Select Page

Pada artikel kali ini saya akan memberitahu tentang cara membuat boba tea. Anda tentu sudah familiar dengan milk tea. Minuman yang berasal dari campuran susu dan juga teh ini biasa disandingkan dengan topping boba atau dengan bubble dan dikenal dengan nama boba tea. Selain itu, kini sudah banyak variasi minuman milk tea yang sangat nikmat. Alhasil, popularitas milk tea pun saat ini semakin menanjak.

Salah satu variasi boba tea yang kekinian yaitu boba milk tea caramel. Minuman yang satu ini biasanya mengombinasikan milk tea dengan mengombinasikan saus karamel dan boba sebagai topping-nya. Anda tentu bisa membuat minuman ini sendiri di rumah, lho.

Apa Itu Boba Tea?

Meski minuman yang satu ini sudah sangat populer di negara Indonesia. Ternyata masih banyak orang yang belum pernah mencoba boba tea ini. Nah, boba drink merupakan minuman milk tea atau teh susu yang diberi campuran topping bubble, sejenis bulatan kecil yang terbuat dari tepung tapioka atau tepung kanji. Bubble bisa dibuat sendiri di rumah, tetapi kini ada banyak bubble instan yang sudah dijual di pasaran sehingga kita tidak perlu repot-repot untuk membuatnya sendiri.

Boba tea pertama kali dipopulerkan yaitu di negara Taiwan. Sampai saat ini, sudah ada puluhan merek boba drink yang membuka gerainya di negara Indonesia. Beberapa di antaranya ada yang mengklaim franchise dari negar Taiwan.

Seiring dengan berjalannya waktu, boba tea sudah mengalami banyak perubahan. Sebelumnya boba drink hanya terdiri atas campuran teh dan susu dengan topping bubble. Kini Anda bisa menemukan berbagai varian rasa contoh seperti taro, brown sugar, hazelnut, sampai caramel.

Topping bubble juga mempunyai tekstur yang kenyal sehingga sangat disarankan untuk mengunyahnya terlebih dahulu sebelum ditelan. Bubble yang berkualitas maka akan menawarkan tekstur kenyal dan juga mudah dikunyah. Sebaliknya, apabila topping bubble yang dipakai kurang berkualitas, rasanya alot atau susah dikunyah seperti karet.

Anda juga bisa memperoleh boba tea dengan mudah. Hampir di setiap pusat perbelanjaan sudah tersedia gerai yang menjual bubble milk tea ini. Namun, apabila Anda ingin menikmati bubble milk tea yang lebih aman, buat saja sendiri dengan bahan-bahan yang sangat sederhana.

Resep Boba Tea

Membuat boba tea sendiri bisa menghemat UANG Anda, lho. Cara membuatnya juga tidak terlalu sulit untuk diikuti. Berikut ini adalah cara membuat boba milk tea caramel yang bisa Anda buat di rumah.

Bahan-bahan untuk membuat boba:

  • 1 gelas Tepung Tapioka (tepung kanji)
  • 1 gelas Air Panas
  • ¼ sdt Garam
  • Pewarna makanan hitam secukupnya)
  • Air untuk merebus
  • Air dingin untuk merendam

Cara membuat Boba Tea:

  1. Letakkan tepung tapioka pada sebuah tempat atau wadah, kemudian tuang air panas sedikit demi sedikit saja. Uleni adonan dengan menggunakan tangan.
  2. Tambahkan pewarna makanan secukupnya saja, kemudian kembali uleni dengan tangan supaya pewarnanya tercampur rata.
  3. Bentuk adonan menjadi sebesar kelereng atau bisa lebih kecil, selanjutnya letakkan di wadah yang terpisah.
  4. Didihkan air panas, lalu rebus adonan yang sudah dibentuk tadi. Rebus sedikit demi sedikit supaya bobanya tidak saling menempel.
  5. Apabila teksturnya sudah empuk dan juga warnanya menjadi warna ungu tua, angkat dan tiriskan boba tersebut.
  6. Rendam boba di dalam air dingin hingga warnanya berubah menjadi warna hitam.

