Select Page

Jamur merupakan jenis sayuran yang memiliki kandungan protein cukup tinggi. Oleh karena itu, jamur dijadikan penganti bahan makanan seperti daging atau sumber protein hewani oleh para vegan dan vegetarian. Teksturnya yang mirip dengan daging dan harganya yang lebih murah dibandingkan daging, membuat jamur disukai oleh orang-orang sebagai penganti daging. Jamur juga diolah menjadi cemilan seperti keripik jamur, makanan satu ini cocok untuk menjadi lauk atau pun hanya sekedar cemilan. untuk cara membuat keripik jamur tidak lah sulit, resep keripk jamur tidak beda jauh dengan resep keripik tempe.

Jamur merupakan salah satu sayuran terpopuler di Indonesia. Jamur tidak hanya enak, tapi juga mengandung gizi yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Misalnya meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah kolesterol dan mencegah diabetes. Jika ingin makan makanan bergizi bisa pilih jamur, dan bisa ditambah nasi. Selain itu, karena banyak masyarakat yang membudidayakan jamur, maka jamur mudah ditemukan di pasaran. Jamur merupakan bahan makanan dengan banyak varian. Dalam banyak ragam, dapat diolah menjadi hidangan yang lezat. Biasanya kebanyakan orang mengolah jamur dengan cara ditumis atau ditumis karena paling mudah dibuat. Jamur juga dibuat menjadi jamur crispy atau jamur dengan balutan tepung kerispi. Membuat siapa saja ketagihan untuk memakannaya, bisa juga dijadikan lauk bersama nasi dan bisa juga dijadikan cemilan.

Jamur kerispi merupakan makanan yang populer di Indonesia. Rasanya enak dan pengolahannya sederhana. Dari warung pinggir jalan, restoran hingga kafe, jamur shiitake bisa ditemukan di banyak tempat dengan berbagai harga dan berbagai bentuk kemasan. Kebanyakan orang tidak akan pernah melewatkan makanan ini, dan beberapa bahkan akan menjadi kecanduan. Dan para penjual juga tidak mau kalah untuk memproduksi keripik jamur, dengan bantuan mesin, mulai dari mesin pembuatan hingga mesin pengemas mereka pergunakan guna meningkatkan hasil produksi mereka.

 

Sejarah Jamur

Menurut sejarah, jamur pernah dijadikan hidangan populer bagi raja-raja Mesir. Saat ini jamur sangat digemari masyarakat dan banyak disantap dalam berbagai menu makanan yang enak. Bahkan, beberapa di antaranya berfungsi sebagai herbal. Jamur telah disebut makanan sejak 3000 tahun lalu.

Saat itu, jamur digunakan sebagai hidangan populer bagi raja-raja Mesir. Karena ketersediaan yang terbatas, masyarakat dilarang makan jamur pada saat itu.Karena kelezatannya, jamur tiram diabadikan dalam relief di Gereja Kastil Praha Katedral St. Vitus di Praha. Relief ini dibuat pada tahun 925 SM dan menceritakan kisah ratu pertama yang memeluk agama Kristen. Keluarga kerajaan merayakannya dengan jamur tiram yang lezat.

Pada Dinasti Shu atau sekitar 2400 tahun yang lalu, jamur juga digunakan sebagai obat herbal bagi raja dan bangsawan Tiongkok. Jamur yang digunakan saat itu adalah Ganoderma lucidum. Selain jamur ganoderma lucidum, jamur kuping juga dimanfaatkan sebagai ramuan herbal.Beberapa negara di dunia, termasuk Yunani, Rusia dan Mexico, percaya bahwa jamur yang dapat dimakan dapat memberikan efek yang super ampuh. Jamur yang mereka makan biasanya didapat dari kayu lapuk saat pergantian musim.

Jamur menguntungkan adalah jamur yang bermanfaat bagi kehidupan manusia, seperti: menghancurkan sampah organik, memproduksi antibiotik untuk obat, membantu proses pembuatan kacang-kacangan, bawang merah dan alkohol. Jamur yang bermanfaat termasuk jamur yang dapat dimakan oleh manusia tetapi tidak menyebabkan keracunan, antara lain: jamur yang dapat dimakan, jamur shiitake, jamur kuping, jamur tiram, dan jamur champignon.

