Select Page

Bolu merupakan makanan manis (sweet goods) yang terbuat dari bahan utama: tepung terigu, gula, telur dan margarin. Sejarah Cake sangat panjang dan tidak dapat dilepaskan dengan sejarah roti, yang berasal dari mesir kuno. cara membuat bolu kukus salah satunya.

Secara etimologi berdasar Kamus Oxford,  kata bolu atau Cake (dalam bahasa Inggris) berasal dari kata “Kaka” yang berasal dari bahasa kuno Norse (yaitu bahasa yang di gunakan oleh pendatang dari utara Jerman) di wilayah scandinavia masa era viking pada abad 13.Cake pada masa itu sangat berbeda dengan cake yang kita makan pada masa sekarang. Bentuk cake menyerupai roti dengan rasa manis yang berasal dari madu.

Pada awal sejarah Bolu,  cara membuat bolu kukus di buat untuk memperingati ritual upacara keagamaan, namun seiring dengan perkembangan zaman cake di sajikan secara khusus untuk memperingati hari bersejarah dalam kehidupan manusia seperti hari kelahiran, perkawinan, pembabtisan, masa liburan dan bahkan di sajikan saat ada kematian, sebagai kue spesial untuk penghormatan bagi orang-orang tercinta.

Ditinjau dari penggunaan bahan utama dari pembuatan cara membuat bolu kukus yaitu Tepung terigu, gula, telur, dan margarin dengan perbandingan 1:1:1:1 , maka di kenal dengan Istilah Pound Cake yang berkembang di wilayah Inggris Raya. Penyajian bentuk pound cake biasanya dengan menggunakan Loyang roti (loaf Pan) atau di bentuk “bundt” dengan bagian tengah berlubang dengan taburan gula icing.

Cara Membuat Bolu Kukus Pandan Ombre

bolu kukus

Yang dibutuhkan:

Bahan A:
– 5 butir telur utuh
– 250 gr gula pasir
– 1 sdm

Dan Bahan B:
– 220 gr tepung pro rendah/sedang
– dan 30 gr tepung maizena
– 1/4 sdt vanilli bubuk
– Sejumput garam
– Ayak menjadi 1 wadah semua bahan, sisihkan

Bahan C:
– 100 ml minyak sayur
–  dan 120 ml santan instan
– 50 ml air/susu cair
– Campur menjadi satu semua bahan, aduk kembali sebelum dituang

Pasta pandan secukupnya
Topping: buttercream, keju parut

Cara membuat:
– Panaskan kukusan hingga air mendidih
– Gunakan loyang persegi ukuran 20cm dan alasi dengan kertas baking. Oles sekeliling pinggiran loyang dengan minyak/margarine
– Kocok dengan mixer kecepatan tinggi semua bahan A sampai pucat putih dan mengental sekitar 10 menitan (sesuaikan mixer masing-masing)
– Setelah adonan mengental, tuang bertahap bahan B dan bahan C secara bergantian, dimulai dari tepung dan diakhiri dengan tepung. Mixer dengan kecepatan sedang sampai tercampur rata
– Bagi dan timbang adonan menjadi 4 bagian sama banyak
1. 1 wadah adonan + 1/8 sdt pasta pandan + 1/2 sdt tepung terigu
2. dan 1 wadah adonan + 1/4 sdt pasta pandan + 1/2 sdt tepung terigu
3. 1 wadah adonan + 1/2 sdt pasta pandan + 1/2 sdt tepung terigu
4. dan 1 wadah adonan + 1 sdt pasta pandan + 1/2 sdt tepung terigu

– Untuk tingkat warna sesuaikan sendiri.
– Aduk balik masing-masing adonan hingga tercampur rata.
– Tuang masing-masing adonan kedalam plastik segitiga (supaya adonan lebih rata saat dituang)
– Lalu tuang 1 lapisan adonan kedalam loyang (dimulai dari warna yang lebih tua)
– Kukus api sedang lapisan pertama selama 8 menit. Jangan lupa tutup kukusan dibungkus serbet.
– Tunggu sebentar setelah 8 menit buka tutup kukusan dan tuang lapisan kedua, hentakkan loyang, kukus kembali. Lakukan sampai setiap lapisan habis. lapisan terakhir kukus selama 15 menitan.
– Setelah matang, keluarkan kue dari kukusan.
– Biarkan hingga dingin baru dikeluarkan dari loyang.

Manfaat Bolu Kukus Bagi Tubuh:

1. Bagus Untuk Kesehatan Mata

Khasiat yang pertama bisa membantu kita di dalam menjaga kesehatan mata.Ternyata bukan sayur wortel saja yang bisa menjaga kesehatan mata anda. Namun makanan ini juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi hal buruk dapat terjadi, sebaiknay anda mengonsumsi makanan ini yang bisa membantu kita di dalam menjaga kesehatan mata secara lebih baik.