Bahan-bahan untuk membuat caramel milk tea:

  • 1 kantong SariWangi Milk Tea Caramel
  • 200 ml Air
  • Es batu secukupnya

Cara membuat Boba Tea:

  1. Pertama, masukkan SariWangi Milk Tea Caramel ke dalam gelas.
  2. Tuang air dan aduk sampai hingga rata.
  3. Masukkan es batu sesuai dengan selera.
  4. Tambahkan boba yang tadi telah dibuat ke dalamnya.

Cara Membuat Boba Tea- Manfaat  Teh

Cara Membuat Boba Tea Dengan Mudah!!!!

Cara Membuat Boba Tea- Kandungan Teh

Sebelum beralih ke manfaat teh bagi kesehatan, perlu diketahui lebih dulu apa saja kandungan yang ada di dalam teh. Teh yang paling sering kita nikmati yang berasal dari tanaman teh atau Camellia sinensis. Teh yang berasal dari tanaman ini antara lain yaitu teh hijau, teh hitam, teh putih, dan teh oolong. Bentuk dan juga kepekatan warna teh ini tentu berbeda-beda karena tingkat oksidadinya yang berbeda.

Teh juga memiliki kandungan utama yaitu polifenol (katekin), kafein, asam amino, dan juga asam lemak omega-3 dan asam lemak omega-6. Teh juga mempunyai kandungan folat dan juga beberapa mineral contoh seperti magnesium, fosfor, kalium, mangan, dan juga fluoride. Setiap jenis teh yang berasal dari Camellia sinensis mempunyai kandungan yang tidak jauh berbeda.

Manfaat Teh untuk Kesehatan Tubuh

Minum teh di pagi hari mampu memberikan semangat untuk memulai aktivitas Anda. Minum teh di sore hari bisa membuat waktu santai Anda lebih menyenangkan. Selain kedua manfaat tersebut, masih banyak lagi manfaat teh bagi kesehatan tubuh yang bisa Anda dapatkan. Berikut adalah berbagai manfaat teh yang sangat perlu Anda ketahui!

1. Meningkatkan Konsentrasi

Manfaat teh yang pertama yaitu dapat meningkatkan konsentrasi. Teh juga  memiliki kandungan kafein yang dikenal dengan fungsinya untuk merangsang sistem saraf pusat dan juga melancarkan pada peradaran darah ke otak. Hal ini lah yang membuat kafein bisa membuat kita akan lebih ‘melek’. Kandungan kafein teh lebih rendah daripada kafein kopi dan justru membuatnya akan lebih ideal untuk dikonsumsi.

2. Menjaga Fungsi Kognitif Otak

Manfaat teh untuk otak ternyata tidak hanya untuk jangka pendek, tetapi juga untuk jangka panjang. Sebuah penelitian sudah menunjukkan bahwa senyawa antioksidan yang ada di dalam teh hijau bisa melindungi otak dan juga bisa menurunkan risiko penyakit contoh seperti Alzheimer dan juga Parkinson yang merupakan penyakit neurodegeneratif.

3. Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut

Menjaga kesehatan gigi dan juga mulut juga merupakan salah satu khasiat teh. Kandungan antioksidan yang ada di dalam teh juga mampu untuk membunuh bakteri di mulut yang bisa menyababkan berbagai masalah gigi dan masalah mulut. Konsumsi teh secara rutin sudah dipercaya bisa menurunkan risiko karies gigi, meningkatkan kesehatan gigi, dan juga mengatasi bau mulut.

4. Menurunkan Risiko Diabetes

Manfaat teh lainnya yaitu mampu untuk  menurunkan risiko diabetes. Sebuah penelitian telah membuktikan jika teh seperti teh hijau dan juga teh hitam memiliki kemampuan untuk menurunkan gula darah. Teh juga bisa membantu meningkatkan sensitivitas insulin sehingga diabetes pun mampu untuk dicegah.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Selain bisa menurunkan kadar gula darah, teh juga sangat mampu untuk membantu menurunkan tekanan darah. Berdasarkan sebuah penelitian, konsumsi teh hitam rutin maka akan menurunkan tekanan darah sistolik dan juga diastolik. Selain konsumsi teh, perubahan pola hidup yang lebih sehat juga harus  diterapkan untuk mendapatkan hasil yang signifikan.

