir) yang rendah dan memanjang.

Bertajuk renggang, bercabang mendatar dan berdaun besar-besar yang tersusun berselang-seling; lembar daun 20-40 × 20–60 cm, berbagi menyirip dalam, liat agak keras seperti kulit, hijau tua mengkilap di sisi atas, serta kusam, kasar dan berbulu halus di bagian bawah. Kuncup tertutup oleh daun penumpu besar yang berbentuk kerucut. Semua bagian pohon mengeluarkan getah putih (lateks) apabila dilukai.

Perbungaan dalam ketiak daun, dekat ujung ranting. Bunga jantan dalam bulir berbentuk gada panjang yang menggantung, 15–25 cm, hijau muda dan menguning bila masak, serbuk sari kuning dan mudah diterbangkan angin. Bunga majemuk betina berbentuk bulat atau agak silindris, 5-7 × 8–10 cm, hijau. Buah majemuk merupakan perkembangan dari bunga betina majemuk, dengan diameter 10–30 cm. Forma berbiji (timbul) dengan duri-duri lunak dan pendek, hijau tua. Forma tak berbiji (sukun) biasanya memiliki kulit buah hijau kekuningan, dengan duri-duri yang tereduksi menjadi pola mata faset segi-4 atau segi-6 di kulitnya.

Biji timbul berbentuk bulat atau agak gepeng sampai agak persegi, kecoklatan, sekitar 2,5 cm, diselubungi oleh tenda bunga. Sukun tidak menghasilkan biji, dan tenda bunganya di bagian atas menyatu, membesar menjadi ‘daging buah’ sukun.

Cara Menbuat Keripik Sukun

adalah makanan yang terbuat dari sukun yang diiris tipis kemudian digoreng sampai kering dan renyah. Rasanya asin dan biasanya diberi aroma bawang yang gurih. Makanan ringan ini banyak dijumpai di sentra-sentra penghasil sukun, salah satunya adalah Kepulauan Seribu dan Cilacap.

Tanaman sukun memiliki kerabat dengan jenis tanaman kluwih, cempedak dan nangka berdasarkan persamaan klasifikasi jenisnya. Kemampuan tanaman sukun dalam beradaptasi dengan lingkungan cukup tinggi mulai dari tempat yang memiliki tanah subur sampai tanah yang kurang subur pun tanaman sukun bisa tumbuh.

Tanaman sukun bisa tumbuh juga pada jenis jenis tanah merah kekuningan, tanah yang ada di lokasi pinggir rawa rawa, juga tanah yang berkapur, bahkan ketinggian permukaan tanah terhadap laut juga bukan menjadi masalah, mulai daerah pantai sampai pegunungan bisa menjadi tempat bagi perkembang biakan tanaman sukun.

Buah Sukun Berdasar Rasa dan Bentuk Tekstur Daging

buahnya ketika dimasak sebenarnya lebih identik dengan jenis makanan dari ubi ubian daripada buah buahan, contoh sederhana apabila kita bandingkan antara buah sukun dan buah nangka yang termasuk kerabat dekat sukun, terdapat perbedaan yang jauh dimana nangka lebih cenderung menuju jenis makanan segar sedang sukun tidak bisa dijadikan makanan segar seperti campuran pada es buah seperti nangka.

Karena kandungan nilai karbohidrat pada sukun yang tinggi menyebabkan buah sukun ini hampir memiliki kesamaan dengan jenis umbi umbian, berdasarkan nilai nutrisi tersebut maka sukun bisa digunakan sebagai sumber pangan pengganti atau alternatif selain beras.

Sayangnya tanaman sukun memang tidak dibudidaya secara besar di satu daerah, keberadaannya lebih sering didapati terpisah pisah hanya sebagai tanaman sampingan bukan tanaman pokok, bahkan masih ada saja orang yang belum tahu bagaimana bentuk dari tanaman sukun secara utuh karena kurang dikenalnya tanaman ini secara meluas di masyarakat.

Varian dari tanaman sukun yang populasinya banyak ditanam di Indonesia ada tiga jenis, yang pertama jenis sukun kuning dengan ciri fisik kulit buah memiliki duri lunak, warna kulit buah hijau ketika muda dan menguning ketika matang, tekstur daging buah kering dan kenyal karena kandungan air yang sedikit pada buahnya.

Varian kedua adalah jenis sukun gundul dengan ciri fisik kulit buah tidak didapati duri sehingga mendapat julukan gundul, warna kulit buah ketika muda sampai tua matang cenderung tetap sama yaitu hijau, tekstur daging buahnya sendiri kurang begitu kenyal karena kandungan airnya yang cukup banyak.

Varian hasil persilangan dari sukun kuning dan sukun gundul menghasilkan varian sukun median yang memiliki peralihan sifat dari kedua jenis induknya, ciri fisik dari buah sukun jenis median diantaranya buah memiliki duri yang mirip dengan duri buah nangka, rasa daging lebih kenyal dan kadar air nilainya ditengah dari kedua sukun diatas.