2. Membantu Program Diet

Jika kita memiliki berat badan berlebihan tentu ingin sekali menurunkan berat badan entah bagaimanapun caranay. Dalam hal ini diet merupakan salah satu cara yang banyak direkomendasika sehingga tidak berdampak bagi kesehtan.

Di dalam menurunkan kesehatan badan, ternyata dengan mengonsumsi roti bolu merupakan salah satu solusi bagi penurunan berat badan kita.

3. Bagus Bagi kesehatan Tulang

Roti bolu di dalmnya memiliki kandungan vitamin d yang berfungsi sebagai vitamin untuk mebantu penyerapan kalsium bagi tulang. Tidak heran jika maknanan ini menjadi salah satu makanan yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya pengeroposan pada tulang.

4. Kekebalan Tubuh

kandungan selenium yang ada di dalam roti bolu sangat baik sekali untuk menjaga kesehatan tubuh. Perlu anda ketahui banyaknya beragam jenis penyakit, sebaiknya diantisipasi dengan mengonsumsi makanan sehat, seperti makanan ini serta melakukan olahraga secara rutin.

5. Pembentukan Otot

Roti bolu memiliki senyawa protein cukup tinggi yang dapat digunakan di dalam menyehatkan serta membantu perkembangan otot. Karena di dalam pengelolahan makananan ini banyak di fermentasikan dengan berbagai makanan yang bermanfaat salah satunya telur yang ada di dalam makanan ini. sedangkan telur sendiri sangat baik sekali bagi anda yang sedang proses pembentukan otot.

6. Untuk Pemeliharaan Sel Tubuh

Roti bolu juga bisa untuk memelihara sel tubuh yang sehat. Hal ini disebabkan karena kandungan yang ada di dalam makanan ini memiliki senyawa protein. Sedangakan protein memiliki peranan yang sangat baik untuk memproduksi dan mengantikan sel-sel tubuh yang sudah mati.

7. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Senyawa yang ada di dalam roti bolu ini memiliki manfaat untuk membentuk perlindungan khusus bagi tubuh dengan menstabilkan kandungan kolesterol di dalam tubuh. Kemudian senyawa tersebut bisa mengancam jenis kolesterol buruk yang bisa menyebabkan resiko penyakit jantung. Jadi, kandungan yang ada di dalam makanan ini penting untuk membuat kesehatan jantung anda sehat.

Itu lah beberapa manfaat dari bolu yang bisa kita ketahui. tentunya Gigit Bolu juga mempunyai beberapa jenis bolu andalan yang mungkin bisa menjadi referensi teman-teman mencari bolu yang sesuai dengan selera teman-teman semua, Yuu kepoin produknya , tinggal langsung kontak kami , atau liat katalog menu bolu dari Gigit Bolu.

Manfaat Bahan Dasar Cara Membuat Bolu Kukus

Santan Instan

santan instan

Untuk alasan kepraktisan santan instan dipilih sebagai pengganti santan segar. Meskipun rasa dan aromanya mirip santan segar, santan instan juga perlu dicermati konsumsinya.

Berbagai bentuk santan yang lebih praktis ada di pasaran, seperti santan kental, encer, hingga bubuk. Santan alami yang terbuat dari kelapa segar akan memberikan nilai lebih. Dari mulai aroma hingga rasa santan tentu akan berbeda dengan santan kemasan. Inilah beberapa kekurangan santan instan yang harus Anda perhatikan!

Untuk membuat santan selalu segar, produsen santan biasanya memberikan bahan kimia berupa pengental. Salah satunya bernama guar gum, yang terbuat dari guar bean. Ada juga yang namanya sirup jagung. Sirup ini terbuat dari biji jagung yang dihaluskan. Sirup ini mengandung fruktosa yang tinggi dan bisa berpengaruh buruk pada masalah kesehatan.

Manfaat Untuk Kesehan:

1. Mencegah Anemia

Rendahnya produksi hemoglobin dalam tubuh kita dapat mengakibatkan terjadinya anemia. Kondisi anemia kerap dialami banyak orang dan tak jarang diabaikan. Padahal, anemia akan menyebabkan produktivitas kita menurun.

Solusinya sangat mudah. kita bisa mengonsumsi olahan dengan bahan santan kelapa. Santan kelapa mempunyai kandungan zat besi yang mumpuni untuk mengatasi kondisi anemia. Manfaat yang dirasakan tubuh juga akan menjadi lebih besar bila kita mengonsumsi santan kelapa secara murni.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sedikit orang yang tahu bahwa santan kelapa memiliki kandungan antioksidan berupa vitamin C yang tinggi. Kandungan ini mendukung proses peningkatan kekebalan tubuh atau imunitas kita. Hasilnya, kita pun akan lebih resisten terhadap infeksi virus maupun bakteri.

