Select Page

Pada artikel kali ini saya akan memberitau tentang cara membuat churros. Beberapa waktu lalu churros sempat menjadi jajanan yang sangat hits di kalangan anak muda. Gorengan yang sangat populer untuk pertama kalinya di negara Spanyol dan negara Portugal ini mempunyai rasa yang khas. Karena ditaburi dengan kayu manis dan dicelup dengan saus cokelat. Jangan dikira cara mengolahnya sangat sulit. Sebenarnya cara membuat churros tidak begitu sulit.

Buat Anda yang ingin belajar cara membuat churros sendiri, berikut ini saya sajikan cara membuat churros yang paling sederhana dan enak. Dijamin antigagal, karena tidak perlu untuk menggunakan mixer segala.

Cara Membuat Churros

Bahan – Bahan

  • 125 ml air
  • 75 gram tepung terigu serbaguna
  • 40 gram margarin
  • 1 butir telur ayam
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1/4 sendok teh garam

Bahan – Bahan Taburan

  • 3 sendok makan gula kaster
  • 1 sendok teh kayu manis bubuk

Saus Coklat

  • 60 gram kental manis putih
  • 40 cc susu cair
  • 30 gram cokelat bubuk
  • 1 sendok teh minyak sayur
  • Tepung maizena secukupnya (untuk mengentalkan saus)
  • Air secukupnya (untuk mengencerkan maizena)

Cara Membuat Churros

  1. Letakkan gula, garam, air, dan juga margarin di dalam panci. Selanjutnya itu masak hingga leleh dan hingga meletup-letup.
  2. Masukkan tepung terigu dan aduk dengan rata. Setelah itu nyalakan api kembali dan masak dengan waktu sekitar 2 menit. Angkat  kemudian sisihkan sampai adonan dingin.
  3. Jika adonan sudah dingin, masukkan telur dan aduk hingga benar-benar tercampur dengan rata. Tekstur adonan yang ideal adalah yang tidak terlalu lembek.
  4. Masukkan adonan tersebut ke dalam piping bag atau kantung plastik yang sudah dilubangi salah satu ujungnya. Pasangi spuit, lalu masukkan ke dalam plastik yang lain. Gunting bagian bawahnya supaya adonan bisa disemprot.
  5. Panaskan minyak kemudian tekan piping bag sambil digerakkan supaya terbentuk churros yang panjang. Kira-kira ukuran churros sekitar 3 sampai 5 cm. Setelah itu goreng sampai churros menjadi warna coklat keemasan.
  6. Angkat churros yang sudah matang dari penggorengan tersebut, lalu tiriskan minyaknya. Jika churros sudah tidak terlalu panas, guling-gulingkan ke bahan taburan.
  7. Untuk membuat saus cokelat, campur semua bahan kemudian masak di atas kompor hingga adonan mendidih. Terakhir tambahkan maizena kemudian aduk lagi hingga mendidih.

Cara Membuat Churros Ditaburi Milo

Cara Membuat Churros Dengan Mudah Dan Enak!!

Bahan – Bahan

  • 200 ml Air putih
  • 180 gr tepung terigu
  • 50 gr mentega
  • 1 butir telur
  • 1,5 sdm Gula
  • Vanili, secukupnya
  • Garam, secukupnya
  • Milo, untuk taburan
  • Minyak, untuk menggoreng

Cara Pembuatannya

  1. Rebus air hingga mendidih kemudian masukkan mentega, gula, garam, dan juga sedikit vanilli. Apabila sudah mencair masukkan tepung terigu, lalu aduk dengan rata, gunakan api kecil saja.
  2. Pindahkan adonan ke piring Kemudian tunggu kurang lebih sekitar 5 menit sampai adonan tidak terlalu panas. Kemudian tambahkan dengan telur. Aduk dengan menggunakan sendok hingga rata dan kalis.
  3. Masukkan adonan pada piping bag, tambahkan spuit bintang (sesuai selera) supaya mudah nanti saat Anda akan mencetak adonan. Cetak panjang adonan churros, lakukan hingga adonan tersebut habis.
  4. Panaskan minyak secukupnya saja, lalu masukkan adonan cetak churros masak hingga berwarna kecokelatan.
  5. Churros siap untuk dihidangkan, taburi dengan menggunakan milo halus diatasnya.

Manfaat Tepung Terigu

Cara Membuat Churros Dengan Mudah Dan Enak!!

