Select Page

Cara membuat glaze coklatGlaze coklat ini cocok buat isian roti, donat atau bomboloni. bahan2nya super gampang didapat cuma harus sabar ngaduk adonan agar tidak hangus saat dimasak…. rasanya juga enak…Oh iya sobat untuk cara membuat gloze coklatnya kita letakkan di bagian paling bawah artikel ini…nah di bagian atas kita letakkan description tentang coklat…silahkan di lihat…pasti berguna kok :”)

1. Product Description

Topping Cokelat siap pakai dan serbaguna dengan hasil yang mengkilap. Rangkaian Rangkaian Colatta Glaze ini menyediakan dalam berbagai rasa spesial!

Dark chocolate, tiramisu, cappuccino, green tea, white, mango, banana milk, strawberry.

2. Product Handling

  • Produk dapat langsung digunakan. Apabila produk mengental karena suhu yang rendah, dapat dipanaskan dengan cara tim/au bain marie.
  • Suhu tinggi dapat menyebabkan minyak muncul di permukaan. Aduk rata terlebih dahulu bila diperlukan.

3. Keunggulan

  • Dapat langsung digunakan
  • Tidak mudah membeku
  • Hasil akhir mengkilap
  • Memiliki banyak varian asa yang enak

4. Rekomendasi Aplikasi

    • Topping donat
    • Lapisan kue / glaze pada kue
  • Isian martabak manis
  • Isian waffle
  • Campuran adonan mousse
  • Campuran adonan pannacotta

Penemu Coklat

Cara Membua Glaze Coklat

Berhubung saya penyuka cokelat, saya membahas Casparus van Houten dan anaknya Coenraad van Houten.atau yang lebih dikenal cokelatnya dengan nama cokelat Van Houten.

Penemu coklat pertama kali adalah bangsa Belanda namanya Casparus van Houten dan anaknya Coenraad van Houten. Pada tahun 1828, Casparus van Houten menciptakan alat pemerahan untuk memisahkan lemak coklat dari biji coklat yang sudah dipanggang. Duet ayah dan anak inilah yang menjadi pionir dari perkembangan industri coklat di kancah internasional.

Coenraad van Houten lahir di Amsterdam tanggal 15 Maret 1801 dari pasangan Casparus van Houten dan Arnoldina Koster. Ayahnya, van Houten Senior memiliki pabrik cokelat di Amsterdam dan kala itu beliau telah mematenkan temuannya yaitu metode unik menekan lemak dari biji cokelat. Tetapi persentase hasil temuannya itu masih terlalu besar untuk dicerna bagi tubuh.

Kemudian oleh Coenraad disempurnakannya. Ia menggunakan pottasium dan sodium karbonat guna menghilangkan rasa pahit dari biji kakao juga agar bubuk cokelat dapat dengan mudah tercampur bersama air sehingga menjadi lebih mudah dicerna oleh tubuh.

Metode ini dikenal hingga kini dengan nama “Dutching”. Produknya adalah Dutch Chocolate dengan ciri berwarna hitam dan memiliki rasa yang kuat. Meski kini cokelat telah dikemas dengan berbagai ukuran, jenis, dan rasa; ketika kita merasakan cokelat, kita akan mengingat bagaimana usaha Coenraad van Houten menjadikan cokelat lebih terasa nikmat dan menyenangkan.

Penemuan Teknik Alkalisasi

Kemudian proses pembuatan coklat mengalami inovasi. Sang anak Coenraad van Houten menemukan teknik alkalisasi. Proses alkalisasi adalah proses pengolahan kakao, yang berperan penting untuk menghilangkan rasa pahit dari coklat. Kakao padat dipisahkan dari kakao butter dengan cara ditekan. Dengan proses ini asam yang ada dinetralkan, serat melunak dan putus.

Hasil dari proses alkalisasi adalah coklat yang berbentuk bubuk, penuh rasa, mudah dicerna, dan mudah larut dalam susu atau air. Coklat yang dilarutkan di air bersama gula dan mentega kemudian dapat dicetak menjadi coklat padat.