3. Menekan Risiko Penyakit Jantung

Siapa bilang santan kelapa dapat menyebabkan risiko gangguan jantung? Justru sebaliknya, mereka yang mengonsumsi minyak kelapa berikut santan kelapa justru punya risiko penyakit jantung yang lebih rendah ketimbang para pengguna minyak sayuran ataupun minyak hewani.

4. Meningkatkan Kepadatan Tulang dan Gigi

Tingginya kandungan fosfor pada santan kelapa membuatnya baik untuk tulang dan gigi. Inilah sebabnya kenapa kita sebaiknya mulai mengonsumsi santan kelapa secara berkala, demi meningkatkan kepadatan tulang dan gigi.

5. Mendukung Diet Sehat

Diet sejatinya adalah pola makan yang teratur sehingga menghindarkan dari penumpukan lemak berlebih di dalam tubuh. Santan kelapa mempunyai kandungan asam lemak dengan rantai yang pendek. Hal ini mengakibatkan kandungan asam lemak tersebut sangat mudah untuk diolah tubuh menjadi cadangan energi.

6. Menurunkan Kolesterol dalam Darah

Meski kerap disebut sebagai coconut milk, akan tetapi santan kelapa punya asam lemak jenuh yang bisa menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Lain halnya jika Anda mengonsumsi susu hewan yang justru bisa memicu peningkatan kolesterol di dalam tubuh.

7. Mendukung Peremajaan Sel Tubuh

Kandungan nutrisi, serat, dan asam lemak yang mumpuni, menyebabkan santan kelapa punya kemampuan untuk mendorong pembentukan sel-sel baru. Dalam hal ini peremajaan sel tubuh bisa kita dapatkan tatkala rutin mengonsumsi santan kelapa.

Manfaat Untuk Kecantikan:

1. Mengembalikan Kecerahan Kulit

Kulit yang cerah dan terlihat sehat selalu menjadi incaran setiap wanita. Bahkan, kini kaum adam pun menginginkan penampilan kulit yang cerah. Solusinya sangat mudah. Kita bisa menggunakan santan kelapa untuk meningkatkan kecerahan kulit.

Cara penggunaan santan untuk mencerahkan kulit sangat sederhana. kita cukup memakai santan kelapa kental sebagai masker. Biarkan santan berdiam di kulit selama kurang lebih 10-15 menit lalu bersihkan kulit dengan air bersih. Bila kita melakukan perawatan santan ini dengan rutin, maka kulit wajah pun akan semakin cerah. Namun jangan mengharapkan hasil yang instan, ya.

2. Membersihkan Kulit sampai ke Pori-Pori

Bingung mencari pembersih kulit wajah yang aman dan alami? Mungkin ini saatnya kita mencoba santan kelapa untuk membersihkan kulit kita.

Cara pemakaian santan ini sangat gampang. Pertama, campurkanlah 4 sendok makan santan kelapa dengan 1,5 liter coconut oil. Kedua, tambahkan 1 gelas kecil garam halus, lalu aduk sampai semua bagian tercampur rata. Ketiga, baluri kulit wajah Anda dengan campuran tersebut sambil dipijat memutar dengan perlahan. Terakhir, bilaslah wajah dengan air bersih.

3. Mencegah Terjadinya Jerawat dan Komedo

Kemampuan santan untuk membersihkan kulit hingga ke pori-pori, membuatnya sanggup pula untuk menghambat terjadinya jerawat bahkan komedo pada kulit. Tentu hal ini hanya terjadi jika kita melakukan perawatan menggunakan santan secara rutin.

4. Menghaluskan dan Melembapkan Kulit

Tidak hanya membuat kulit menjadi bersih, masker santan kelapa juga mampu menghaluskan kulit kita. Kandungannya yang tinggi nutrisi, membuat santan juga bisa meningkatkan kelembapan kulit. Duo manfaat yang sangat dicari oleh wanita manapun.

santan kelapa

5. Menghambat Munculnya Tanda-Tanda Penuaan

Kandungan vitamin C di dalam santan kelapa menjadikannya antioksidan yang baik untuk menyamarkan kerutan di kulit. Bukan cuma itu, santan kelapa juga dikenal bisa menghambat berbagai tanda penuaan yang kerap tampak di wajah.

6. Mengatasi Masalah Kulit

Kulit sensitif, terlalu kering, alergi, hingga berminyak, semua bisa diatasi dengan pemakaian santan kelapa sebagai masker. Pasalnya, nutrisi yang dikandung oleh santan kelapa akan memenuhi kebutuhan kulit untuk kembali sehat.

