Cara Membuat Keripik Salak Renyah

//Cara Membuat Keripik Salak Renyah

Cara Membuat Keripik Salak Renyah

Cara membuat keripik salak – Kripik salak adalah salah satu jenis makanan ringan yang menggunakan bahan baku dari buah salak asli.

Tanpa ada penambahan bahan apapun dalam proses produksinya kecuali minyak goreng sebagai media pengeringnya serta dibantu oleh beberapa alat khusus untuk mengeluarkan kadar air dalam buah salak tersebut.

Cara Membuat Keripik Salak merupakan hasil olahan buah salak yang digoreng dengan cara khusus, biasanya menggunakan mesin penggoreng hampa. Dengan menggunakan mesin penggoreng hampa buah salak digoreng dengan suhu yang lebih rendah sekitar 50-60 C sehingga tidak merusak buah salak tersebut.

Pola pengolahan buah salak menjadi makanan ringan kripik salak memang belum begitu lama populer. Dahulu memang belum ada metode dan juga alat yang bisa mengolah buah salak menjadi makanan ringan kripik salak.

Setelah ditemukan alat pengering buah buahan yang mampu mengangkat citra dari jenis makanan olahan dari buah buahan segar. Cara Membuat Keripik Salak ini proses pengemasannnya mirip seperti keripik apel yang lebih dahulu terkenal.

Berikut ini saya akan memberikan resep dan Cara Membuat Keripik Salak yang renyah beserta bahan yang digunakan-nya, Cara Membuat Keripik Salak sendiri di rumah :

Cara Membuat Keripik Salak

Bahan yang diperlukan :

  1.  Buah salak yang telah matang 1 kg.
  2.  Tambahkan air sebanyak dua liter.
  3.  2 sdm garam halus.
  4.  Gula pasir 150 gram.
  5.  Air kapur sirih secukupnya.
  6.  Minyak goreng.

Cara Membuat Keripik Salak :

  1. untuk Cara Membuat Keripik Salak anda Ambil buah salak yang masih segar, Pilih buah salak yang masih baik dan tidak busuk.
  2. setelah itu kupas salak dari kulitnya sampai besih, lalu lalu pisahkan dari daging serta bijinya.
  3. Pisahkan daging buah dari bijinya dengan cara memotong menjadi dua bagian.
  4. Setelah buah salak selesai dipotong-potong langkah berikutnya adalah mencuci buah salak tersebut pada air bersih. Kemudian  rendam buah salak dalam air kapur sirih untuk menghilangkan lengket selama kurang lebih 5 jam.
  5. Setelah proses perendaman telah selesai, cuci dengan air hingga salak benar-benar bersih, kemudian keringkan.
  6. Seletah buah salak dicuci sampai bersih, langkah selanjutnya adalah simpan buah salak didalam freezer agar tidak lembek saat di goreng dan agar buah lebih padat saat dimasukkan ke dalam minyak penggorengan.
  7.  Masukan salak ke mesin vacum fryer dengan menggunakan minyak yang banyak dan api besar untuk menghilangkan kandungan airnya,  Kemudian goreng salak menggunakan mesin pengggoreng hampa udara.
  8. Tunggu proses penggorengan selama beberapa jam dan lihat apakah salak sudah matang dan kadar air nya sudah habis di hisap oleh mesin vacuum frying, jika telah habis kadar airnya maka anda bisa mengangkat nya dan tiriskan.
  9. Biarkan keripik salak mendingin.
  10.  Setelah matang angkat kemudian tiriskan.
  11.  Keripik salak siap di sajikan.

 

Kandungan Buah Salak :

Salak mempunyai kadar vitamin C yang cukup tinggi. Selain itu salak juga mengandung karbohidrat berupa sukrosa, fruktosa, maltosa, dan glukosa yang relatif besar.

Kandungan asam tanat atau tanin dalam salak juga cukup banyak. Sehingga buah berkulit sisik ini mempunyai rasa yang berkombinasi.

Kombinasi buah salak tergantung pada tingkat kematangan, jenis buah salak dan lingkungan tempat tumbuhnya salak tersebut.

Salak pondok memiliki komposisi gula yang relatif besar sehingga berasa manis, sedangkan untuk salak condet terasa agak sedikit masam. Sementara salak bali mempunyai rasa asam dan manis.