Melalui coklat padat inilah yang kemudian diinovasi lagi menjadi berbagai bentuk makanan lain tentunya tetap dengan cita rasa coklat seperti, wafer, permen, dan lain lain. Teknik alkalisasi ini dikenal dengan prosesDutching, karena proses tersebut pada saat itu hanya ditemukan di Belanda. Teknik alkalisasi tersebut kemudian dipatenkan secara resmi oleh Raja William IV.

Pada tahun 1850, Van Houten membangun pabrik baru di Weesp, Belanda. Sejak saat itu, perusahaan Van Houten mulai mengekspor produknya ke Inggris, Perancis dan Jerman. Bisnisnya mencuat di kancah internasional. Yang dimulai dari partisipasinya pada acara pameran internasional. Saat itu, Van Houten menerima berbagai penghargaan dan medali emas. Pada tahun 1900, Van Houten masuk dalam peringkat 10 merek yang paling terkenal di AS. Dan mulai mengembangkan bisnisnya. Pada 1918, Van Houten membuka pabrik baru di Jerman, Perancis, Inggris, dan Singapura.

Rasa Cokelat

Rasa cokelat masih sulit didefinisikan. Dalam bukunya Kaisar Cokelat (Emperors of Chocolate), Joel lenn Brenner menggambarkan riset terkini tentang rasanya. Menurutnya rasa cokelat tercipta dari campuran 1.200 macam zat, tanpa satu rasa yang jelas-jelas dominan. Sebagian dari zat itu rasanya sangat tidak enak kalau berdiri sendiri. Karenanya, sampai kini belum ada rasa cokelat tiruan.

Efek psikologis yang terjadi saat menikmati cokelat dikarenakan titik leleh lemak kokoa ini terletak sedikit di bawah suhu normal tubuh manusia. Sebagai ilustrasi, bila anda memakan sepotong cokelat, lemak dari cokelat tersebut akan lumer di dalam mulut. Lumernya lemak kokoa menimbulkan rasa lembut yang khas dimulut, riset terakhir dari BBC mengindikasikan bahwa lelehnya cokelat di dalam mulut meningkatkan aktivitas otak dan debaran jantung yang lebih kuat daripada aktivitas yang dihasilkan dari ciuman mulut ke mulut, dan juga akan terasa empat kali lebih lama bahkan setelah aktivitas ini berhenti.

Pemalsuan Rasa

Pemalsuan rasa cokelat sering terjadi karena kokoa adalah bahan yang relatif mahal dibandingkan dengan gula atau minyak nabati. Kedua bahan ini sering digunakan untuk menggantikan kokoa.

Lemak kokoa sering digantikan minyak yang lebih murah, seperti lesitin dari kedelai atau minyak palem. Selain soal harga, dengan kedua bahan ini pelapisan cokelat menjadi lebih mudah. Perbandingan kokoa padat (komponen nonlemak pada biji yang digiling) juga cenderung rendah. Dalam cokelat batangan, misalnya, sekitar 20% gula-gula itu diisi cokelat.

Cokelat premium, di sisi lain, biasanya mengandung sekitar 50 – 70% cokelat padat. Karena mengandung lebih sedikit gula dan mungkin juga sedikit minyak nabati, cokelat pekat ini mengandung lebih sedikit kalori dari produk cokelat pada umumnya. Pantaslah bila para pencinta cokelat sering “protes” gara-gara cokelat disalahkan untuk masalah yang sebenarnya disebabkan oleh konsumsi gula berlebihan.

Mamfaat Coklat

sahabat RM selalu bad mood? Sebaiknya hindari hal ini.

Mood adalah suasana hati seseorang di saat tertentu yang sangat mempengaruhi kesuksesan. Orang yang memiliki good mood (suasana hati yang gembira dan bahagia) akan dapat berfikir, berucap dan mengerjakan segala sesuatu dengan perasaan senang dan ia akan mampu meraih kesuksesan dalam kurun waktu yang lebih cepat daripada yang selalu bad mood (suasana hati yang buruk dan sedih).