 

5 Manfaat Jamur Bagi Kesehetan

cara membuat keripik jamur

Dalam dunia makanan, jamur termasuk dalam kategori sayuran meskipun secara teknis bukan merupakan tumbuhan. Namun jamur mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Selain itu, jamur memiliki kalori yang rendah dan merupakan sumber serat yang baik. Makan jamur dapat membantu mengurangi risiko obesitas, diabetes, dan menjaga kesehatan kulit melalui kandungan antioksidannya. Menurut ahli gizi Jessica Cording (Jessica Cording), berikut ini manfaat jamur bagi kesehatan.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Jamur mengandung antioksidan Seperti yang kita ketahui bersama, antioksidan dapat digunakan untuk mencegah radikal bebas penyebab penuaan dini dan berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, kanker, dan penyakit Alzheimer. Jamur juga merupakan sumber selenium, yang sangat penting untuk menjaga kesehatan sistem reproduksi, produksi DNA dan fungsi tiroid.

Membuat Kenyang

Jamur adalah makanan rendah kalori yang bagus yang dapat meningkatkan tekstur dan rasa masakan. Secangkir jamur putih atau coklat mentah hanya mengandung sekitar 20 kalori dan sekitar 2 gram protein. Haluskan jamur dengan blender dan tambahkan sedikit daging giling untuk membuat bakso atau hamburger dengan rasa yang lebih nikmat dan kenyang.

Sarat Vitamin B

Vitamin B seperti riboflavin, niasin, dan asam folat adalah kunci proses tubuh yang tak terhitung jumlahnya. Jenis jamur tertentu mengandung kadar vitamin B yang lebih tinggi dibandingkan jenis jamur lainnya, seperti jamur Portobello, yang memiliki kandungan folat lebih tinggi dibandingkan jamur Italia. Jamur shiitake mengandung lebih banyak vitamin B6 dibandingkan jenis jamur lainnya.

Penyedap Rasa Alami

Orang di negara Barat mengatakan bahwa jamur memiliki rasa umami. Artinya kurang lebih enak. Rasa asin jamur akan bertambah saat dimasak. Oleh karena itu jamur sangat cocok sebagai sayuran, bisa dimakan dengan nasi, bisa dijadikan campuran rujak, bahkan bisa menggantikan daging vegetarian.

Mengandung Vitamin D

Jamur merupakan salah satu sumber dari beberapa vitamin D nabati. Vitamin D merupakan nutrisi penting untuk kesehatan tulang, fungsi otot dan saraf serta untuk mendukung sistem kekebalan tubuh. Meskipun jamur saja tidak dapat memenuhi kebutuhan vitamin D harian Anda, makanan ini adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan asupan vitamin D Anda.

 

7 Jenis Jamur Beracun Yang Tidak Bisa di Makan

Wabah Listeria dikaitkan jamur enoki. Wabah ini disebabkan oleh Listeria monocytogenes, yang dapat menyebar jika kita mengonsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri tersebut. Penyakit ini berdampak fatal pada wanita hamil, termasuk bayi yang belum lahir, bayi baru lahir, orang berusia di atas 65 tahun, dan orang dengan sistem kekebalan yang lemah.

Namun sebenarnya jamur wnoki aman untuk di konsumsi, karena bakteri listeria monocytogenes anakn mati jika di masak dengan benar. Yaitu dengan suhu 75 derajat celcius.

Ada beberapa jenis jamur yang tidak bisa di makan karena beracun. Penasaran apa saja ?

Deadly Dapperling (Lepiota brunneoincarnata)

Deadly dapperling adalah jamur yang diketahui mengandung Sangatoxin. Jamur ini banyak ditemukan di negara-negara Eropa dan beberapa negara Asia. Jamur ini sangat berbahaya dan banyak orang mengira bisa dimakan. Jika Anda memakan jamur ini, kita akan mengalami keracunan hati yang parah, yang dapat menyebabkan kematian jika tidak ditangani.

Podostroma Cornu-Damae

Jamur langka ini berasal dari Asia dan menyebabkan banyak kematian di Jepang dan Korea. Jamur merah ini mengandung racun kuat yang dapat menyebabkan kegagalan banyak organ di dalam tubuh. Gejala keracunan jamur ini biasanya berupa sakit perut, kulit mengelupas, rambut rontok, tekanan darah rendah, kerusakan sel hati, gagal ginjal akut, dan kematian tanpa pengobatan.