6. Menurunkan Kolesterol

Manfaat teh selanjutnya adalah sangat mampu untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Kandungan antioksidan berperan penting lagi kali ini. Setelah mengonsumsi teh, kadar antioksidan dalam darah akan meningkat sehingga kolesterol jahat tidak teroksidasi.

7. Menurunkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

Teh juga mampu untuk mencegah penyakit kardiovaskular mulai dari gagal jantung, serangan jantung, dan juga penyakit stroke. Manfaat teh satu ini tentunya juga dipengaruhi oleh kemampuan teh untuk menurunkan tekanan darah dan juga penyakit kolesterol. Karena kedua kondisi tersebut merupakan kondisi yang bisa memicu gangguan pada kardiovaskular.

8. Mencegah Kanker

Manfaat teh untuk kesehatan berikutnya yaitu bisa mencegah kanker. Manfaat satu ini masih dipengaruhi oleh kandungan antioksidan yang ada di dalamnya. Antioksidan dapat membantu dan bisa menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan sel yang dapat menyebabkan kanker.

9. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat teh untuk menurunkan berat badan juga sudah sangat populer. Teh yang paling terkenal bisa menurunkan berat badan yaitu teh hijau. Jenis teh yang satu ini bahkan sudah banyak terkandung di dalam teh diet. Teh hijau bisa membantu dalam hal meningkatkan metabolisme tubuh dan juga membantu pembakaran lemak, terutama pada bagian perut.

10. Menjaga Saluran Pencernaan

Selain membantu untuk menurunkan berat badan. teh juga bisa membantu dalam menjaga saluran pencernaan. Terdapat berbagai macam bakteri yang bekerja pada sistem pencernaan. Polifenol yang ada dalam teh mampu untuk meningkatkan produksi bakteri baik dan juga mencegah perkembangan bakteri yang merugikan pencernaan.

11. Mengatasi Pilek dan Flu

Anda juga mampu untuk mencoba teh sebagai salah satu obat untuk mengatasi pilek dan juga flu. Antioksidan dalam teh juga bisa membantu mencegah infeksi akibat virus dan juga bakteri. Selain itu, secangkir gelas teh hangat yang dicampur dengan perasan lemon juga ampuh untuk mengatasi hidung yang tersumbat.

12. Menjaga Kesehatan Tulang Dan Sendi

Manfaat teh bagi kesehatan lainnya adalah mampu menjaga kesehatan tulang dan juga sendi. Kandungan fitokimia yang terdapat dalam teh yang berperan dalam mafaat yang satu ini. Sebuah penelitian sudah menunjukkan bahwa kelompok orang yang mengonsumsi teh setiap hari mempunyai tulang dan juga sendi yang lebih kuat daripada yang tidak.

13. Mengatasi Stres

Pernahkan Anda merasa lebih tenang jika sudah mengosumsi teh? Ya, salah satu manfaat teh yaitu dapat mengatasi stres. Teh juga mengandung asam amino L-theanine yang bisa menurunkan stres. Konsumsi teh secara rutin diketahui bisa menyebabkan penurunkan hormon kortisol yang merupakan hormon yang diproduksi ketika Anda stes.

14. Membantu Panjang Umur

Berbagai khasiat teh untuk kesehatan bisa membuat teh menjadi minuman yang bisa membantu Anda untuk memiliki umur yang lebih panjang. Perlu diketahui jika penyakit contoh seperti kanker, stoke, penyakit jantung adalah penyakit dengan risiko kematian yang tinggi. Sehingga jika Anda bisa menjaga kesehatan dengan konsumsi teh secara rutin, maka risiko kematian juga pasti akan menurun.

15. Menjaga Kesehatan Kulit

Teh juga mempunyai manfaat untuk memelihara kesehatan pada kulit. Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan berbagai produk kecantikan dengan kandungan teh hijau yang ada di dalamnya. Terdapat juga berbagai resep memanfaatkan teh yang basi untuk kulit wajah. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam teh memang akan membuat teh ampuh untuk bisa mendapatkan kulit yang lebih sehat dan juga mencegah penuaan.