Pemanfaatan Buah Sukun Menjadi Keripik Sukun

Aneka olahan makanan yang menggunakan buah sukun memang tidak terlalu familier variasi dan jenisnya, yang banyak diketahui umum hanya ada beberapa jenis diantaranya camilan keripik sukun, sukun goreng dan sukun rebus. Jenis olahan lain yang berasal dari buah sukun namun jarang ditemui diantaranya cake sukun, kolak sukun, nastar sukun, pizza sukun, risol sukun, perkedel sukun, bolu sukun, donat sukun, klepon sukun dan mungkin masih ada juga jenis kreasi lainnya.

Manfaat Sukun Bagi Tubuh

1. Sukun Bisa Menurunkan Gula Darah

Sukun punya kandungan serat yang tinggi dan serat inilah yang akan mengontrol gula dalam darah.

Rutin makan sukun bisa mengurangi penyerapan gula berlebih dari makanan lain sehingga tidak akan menyebabkan diabetes.

2. Sukun Salah Satu Sumber Energi

Sukun bisa menjadi alternatif makanan untuk menghasilkan tenaga tanpa menambah jumlah kalori.

Sukun juga baik dalam mengurangi risiko penyakit jantung dan kelebihan kolesterol jahat.

3. Sumber Omega-3 dan Omega-6

Omega-3 dan omega-6 sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit dan rambut.Selain itu, zat omega ini juga baik untuk kinerja liver serta otak.Penelitian menunjukkan, anak yang suka makan sukun bisa punya kecerdasan yang lebih baik dari yang lain.

4. Melancarkan Buang Air

Kandungan serat yang sangat tinggi akan melancarkan pencernaan pada manusia.

Selain melancarkan buang air besar juga akan melancarkan buang air kecil.

5. Cocok Dimakan Saat Diet

Sukun juga salah satu makanan yang paling ideal dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalani diet.

Rasanya enak, rendah kalori dan tinggi serat.Anda bisa mengonsumsinya dengan direbus supaya lebih sehat.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Selain kandungan omega-3 dan omega-6 yang banyak,  sukun juga mengandung vitamin C yang bisa sekaligus menjaga kesehatan kulit.

7. Sukun Kaya Antioksida

Kandungan antioksida sangat baik untuk menjaga elastisitas dan mencegah penuaan dini.

Kulit akan terlihat cantik dan sehat dari dalam dan luar.

8. Sukun Sumber Vitamin Dan Mineral

Sukun sama seperti buah-buahan lain yang kaya vitamin yang diperlukan oleh tubuh.

9. Sukun Menjaga Kesehatan Rambut

Sukun bermanfaat untuk mencegah kerontokan dan menguatkan akar rambut.

10. Menambah Ketebalan Rambut

Kandungan mineral dalam sukun akan merangsang pertumbuhan rambut dan membuat rambut lebih tebal.

Sukun juga bisa mengurangi ketombe pada kulit kepala.

Wah, ternyata banyak sekali ya manfaat dari buah sukun ini.

Cara Membuatan Keripik Sukun

Cara Membuatan keripik sukun bisa dikatakan tidak terlalu rumit, sama dengan cara pembuatan keripik singkong atau cara pembuatan keripik pisang yang sudah umum diolah masyarakat. Yang terutama dan penting pemilihan buah sukun sebagai bahan baku keripik sukun harus tepat, persyaratan pertama buah sukun harus sudah matang betul karena kalau masih muda hasil warnanya akan gelap dan tidak renyah, persyaratan kedua jenis sukun yang dipilih harus dari varian sukun kuning usahakan jangan varian sukun gundul karena kadar air yang tinggi menyebabkan keripik lama mengeringnya kalupun bisa kering hasilnya akan mengecil atau mengkerut. Untuk prosedur pembuatannya bisa dilihat di “Cara Pebuatan Keripik Sukun Yang Renyah”.

Cara Membuat Keripik Sukun

Bahan-bahan Keripik Sukun :

  • Sukun matang 1 buah, kupas kemudian cuci hingga bersih dan potong serta iris tipis
  • kapur sirih 2 sdt
  • air 2 liter
  • Minyak goreng siapkan secukupnya

Bahan Bumbu Keripik Sukun :

  • garam 1 sdm
  • ketumbar bubuk 1 sdm
  • bawang putih 4 siung, haluskan
  • gula pasir 1 sdt
  • jari kunyit 1 ruas, haluskan

Cara Bikin Keripik Sukun :

    1. Pertama siapkan wada kemudian campurkan kapur sirih dan air.
    2. Setelah itu mamsukkan irisan sukun dan rendam sekitar 4 sampai 5 jam.
    3. Angkat dan kemudian cuci hingga bersih lalu tiriskan.
    4. Setlah itu campurkan bumbu yang telah di siapkan kemudian di aduk hingga terampur rata.
    5. Setelah itu lumuri irisan sukun dengan bumbu hingga merata. Biarkan bumbunya meresap selama 15 menit.
    6. Setelah itu goreng di atas minyak panas dalam wajan hingga matang dan warna keripik menjadi kuning agak kecokelatan.
    7. Selesai, angkat kemudian tiriskan dan masukkan dalam wadah. Sajikan

Nah, buat Anda yang suka dengan makanan pedas, Anda bisa menambahkan bahan pedas sesuai dengan selera Anda. Itulah yang dapat kami bagikan mengenai  Cara Membuat Keripik SukunSelamat mencoba..

× Whatsapp Kami!