Adanya pengaruh mood dengan kesuksesan maka penting bagi sahabat RM untuk selalu menjaga agar suasana hati selalu baik dan gembira. Salah satu cara untuk memelihara suasana hati yang gembira adalah dengan memperhatikan asupan makanan dan minuman. Minum secangkir coklat (dark chocolate) panas akan menjaga suasana hati selalu baik dan meningkatkan suasana hati.

Nah bukan hanya sebagai penghilang badmood. Tapi banyak pula manfaat coklat bagi kesehatan, diantaranya:

 

1. Mencegah penyakit jantung

Sebuah cokelat bar dapat membantu sahabat RM untuk mencegah penyakit jantung karena mengandung beberapa bahan kimia yang membuat sistem kardiovaskular sahabat RM berjalan lancar. Terutama dark chocolate dapat mengurangi risiko serangan jantung dengan prosentase hampir 50% dan penyakit koroner sebesar 10%. Jadi bukan sebuah masalah mengkonsumsi sebuah bar atau sepotong cokelat sehari-hari!

2. Menurunkan Tekanan Darah

Sama seperti sayuran yang memiliki warna yang gelap, coklat juga memiliki sifat dan manfaat yang mirip. Coklat mengandung flavonoid yang merupakan antioksidan. Antioksidan membantu menurunkan tekanan darah sahabat RM dengan memproduksi oksida nitrat. Hal ini juga menyeimbangkan hormon dalam tubuh sahabat RM.

3. Menurunkan Kolesterol

Makan coklat juga membantu Anda dalam menurunkan kolesterol jahat alias LDL. Disamping menurunkan LDL cokalt juga meningkatkan kolesterol baik atau HDL.

4. Anti Depresan

Coklat bisa menjadi teman sahabat RM ketika mengalami masalah dan sedang down. Hal ini karena cokelat mengandung serotonin yang merupakan anti depresan alami.

 

5. Kandungan Lemak Rendah

Cocoa powder yang merupakan bahan utama dalam coklat rendah lemak. Jadi sahabat RM tak perlu khawatir dalam mengkonsumsi coklat dalam masalah berat badan. Namun hal ini bisa berubah ketika sahabat RM mengkonsumsi dengan jumlah yang besar.

 

Kandungan Cokelat

Cokelat mengandung alkaloid-alkaloid seperti teobromin, fenetilamina, dan anandamida, yang memiliki efek fisiologis untuk tubuh. Kandungan-kandungan ini banyak dihubungkan dengan tingkat serotonin dalam otak. Menurut ilmuwan, cokelat yang dimakan dalam jumlah normal secara teratur dapat menurunkan tekanan darah. Cokelat hitam akhir-akhir ini banyak mendapatkan promosi karena menguntungkan kesehatan bila dikonsumsi dalam jumlah sedang, termasuk kandungan anti oksidannya yang dapat mengurangi pembentukan radikal bebas dalam tubuh.

Karna sekarang udh tau asal-muasal coklat nah waktunya kita coba buat glaze coklat nya yok,ikuti bahan dan langkah” di bawah yaa,,,

Cara Membuat Glaze Coklat

Cara Membuat Glaze Coklat

Bahan-bahan

8 sdm terigu
1 ktk coklat bubuk van houten uk. 45 gr
1 bks susu kental manis coklat
23 sdm gula pasir
secukupnya vanilli
500 ml air
2 sdm margarin

Langkah-langkah

Campur bahan kering. aduk sampai rata. masukkan air sedikit dikit sambil diaduk sampai rata.

Masak di atas api kecil sambil terus diaduk sampai adonan kental dan meletup letup. matikan api.

Masukkan margarin. aduk rata. dinginkan… siap dipakai.

× Whatsapp Kami!