Konsumsi Teh Yang Baik Bagi Tubuh

Konsumsi teh dengan cara rutin bisa memberikan berbagai macam manfaat bagi kesehatan Anda, tapi tentunya teh tidak akan bisa dikonsumsi secara sembarangan. Apabila Anda ingin mendapatkan manfaat teh untuk kesehatan, sebaiknya Anda mengonsumsi teh tanpa campuran gula maupun campuran susu. Jika teh mengandung terlalu banyak gula dan juga susu, ditakutkan risiko yang didapatkan pasti akan lebih tinggi dibandingkan dengan manfaatnya untuk kesehatan.

Selain itu, terdapat juga pendapat bahwa teh tidak boleh dikonsumsi secara bersamaan dengan makanan. Hal ini ada benarnya karena teh dapat mengganggu penyarapan protein dan zat besi. Lebih baik beri jarak antara sekitar 30 hingga 60 menit sebelum atau sesudah makan. Konsumsi teh bersama makanan juga tidak disarankan jika Anda mengonsumsi zat besi dan juga  protein dalam jumlah sedikit.

Cara Membuat Boba Tea- Manfaat Tepung Tapioka

Cara Membuat Boba Tea Dengan Mudah!!!!

1. Baik Bagi Para Penderita Hipertensi, Penyakit Jantung dan Stroke.

Kandungan natrium yang rendah yang ada pada tepung tapioka sangat menguntungkan bagi orang yang mempunyai tekanan darah tinggi, penderita penyakit jantung, dan penyakit stroke. Hal ini karena jumlah batas harian natrium pada orang dewasa yaitu sekitar 2300 mg.

Untuk mendapatkan manfaat tepung tapioka dengan cara maksimal, sebaiknya Anda mengurangi garam atau mengurangi baking soda ketika Anda memasak.

2. Baik Bagi Orang Dengan Diet Bebas Gluten.

Sebagian orang ada yang mengalami intoleransi terhadap bahan makanan yang terdapat mengandung gluten. Contoh seperti orang yang mengidap penyakit celliac. Tepung tapioka sangat cocok terutama bagi orang dengan diet bebas gluten karena tepung ini terbuat dari singkong yang secara alami bebas dengan gluten.

Tepung tapioka mampu untuk menjadi pengganti tepung terigu yang biasanya dipakai untuk membuat roti dan juga kue. Tetapi tidak semua produk tepung tapioka yang dijual di pasaran bebas gluten, karena biasanya tepung itu diproses dengan peralatan yang sama sehingga bisa berisiko mengalami kontaminasi dengan produk tepung lain yang mempunyai kandungan gluten.

3. Membantu Melancarkan Sistem Pencernaan.

Tepung tapioka biasanya sering dimanfaatkan untuk mencegah sembelit atau mencegah konstipasi. Hal ini dikarenakan tepung tapioka mengandung pati resisten di dalamnya. Pati resisten juga merupakan pati yang tidak mampu untuk dicerna oleh tubuh kita, sehingga bisa membantu untuk melancarkan pencernaan.

Selain itu, fungsinya pun sama persis seperti serat dalam sistem pencernaan. Oleh karena itu pati resisten juga mampu untuk menurunkan kadar gula darah jika setelah makan, meningkatkan metabolisme glukosa dan juga insulin dalam tubuh kita.

4. Membantu Menaikkan Berat Badan.

Anda yang mempunyai masalah untuk menaikkan berat badan anda, hal ini mampu untuk diatasi dengan mengonsumsi makanan yang biasanya terbuat dari tepung tapioka lho. Penelitian juga menyatakan bahwa kandungan karbohidrat yang tinggi yang ada pada tepung tapioka mampu untuk membantu menaikkan berat badan Anda.

5. Melancarkan Sirkulasi Darah

Tepung kanji mengandung zat besi yang ada di dalamnya. Tubuh sangat membutuhkan zat besi untuk menghasilkan sel darah baru, mencegah anemia, dan juga melancarkan sirkulasi darah.

6. Tinggi Asam Folat

Tepung kanji juga mengandung asam folat dan juga vitamin B kompleks yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh Anda.

7. Menurunkan Tekanan Darah

Kandungan kalium yang ada di dalam tepung kanji sangat mampu untuk membantu mengurangi stres pada pembuluh darah dan juga arteri. Sementara kandungan potasiumnya juga sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah.

Demikianlah artikel tentang cara membuat boba tea. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat bagi kita semua. Terutama bagi orang yang telah membaca artikel inin. Sekian dan terima kasih.

× Whatsapp Kami!