Tepung Terigu Protein Tinggi

Tepung terigu memiliki protein yang tinggi dan memiliki kadar gluten paling tinggi. Yaitu berkisar sekitar 13% sampai 14% sehingga mempunyai kemampuan mengikat dan memerangkap gas dengan baik. Yang bisa membuat adonan mengembang dengan sempurna dan tekstur lebih kenyal. Namun kelemahannya yaitu, tepung terigu jenis ini bisa cepat basi dan cepat sekali berjamur sehingga tidak bisa bertahan lama.

Tepung terigu jenis ini sangat cocok untuk membuat adonan makanan yang memerlukan elastisitas yang tinggi. Beberapa makanan yang bisa dibuat dari tepung terigu jenis ini antara lain yaitu roti, pasta, donat, kue sus, roti tawar, sandwich, burger, hot dog dan chorros.  Beberapa jenis mie contohnya seperti mie tarik, mie ayam, mie kuning, mie instan, mie telor mie lidi dan juga martabak telor.

Tepung Terigu Protein Sedang

Siapa yang menyangka jika Tepung terigu protein sedang ini mempunyai kadar gluten menengah yaitu berkisar sekitar 11% hingga 12% dan seringkali digunakan sebagai tepung serba guna dalam pembuatan makananan dan cemilan.

Tepung terigu dengan protein yang sedang baik sekali untuk makanan dengan tekstur lembut tetapi cukup mengembang. Beberapa makanan yang cocok dibuat dari tepung terigu jenis ini antara lain yaitu beberapa macam cake seperti bolu, banana cake, brownies, bolu gulung, roti manis, waffle, martabak manis, chorros ataupun kegunaan lain yang lebih luas.

Tepung Terigu Protein Rendah

Tepung terigu protein rendah mempunyai kadar gluten yang sangat rendah yaitu tidak lebih dari 11% dan juga sangat baik sekali jika untuk membuat kue-kue yang renyah. Kelebihannya, tepung terigu jenis ini yaitu mempunyai ketahanan yang lebih lama dikarenakan oleh rendahnya kadar protein.

Tepung terigu jenis ini bisa digunakan untuk membuat makanan yang tidak mengutamakan volume dan tidak mengutamakan kekenyalan. Beberapa makanan yang sangat cocok dibuat dari tepung terigu protein rendah antara lain kue kering dan juga biskuit. Maupun bakpia , sponge cake, black forest, chocolate cake, lapis Surabaya, swiss roll, lapis legit, pancake, chiffon cake, cookies, egg drop dan masih banyak yang lainnya contohnya seperti untuk membuat bahan campuran gorengan.

Mengatasi Luka Bakar

Apabila Anda terkena luka bakar, misalkan tidak sengaja terkena air mendidih ketika Anda sendang masak. Anda juga bisa menggunakan tepung terigu untuk mengatasi masalah luka bakar yang Anda alami. Caranya sangat mudah yaitu dengan cara mencelupkan tangan Anda yang terkena luka bakar ke dalam tepung terigu tersebut kurang lebih sekitar 10 menit.

Hasilnya yaitu tangan Anda yang tercelup air mendidih tersebut tidak akan terasa sakit maupun berwarna merah. Namun apabila luka bakar tersebut tidak terletak pada tangan Anda. Anda juga bisa menaburkan tepung terigu pada luka bakar tersebut.

Membuat Logam Berkilau

Apabila ceret dapur, lampu tembaga bisa juga barang kerjaninan yang lain kepunyaan Anda yang terbuat dari logam terlihat usang karena dimakan oleh waktu. Anda dapat menggunakan tepung terigu ini untuk mengembalikan kilau barang-barang Anda tersebut.

Caranya sangat mudah, campurkan tepung terigu dengan cuka putih dan juga garam secukupnya. Hingga membentuk pasta kemudian oleskan pada barang-barang Anda hingga kering. Setelah itu, hilangkan tepung pasta tepung terigu dari barang-barang tersebut dengan menggunakan kain yang sangat lembut

Sebagai Sampo Kering

Apabila Anda sedang terburu-buru dan rambut terasa cukup berminyak, Anda bisa untuk menggunakan tepung terigu untuk mengatasi hal tersebut. Caranya cukup mudah yaitu taburkan sedikit tepung terigu pada akar rambut kemudian sisir hingga tepung terigu hilang dengan merata. Hal ini dkarenakan tepung terig mampu untuk menghilangkan minyak dalam rambut Anda sehingga rambut tidak akan terlihat lepek.