Karena sifat zat tanin yang memberikan rasa sepat sehingga memberikan efek mengurangi penyerapan kadar air sehingga digunakan untuk mengatasi diare.

 

Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan

Amazing bukan? Sangat luar biasa sekali manfaat buah salak bagi kesehatan. Namun yang perlu kita ketahui, selain daging buahnya, ternyata kulit ari buah salak juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita, berikut ini selengkapnya:

1. Manfaat Buah Salak Untuk Obat Diare 

Ini adalah khasiat salak yang sangat terkenal dan sering dicobakan di rumah. Kandungan serat yang cukup tinggi pada salak dapat mengobati diare.

2. Khasiat Buah Salak Untuk Kesehatan Mata

Kandungan betakaroten pada salak dapat menjaga kesehatan mata anda. Bahkan kandungannya sampai 5,5 kali lebih besar dari buah mangga dan 5 kali lebih besar dari semangka.

3. Manfaat Buah Salak Untuk Diet

Kandungan fitonutrien pada buah salak sangat bermanfaat untuk anda yang sedang menjalankan program diet. Selain itu terdapat 2mg Vitamin C pada salak.

4. Manfaat Buah Salak untuk Mencegah Kanker

Satu lagi manfaat buah salak yang sangat luar biasa yaitu mampu mencegah kanker. Hal ini dikarenakan kandungan yang ada pada kulit ari buah salak, jadi kalau mengkonsumsi salak, jangan dibuang kulit arinya.

5. Manfaat Buah Salak untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Buah salak juga bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh kita. Kandungan vitamin C pada salak meningkatkan kekebalan tubuh terhadap virus penyakit.

6. Manfaat Buah Salak untuk Pencernaan

Selama ini yang kita ketahui bahwa jika terlalu banyak mengkonsumsi salak dapat mengakibatkan konstipasi atau susah BAB. Nah, ternyata kulit ari buah salak mengandung serat yang cukup tinggi, jadi kalau makan salak kulit arinya jangan dibuang karena kulit ari buah salak bermanfaat untuk melancarkan dan menyehatkan pencernaan kita.

7. Manfaat Buah Salak untuk Meningkatkan Kecerdasan Otak

Berdasarkan hasil peneilitian, buah salak mampu meningkatkan kinerja otak dengan membawa kandungan pottasium dan pektin, yang dapat menutrisi beberapa syaraf serta mampu memperlancar dan mengendalikan peredaran darah menuju otak

8. Manfaat Buah Salak untuk Menjaga Stamina

Kalsium yang terdapat pada buah salak juga bermanfaat untuk menjaga stamina tubuh kita.

9. Manfaat Buah Salak untuk Ibu Hamil

Buah salak juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil, terutama ibu hamil muda yang mengalami morning sickness. Rasa mual yang sering kali dapat diatasi dangan mengkonsumsi salak. Namun jangan pula berlebihan memakannya, harus pula diseimbangi dengan makanan yang kaya protein seperti kacang – kacangan.

10.Manfaat Buah Salak sebagai Agen Antioksidan

Kita tentu tahu bahwa zat antioksidan sangat bermanfaat untuk tubuh kita, antioksidan bermanfaat untuk mencegah berabgai penyakit dan radikal bebas. Selain itu senyawa alami yang ditemukan dalam salak juga berkhasiat untuk mengatasi resiko penyakit jantung dan kanker pada janin maupun ibu hamil.

11. Manfaat Buah Salak untuk Mengatasi Anemia

Buah salak juga bermanfaat untuk mengatasi anemia, hal ini dikarenakan kandungan tiamin dan manfaat zat besi yang sangat baik untuk membantu kesehatan ibu hamil.

Zat besi menjadi salah satu pemeran penting dalam memproduksi sel darah merah. Ibu hamil membutuhkan sel darah merah yang lebih tinggi karena digunakan untuk menyumbang oksigen lewat plasenta pada janin. Kekurangan oksigen akan sangat berbahaya pada nyawa janin dan ibu hamil.

12. Manfaat Buah Salak untuk Mengatasi Gangguan Asam Lambung

Buah salak juga bermanfaat untuk mengatasi gangguan asam lambung, untuk mengatasi hal ini maka ibu hamil bisa makan buah salak. Salak akan mengurangi rasa mual dan membuat pencernaan menjadi normal lagi.