7. Membantu Membersihkan Sisa Kosmetik

Kulit yang kotor akibat sisa-sisa kosmetik rentan membuatnya teriritasi. Alhasil, jerawat hingga komedo kerap muncul di kulit wajah. Solusinya cukup mudah, yakni dengan menggunakan santan kelapa untuk membersihkan sisa kosmetik. Caranya, oleskan santan ke permukaan kulit diamkan sekitar 5 menit, lalu bilaslah sampai bersih.

8. Mengatasi Gangguan Kesehatan Kulit Kepala

Ketombe jelas akan mengganggu penampilan kita. Belum lagi rasa gatal dan kerontokan yang biasanya mengikuti kondisi rambut yang berketombe.

Untuk mengatasi gangguan tersebut cukup mudah. Caranya adalah dengan membalurkan santan kelapa pada kulit kepala. Oleskanlah santan tersebut sampai merata di permukaan kulit kepala. Selanjutnya, pijat-pijat kulit kepala Anda agar santan kelapa meresap dengan optimal.

Biarkan santan kelapa di kulit kepala Anda selama 10-15 menit. Kemudian barulah bilas rambut dan kulit kepala Anda dengan air sampai bersih.

9. Menyuburkan Pertumbuhan Rambut

Bukan hanya mengandung vitamin C, tapi santan kelapa juga punya kandungan vitamin E yang tinggi. Sudah merupakan pengetahuan umum bahwa vitamin E punya khasiat menyuburkan rambut dan mempercepat pertumbuhan rambut.

Cara menggunakan santan kelapa pun sangat gampang. Pertama, siapkan minyak zaitun murni. Kedua, siapkan wadah yang bersih untuk mencampurkan minyak zaitun dan santan kelapa. Ketiga, balurkan campuran tadi ke permukaan kulit kepala sampai merata. Jangan lupa untuk mengoleskan sambil memijat kulit kepala Anda secara perlahan-lahan.

Terakhir, bilaslah kulit kepala dengan air hingga bersih sepenuhnya. Pembilasan dilakukan setelah mendiamkan campuran minyak zaitun dan santan kelapa di permukaan kulit kepala kita selama kurang lebih 10-15 menit.

10. Menghaluskan Kulit Tumit

Kulit tumit rentan untuk menjadi kering dan pecah-pecah. Pasalnya, kulit tumit adalah yang paling sering bergesekan dengan sepatu. Tak jarang kondisi lembap dan panas saat tertutup sepatu membuat kulit tumit semakin mudah mengelupas.

Terlepas dari segala manfaat dan keunggulan santan kelapa, namun kita tetap mesti memperhatikan tata cara dalam pengolahan dan konsumsinya. Sama seperti bahan makanan lain, bila santan kelapa direbus terlalu lama atau diolah dalam durasi yang kelewat panjang, maka khasiat santan pun bisa hilang.

Garam

garam halus

Garam adalah bahan penting dalam pembuatan cara membuat bolu kukus. Garam juga memiliki banyak manfaat. yaitu:

Manfaat Garam Bagi Kesehatan

1. Mengatasi Jerawat

Manfaat garam yang pertama adalah mengatasi jerawat. Siapa yang tidak sebal saat ada jerawat tumbuh di wajah? Jerawat biasanya akan tumbuh saat kita sedang stres, kurang menjaga kebersihan wajah, terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak, dan lain sebagainya. Umumnya, kita akan mengobati jerawat dengan salep jerawat atau jenis obat lainnya.

Akan tetapi, jerawat bisa kita obati dengah bahan alami yakni air garam. Caranya, campurkan segelas air dan satu sendok makan garam laut hingga garam larut dalam air. Celupkan bola kapas ke dalamnya dan aplikasikan pada area berjerawat. Biarkan hingga kering kemudian bilas menggunakan air biasa.

2. Mengatasi Bau Mulut

Manfaat garam bisa menghilangkan bau mulut, salah satu masalah yang kerap dialami oleh banyak orang. Bau mulut disebabkan oleh berkembangnya kuman dan bakteri di dalam mulut akibat kebiasaan malas menggosok gigi.

Bau mulut bisa kita atasi dengan cara berkumur dengan air garam. kita hanya cukup menambahkan beberapa sendok garam ke dalam segelas air hangat. Setelah itu, campurkan hingga garam larut. Lalu, gunakan larutan garam tersebut untuk erkumur dengan selama beberapa detik.

3. Mengobati Luka

Jika kita memiliki luka di kulit, cobalah untuk mengobatinya dengan air garam. Sebab, khasiat garam memiliki kemampuan anti-inflamasi yang dapat menyembuhkan luka dengat cepat san mudah. Caranya, kita hanya perlu mencampurkan garan dengan air hangat. Kemudian rendam luka kita selama beberapa menit.

 

Sekian cara membuat bolu kukus ini, semoga resep cara membuat bolu kukus ini sangat bermanfaat bagi kita semua. dan saya mengucapkan banyak terimakasih.

× Whatsapp Kami!