Mencerahkan Kulit

Dengan takaran yang tepat, tepung terigu juga bisa Anda jadikan masker supaya membuat kulit Anda terlihat lebih sehat dan lebih cerah. Caranya cukup mudah, yaitu dengan cara mencampurkan 2 sendok makan tepung terigu dengan 1 sendok makan yogurt dan juga sedikit bubuk kunyit untuk dijadikan masker. Aplikasikan masker pada wajah lalu biarkan selama 25 menit, kemudian basuh dengan menggunakan air hangat.

Membantu Mengatasi Jerawat

Selain bisa membuat kulit Anda cerah, tepung terigu teryata bisa juga untuk dijadikan masker untuk membantu mengatasi jerawat. Caranya sangat muda yaitu dengan cara mencampurkan tepung terigu, madu, teh hijau hangat yang sudah di seduh dan juga beberapa tetes lemon untuk dijadikan masker. Aplikasikan masker pada jerawat dan juga tutupi dengan menggunakan plester selama semalaman, dan bersihkan pada keesokan harinya.

Sebagai Lulur

Tepung terigu ternyata juga bisa digunakan sebagai lulur untuk detoksifikasi kulit lho. Caranya cukup mudah yaitu dengan cara mencampurkan tepung terigu dan juga anggur yang telah dihancurkan hingga menjadi adonan yang pas untuk dibuat lulur. Aplikasikan pada tubuh sebagai lulur kemudian diamkan selama lebih dari 15 menit, kemudian mandilah dengan menggunakan air hangat.

Mempercepat Pematangan Buah

Dalam tepung terigu perlu diketahui bahwa terdapat kandungan ascorbic acid. Ascorbic acid dalam tepung ini mempunyai fungsi yaitu membantu pembentukan gluten juga bisa mempercepat pematangan. Hal ini memang belum banyak orang yang mengetahuinya, tetapi nyatanya terigu mampu untuk membantu mempercepat proses pematangan pada buah alpukat.

Anda hanya perlu menaruh buah alpukat yang belum matang tersebut ke dalam wadah yang berisikan tepung terigu. Pastikan buah alpukat tenggelam dalam balutan tepung terigu tersebut. Dengan begitu mampu untuk membantu proses pematangan buah lebih cepat.

Manfaat Mentega

Kaya Asam Lemak Jenuh

Asam lemak jenuh banyak orang yang menganggap tidak baik ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan kita. Contohnya, penelitian yang menunjukkan jika asam lemak rantai pendek dan juga asam lemak rantai sedang. Yang ditemukan pada margarin atau mentega bisa meningkatkan kolesterol HDL, menurunkan resiko stroke dan sangat berperan dalam penurunan berat badan. Selain itu, beberapa ulasan menemukan bahwa tidak ada hubungan antara asam lemak jenuh dan juga resiko penyakit pada jantung.

Sumber Butirat Yang Baik

Mentega terdiri dari antara 3 hingga 4% butirat, yaitu asam lemak dan juga empat karbon. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Prosiding National Academy of Sciences tepatnya pada tahun 2013. Butirat bisa membantu untuk mengontrol pelepasan pesan pro-inflamasi dalam tubuh kita. Yang mengurangi peradangan dan juga mencegah sistem kekebalan tubuh menyerang bakteri yang menguntungkan dalam perut. Oleh karena itu, makanan kaya butirat contohnya seperti mentega bisa membantu melindungi kita dari peradangan kronis contohnya seperti penyakit Crohn, kolitis dan penyakit sindrom usus bocor.

Tinggi Asam Lemak Linoleat Terkonjugasi

Mentega juga kaya akan asam lemak yang lain yaitu: asam lemak linoleat terkonjugasi (CLA). CLA yang ditemukan dalam produk hewan ruminansia yang diberi makan rumput, yang mempunyai manfaat kesehatan. Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Nutrition, menyebutkan jika CLA mampu untuk mengurangi lemak tubuh. Terutama pada orang dengan kelebihan berat badan dan juga obesitas. Selain itu, penelitian yang di publikasi dalam American Journal of Clinical Nutrition juga mencatat jika CLA mampu untuk meningkatkan toleransi glukosa dan mampu untuk meningkatkan profil lipid darah pada hewan coba.