13. Manfaat Buah Salak untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan kalium pada buah salak bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Asupan salak bisa mencukupi jumlah kalium yang dibutuhkan oleh tubuh.

14. Manfaat Buah Salak untuk Tulang

Buah salak juga mengandung kalsium yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, khusus untuk ibu hamil, salak bermanfaat untuk membentuk jaringan kerangka tulang pada janin.

Selain itu, kalsium juga dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mempersiapkan tubuh dalam kelahiran. Manfaat salak untuk ibu hamil mengandung kalsium yang membantu menyumbang kecukupan kalsium harian. Selain itu, buah salak juga penting untuk membantu ibu hamil agar memiliki stamina yang sehat dan kuat.

15. Membantu Sistem Memori pada Janin

Manfaat buah salak yang terakhir adalah untuk membentuk kecerdasan dan mempertahankan memori dalam otak. Kandungan pektin dalam buah salak ternyata juga sangat efektif untuk membangun sistem kecerdasan pada janin. Hal ini dikarenakan kandungan pektin pada buah salak.

 

Salak tidak hanya dibutat menjadi keripik, Namun bisa dibuat menjadi Olahan lain dari buah salak :

  • Kopi Biji Salak

Jika biasanya kebanyakan orang membuang biji salak setelah mengonsumsi daging buahnya, namun berbeda dengan sebagian warga Tapanuli Selatan yang memanfaatkan biji salak ini menjadi kopi tradisional. Kopi yang di buat dengan bahan dasar Biji salak di nobatkan menjadi kopi khas Tapanuli Selatan.

Berbeda pada kopi pada umumnya, kopi ini memiliki aroma yang khas dan tidak meninggalkan cita rasa salak itu sendiri.

Kopi Biji Salak ini bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit hipertensi (tekanan darah tinggi) dan asam urat. Jika kamu ingin merasakan nikmatnya kopi ini, kamu bisa mencarinya di swalayan terdekat dengan harga sekitar Rp 50.000 per 100 gram.

Selain dibuat menjadi kopi, di bulan Ramadhan ini biji salak sering dimanfaatkan untuk membuat takjil buka puasa. Takjil biji salak yang sering dibuat yaitu kolak biji salak.

 

  • Manisan Salak

Manisan salak memiliki cita rasa manis yang khas ketika dikonsumsi. Untuk membuat manisan berbahan dasar salak tidaklah sulit. Bahan yang dibutuhkan antara lain air matang, gula pasir, garam, dan buah salak sebagai bahan dasar.

Cara membuatnya yaitu dengan mencampurkan semua bahan yang telah disiapkan kedalam sebuah wadah kemudian diamkan selama kurang lebih satu minggu dengan penutup yang rapat. Setelah itu manisan salak siap untuk disajikan.

 

  • Kurma Salak

cara membuat keripik salak

Produk olahan salak selanjutnya yaitu kurma salak, tidak ada salahnya untuk membuat olahan ini karena cara membuatnya tidak sulit. Kurma salak juga sangat cocok dikonsumsi sebagai takjil berbuka puasa.

Cara untuk membuat kurma salak yaitu kupas salak dan singkirkan bijinya, lalu cuci hingga bersih dari kulit arinya. Rendam salak kedalam larutan injet selama satu jam kemudian tiriskan. Potong kecil – kecil daging buah salak.

Selagi menunggu salak di rendam pada larutan injet, masak gula pasir, gula jawa, dan air dalam sebuah panci hingga gula mencair. Setelah itu masukkan daging buah yang telah di potong tadi. Setelah mendidih , tiriskan salak dan jemur pada sinar matahari langsung. Kemudian kering masukkan kedalam oven selama 15 menit.

  • Puding Salak

Puding merupakan salah satu makanan yang sangat menyegarkan. Siapa sangka ternyata salak juga dapat diolah menjadi puding yaitu dengan cara haluskan salak menggunakan blender, dan saring ampasnya. Masak air sari tanpa ampas ini kedalam panci dan campurkan gula pasir hingga mendidih.

Masukkan agar – agar, susu kental manis, dan santan. Aduk semua bahan hingga merata diatas api sedang. Apabila sudah panas, masukkan kuning telur kedalam adonan hingga mendidih. terakhir tuangkan kedalam cetakan dan masukkan kedalam lemari pendingin.