Destroying Angels

Destroying angels sebenarnya adalah beberapa spesies jamur putih dalam kelompok Amanita. Jamur yang sangat beracun ini sangat mirip dengan jamur kancing yang bisa dimakan. Salah satunya adalah Amanita bisporus, yang dianggap jamur paling beracun di Amerika Utara. Biasanya gejala keracunan akan muncul 5-24 jam setelah makan jamur ini. Gejala biasanya termasuk muntah, kebingungan, kejang, diare, gagal hati dan ginjal. Jamur ini juga bisa menyebabkan kematian.

Autumn Skullcap (Galerina marginata)

Autumn skullcap di musim gugur dapat dengan mudah ditemukan di bagian utara bumi dan sebagian Australia. Galerina marginata merupakan salah satu jamur yang biasanya tumbuh pada kayu yang membusuk dan membusuk. Jamur ini juga mengandung Sangatoxin. Jika dimakan, dapat menyebabkan diare, muntah, hipotermia, kerusakan hati, bahkan kematian.

Webcaps

Ada dua jenis Webcap, deadly webcap (Cortinarius rubellus) dan fool’s webcap (Cortinarius orellanus). Bentuk fisik kedua jamur ini sangat mirip. Jamur beracun itu disebut Olenanin. Jika memakan jamur ini, Anda akan mengalami gejala awal seperti masuk angin. Namun jika tidak ditangani, racun yang terkandung dalam jamur pada akhirnya akan menyebabkan gagal ginjal dan kematian.

Conocybe Filaris

Conocybe filaris adalah jamur yang tumbuh seperti rumput dan mudah ditemukan di Pacific Northwest. Jamur ini juga mengandung mikotoksin. Jika dimakan, jamur ini akan sangat berbahaya. Jika dimakan, jamur ini bisa menyebabkan perdarahan saluran cerna, gagal hati, dan pendarahan ginjal.

Death Cap (Amanita phalloides)

Jamur ini mungkin yang paling mematikan dari semua jamur. Batas atas kematian dapat ditemukan di Eropa dan sangat mirip dengan jerami yang dapat dimakan dan jamur Caesar. Sangatoxin yang tahan panas dapat dengan cepat menghancurkan sel-sel di seluruh tubuh. Dalam 6-12 jam setelah konsumsi, penderita biasanya mengalami sakit perut yang hebat, muntah dan diare yang disertai darah. Jamur ini juga dapat menyebabkan gagal hati, gagal ginjal, penyakit sistem saraf pusat dan menurunkan gula darah.

 

Resep Cara Membuat Keripik Jamur

cara membuat keripik jamur

Bahan:

  • 1 kg jamur kancing segar
  • 300 g tepung beras
  • 150 g tepung kanji
  • 2 sdt kaldu ayam bubuk
  • minyak goreng
  • bumbu halus
  • 12 siung bawang putih
  • 2 sdm ketumbar bubuk
  • 1 sdm garam

Cara Membuat Keripik Jamur :

  1. Haluskan bawang putih, ketumbar bubuk, dan garam.
  2. 2Iris jamur melintang tipis (± 2 mm), sisihkan. Lumuri jamur dengan bumbu halus, diamkan ± 10 menit.
  3. 3Campur tepung beras, tepung kanji, dan kaldu bubuk, aduk rata. Taburi jamur dengan campuran tepung kering, aduk-aduk hingga tepung melekat rata pada jamur.
  4. 4Panaskan minyak yang banyak dalam wajan di atas api sedang. Goreng jamur secara bertahap dan aduk sesekali agar tidak saling melekat hingga jamur matang dan kering,
  5. 5Angkat dan tiriskan jamur hingga dingin. Simpan jamur ke dalam wadah bertutup rapat.

 

Resep Cara Membuat Keripik Jamur Crispy

Bahan:

  • 1 bungkus jamur tiram, buang bagian akarnya yang kotor, kemudian cuci bersih lalu peras kemudian suwir-suwir.

Bahan Pelapis:

  • 1 saset kecil tepung bumbu serbaguna
  • 1 sdm tepung taipoka
  • 3 sdm tepung maizena

Cara Membuat Keripik Jamur Crispy :

  1. Campur semua tepung pelapis dalam wadah.
  2. Ambil sedikit jamur, remas-remas dalam tepung hingga terlapisi semua, kibas-kibaskan sisa tepung lalu goreng hingga kering.
  3. Baiknya goreng dalam minyak yang banyak dan panas, goreng sedikit-sedikit agar tidak menempel satu sama lain.
  4. Jamur siap disajikan.

 

Resep Cara Membuat Keripik Jamur Tiram Crispy

Bahan:

  • 1 bungkus jamur tiram
  • 5 sdm tepung putri
  • 1 sdm tepung beras
  • Minyak goreng

Cara Membuat Keripik Jamur Tiram Crispy :

  1. Cuci bersih jamur, keringkan/tiriskan, campur tepung putri dan tepung beras aduk rata.
  2. Ambil sebagian campuran tepung, tambahkan air es/dingin, aduk rata.
  3. Panaskan minyak, celup jamur ke adonan basah lalu ke adonan kering, cubit-cubit biar tepung lebih lengket, lalu goreng sampai golden brown.
  4. Angkat dan sajikan.

 

Resep Cara Membuat Keripik Jamur Enoki Crispy

Bahan:

  • 2 bungkus jamur enoki, buang akar, cuci bersih
  • 3 sdm tepung beras
  • 3 sdm tepung terigu
  • 2 sdm tepung kanji
  • 1 sdt baking powder
  • 1 sdt kaldu jamur
  • Garam secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat Keripik Jamur Enoki Crispy :

  1. Campur semua tepung + baking powder + kaldu jamur + garam. Aduk rata.
  2. Ambil 3 sdm dari campuran tepung di atas.
  3. Larutkan dengan air secukupnya (jangan keenceran maupun kekentalan).
  4. Panaskan minyak.
  5. Celup jamur enoki (sobek- sobek dulu) ke larutan tepung, lalu masukkan ke tepung kering, balur rata.
  6. Tepuk-tepuk ringan di pinggir wadah, agar tepung tidak ketebalan. Goreng dalam minyak panas sampai kuning kecoklatan.

 

Resep Cara Membuat Keripik Jamur Crispy Cabai Garam

Bahan:

  • 250 gr jamur tiram, suwir-suwir
  • 8 buah cabai rawit merah, potong tipis-tipis
  • 5 siung bawang putih, cincang halus
  • 3 batang daun bawang, potong tipis-tipis
  • Garam, kaldu bubuk secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng

Bahan Adonan Pencelup Basah:

  • 5 sdm tepung bumbu serbaguna
  • Air secukupnya

Bahan Adonan Pencelup Kering:

  • 5 sdm tepung bumbu serbaguna
  • 2 sdm tepung beras

Cara Membuat Keripik Jamur Crispy Cabai Garam :

  1. Cuci jamur 3-4 kali, peras sampai benar-benar kering lalu tiriskan.
  2. Masukkan jamur ke adonan celupan basah, lalu masukkan ke adonan celupan kering.
  3. Simpan di kulkas selama 10-15 menit.
  4. Panaskan minyak agak banyak dengan api kecil sampai benar-benar panas.
  5. Jika minyak sudah panas, goreng jamur sampai kuning kecokelatan, jangan dibolak-balik, cukup sekali balik saja agar jamur tidak menyerap banyak minyak, lalu tiriskan.
  6. Panaskan sedikit minyak, tumis cabai rawit, bawang putih dan daun bawang sampai layu dan wangi, tambahkan garam dan kaldu bubuk, lalu masukkan jamur yang sudah digoreng, aduk rata, angkat, sajikan hangat-hangat.

 

Resep Cara Membuat Keripik Jamur Crispy Balado

Bahan:

  • 500 gr jamur tiram, cuci bersih, lalu peras airnya sampai habis
  • 2 bungkus tepung bumbu crispy
  • 3 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 batang serai
  • Garam, lada, kaldu bubuk non MSG secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu Halus:

  • 3 buah cabai merah besar
  • 15 buah cabai rawit
  • 2 buah tomat merah
  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih

Cara Membuat Keripik Jamur Crispy Balado:

  1. Buat 2 adonan tepung bumbu: basah dan kering, sesuai petunjuk kemasan.
  2. Panaskan minyak.
  3. Masukan jamur tiram ke adonan basah, lalu ke adonan kering, lalu ke adonan basah lagi, lalu goreng hingga kecokelatan.
  4. Tiriskan jamur goreng, sisihkan.
  5. Tumis bumbu halus, masukkan daun salam, daun jeruk, dan serai. Masak hingga harum, lalu tambahkan garam, sedikit lada, dan kaldu bubuk non MSG.
  6. Masukkan jamur crispy, aduk rata hingga bumbu meresap ke jamur, lalu angkat.
  7. Jamur crispy balado siap disajikan.

sekian artikel kali ini semoga bermanfaat bagi anda dan anda yang tidak suka dengan jamur menjadi suka dengan jamur. sekian dan terima kasih

× Whatsapp Kami!