Kaya Vitamin A

Meskipun mentega bukan menjadi sumber vitamin dan sumber mineral, namun mentega mengandung retinol yang cukup tinggi. Satu ons (28 gram) mentega mengandung 700 IU, bisa disebut 14 persen dari kebutuhan vitamin yang disarankan. Vitamin A sangat sangat penting bagi kesehatan mata, kulit, jaringan, membran dan gigi, bahkan berperan dalam transkripsi gen. Kekurangan vitamin A bisa meningkatkan risiko masalah kesehatan, termasuk pada gangguan penglihatan.

Mentega bisa meningkatkan kandungan gizi dalam makanan. Sebagai contoh, salah satu sumber terbaik vitamin A yaitu ubi jalar. Menambahkan mentega pada ubi jalar bukan hanya mampu untuk meningkatkan selera mereka. Tetapi bisa juga meningkatkan kandungan vitamin A di dalamnya. Mentega juga dapat membantu Anda untuk menurunkan kadar indeks glikemik makanan bertepung, contohnya seperti kentang atau pasta. Namun hal yang perlu untuk diperhatikan, meskipun mentega sangat baik bagi kesehatan, kandungan energi di dalamnya sangat tinggi. Sehingga usahakan untuk konsumsi dengan jumlah yang tidak berlebihan.

Sebagai Masker Wajah

Yang satu manfaat mentega yang satu ini tergolong sangat unik, dan mungkin belum banyak orang yang mengetahuinya. Kandungan vitamin A dan juga lemak jenuh dalam mentega dipercaya mampu untuk menghaluskan dan juga mencegah timbulnya jerawat dan vlek hitam pada wajah. Caranya sangat sederhana, cukup dioleskan pada kulit wajah, diamkan beberapa saat, bersihkan dengan menggnakan spon yang sudah dicelup ke dalam air hangat. Jangan lupa untuk sesudahnya perciki wajah dengan menggunakan air dingin.

Meningkatkan Stamina

Mentega cukup banyak dengan kandungan energinya. Setiap 100 gram mentega bisa mengandung 725 kkal. Hal itu akan membantu asupan energi tubuh kita terpenuhi untuk setiap harinya. Bagi kita yang mempunyai kesibukan yang tinggi tentu membutuhkan energi yang berlebih dan juga terus ada. Konsumsi makanan dengan bahan mentega mampu untuk membantu memenuhi kebutuhan kalori tubuh Anda. Namun kelebihan kalori juga bisa berdampak buruk contohnya seperti bisa menyebabkan tersumbatnya arteri dan juga resiko penyakit jantung.

Obat Untuk Osteoporosis Dan Arthritis

Mentega mempunyai nutrisi yang sangat kompeks. Tidak hanya mineral vitamin tetapi juga ada nutrisi lain yang mampu untuk membantu memperkuat struktur tulang kita contohnya seperti kandungan kalsium. Konsumsi mentega dalam jumlah yang cukup bisa membantu Anda untuk mencegah rasa nyeri sendi. Dan bisa juga bisa membantu penguatan otot dan tulang.

Menguatkan Tulang

Manfaat mentega juga kaya dengan vitamin contohnya seperti vitamin A, D, dan E. Selain itu ada kandungan kalsium juga di dalam mentega. Setiap 100 gram mentega pasti terdapat sekitar 15 mg kalsium. Kalsium diperlukan untuk memperkuat susunan tulang dan juga memperkuat persendian kita.

Memerahkan Dan Melembabkan Bibir

Kandungan vitamin E yang terkandung dalam mentega mampu untuk melembabkan bibir yang kering. Oleskan pada bagian bibir pada saat sebelum tidur, kemudian bersihkan keesokan paginya.

Membantu Pertumbuhan Otak Anak

Mentega merupakan sumber makanan hewani yang mempunyai kandungan lemak jenuh yang sangat tinggi. Kandungan lemak dan juga kolesterol dalam mentega juga baik untuk perkembangan pada otak anak.

Membangun Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat mentega yang kaya akan vitamin dan mineral ini, mengandung anti oksidan yang mampu untuk menangkal radikal bebas yang bisa merusak sel-sel tubuh kita. Konsumsi mentega yang benar sangat mampu untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Demikianlah artikel tentang cara membuat churros. Resep ini sangat cocok bagi Anda yang ingin membuat cemilan yang berasal dari negara Spanyol dan Portugal ini. Cukup sampai disini artikel kali ini. Kurang lebihnya mohon maaf. Sekian dan terima kasih.

× Whatsapp Kami!