 

  • Dodol Salak

cara membuat keripik salak

Dodol salak sangat cocok dijadikan oleh – oleh atau buah tangan. Proses pembuatan dodol salak sangat sederhana dan tidak jauh berbeda dengan pembuatan dodol pada umunya. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat dodol salak yaitu buah salak sebagai bahan utama dan bahan – bahan lain untuk membuat dodol pada umumnya.

 

  • Manisan Salak Basah

Cara Membuat

  1. Kupas terlebih dahulu salak, dan pisahkan antara daging dan bijinya. Pastikan daging salak benar-benar bersih, kemudian potong daging buah salak menjadi beberapa bagian.
  2. Rendam daging buah salak di dalam air yang sebelumnya sudah ditambahkan garam selama kurang kelih satu malam.
  3. Setelah semalam direndam, cuci daging buah salak menggunakan air matang yang hangat. Pastikan dicuci dengan bersih, setelah itu tiriskan.
  4. Masukkan air ke dalam panci dan tambahkan gula pasir. Masak air dan gula tersebut sampai mengental.
  5. Kemudian tuangkan air gula ke dalam toples kaca bersama dengan salak, lalu diamkan selama 7 hari.
  6. Setelah itu, buat larutan asam askorbat dengan melarutkan 1 gram asam askorbat ke dalam 1 liter air.
  7. Rendam manisan salak ke dalam larutan asam askorbat selama 7 – 15 menit.
  8. Lalu masukkan ke dalam wadah.
  9. Agar manisan salak basah tahan lama, masukkan ke dalam kulkas.

 

  • Manisan Salak Kering

Cara Membuat

  1. Kupas salak dan pisahkan antara daging dan bijinya. Lalu potong daging salak sesuai selera, setelah sebelumnya dibersihkan terlebih dahulu.
  2. Larutkan garam di dalam satu liter air.
  3. Masukkan daging buah salak ke dalam larutan garam dan diamkan selama satu malam.
  4. Setelah semalam, cuci daging buah salak sampai bersih menggunakan air matang yang hangat, lalu tiriskan.
  5. Buat larutan gula dengan mencampur gula pasir dan air, masak sampai larutan gula mengental.
  6. Masukkan daging buah salak dan larutan gula ke dalam toples. Diamkan selama 7 hari.
  7. Setelah itu, larutkan 1 gram asam askorbat ke dalam 1 liter air.
  8. Rendam daging buah salak yang sudah didiamkan selama 7 hari ke dalam larutan asam askorbat, sekitar 7 – 15 menit.
  9. Buat juga larutan bisulfit dengan mencampur 1 gram natrium bisulfit dan 1 liter air.
  10. Lalu masukkan daging buah salak ke dalam larutan bisulfit selama 15 – 25 menit.
  11. Tiriskan daging buah salak, dan taburi dengan gula.
  12. Manisan salak kering siap disajikan.

 

  • Manisan Salak Pedas

Cara Membuat

  1. Campurkan cabe merah, cabe rawit, gula pasir, garam, dan air, aduk semua bahan sampai tercampur rata.
  2. Rebus campuran bahan tersebut menggunakan api kecil sampai gula larut dan air mendidih, kemudian matikan api.
  3. Masukkan daging buah salak dan aduk sampai rata , diamkan sampai dingin dan gula meresap.
  4. Untuk hasil lebih meresap , diamkan selama semalam di dalam kulkas.
  5. Manisan salak pedas siap disajikan.

 

Cara Membuat Keripik Salak Mudah dan sederhana sekali, jadi jika anda ingin membuat keripik salak ini dirumah anda pasti bisa untuk membuatnya. Nah, agar keripik salak yang sudah matang tidak mudah melempem dan tetap renyah anda bisa letakkan keripik salak ini didalam wadah yang tertutup.

Demikianlah Cara Membuat Keripik Salak ini semoga bisa memberikan manfaat bagi yang ingin membuatnya dirumah. Terima kasih

Selain Cara Membuat Keripik Salak anada harus Baca juga Cara Membuat Keripik Salakcara membuat kripik wortel 

By | 2017-11-13T06:13:00+00:00 November 13th, 2017|Artikel|Comments Off on Cara Membuat Keripik Salak Renyah

About the Author: