Select Page

Siapa sih yang enggak suka dengan jajanan satu ini? Cemilan yang dinamakan basreng (Bakso Goreng), terkenal akan kerenyahan, kegurihannya, dan rasa pedas ini membuat ketagihan siapapun yang mencobanya. Cemilan ini sangat cocok untuk menemani santai sore anda dan juga cocok untuk cemilan saat menonton film. Mau tau cara membuat basreng yang lezat dan juga gurih, mari kita simak.

Nama Basreng di ambil dari singkatan bakso goreng, yang dibuat garing renyah crispy. Basreng terbuat dari bahan adonan baso ikan Tenggiri, bukan baso sapi, yang digoreng garing dengan mengunakan kayu bakar dan campuran ramuan bahan alami hingga menghasilkan keripik basreng yang lezat nan gurih serta tahan lama tanpa mengunakan bahan pengawet. Jajanan basreng satu ini mirip dengan jajanan yang tidak asing bagi siapapun dari kerenyahannya, kegurihannya bahkan sekarang jajanan ini juga diberi rasa pedas mulai dari level 1 hingga level 5. Apakah itu? keripik tempe, jajanan satu ini juga cocok untuk menemani waktu santai anda. Mau tau apa resep keripik tempe nikmat yang dapat kamu buat sendiri dengan mudah di rumah.

Rasa pedas yang didapat dari racikan cabai asli, menghasilkan rasa pedas yang alami, serta warna merah yang juga alami tanpa pewarna buatan atau pewarna makanan. Rupanya rahasia dibalik aneka kreasi dan variasi olahan cemilan basreng pedas lezat nan gurih merupakan bahannya yang alami, tanpa campuran bahan kimia apapun.

Bahan untuk membuat penganan ini tidak beda dengan bakso, yakni campuran tepung tapioka dengan daging sapi atau ikan. Untuk panganan ini umumnya menggunakan bakso yang berbahan ikan tenggiri.

Bagi pedagang yang di kedai atau tenda pedagang kaki lima, mereka tidak akan memotong bakso sebelum ada yang membeli. Bakso itu masih terlihat bulat sebesar bakso pada umumnya. Bakso itu kemudian dipotong-potong kecil setelah ada pembelinya. Kemudian digoreng di minyak yang sudah panas. Setelah ditiriskan, basreng kemudian ditaburi cabai. Terakhir basreng itu dimasukan dalam kemasan.

 

Sejarah Munculnya Basreng

Sebelumnya apa itu basreng? Pangan yang dimodifikasi ini rupanya berasal dari kota bandung. Omongin masalah bandung, bandung merupakan kota yang dikenal sebagai kota tujuan belanja, dan bandung juga merupakan tempat munculnya makanan-makanan terkenal seperti makanan cilok yaitu makan yang terbuat dari tepung aci atau kanji yang ditusuk, kemudian ada lagi  cilok yang dicelupkan ke dalam telur kemudian digoreng dan masih banyak lagi makanan yang terkenal dari bandung.

Begitu juga dengan olahan bakso. Bakso pada umumnya berbentuk bulat, namun sekarang bakso ada yang dipotong kecil-kecil berbentuk persegi empat dan sekarang juga terdapat bakso berukuran kecil-kecil seukuran batu kerikil yang di jajankan dengan campuran bakso kerikil dan diberi kuah kaldu dengan saus kecap, dan juga campuran sambal. Bahkan hingga muncul variasi bakso berukuran bola besar yang memiliki berat hampir 3kg.

Modifikasi bakso lainnya yaitu bakso goreng atau sering disebut basreng. Jajanan yang banyak di jual di sudut-sudut kota bandung. Biasanya dijajakan di tempat-tempat yang ramai pengunjung, seperti di halaman depan mal, mini market, halaman sekolah dan tempat-tempat lainnya. Makanan yang dijual di pedagang kaki lima ini kemudian dirubah  menjadi jajanan yang berkelas dengan memberikan sedikit sentuhan di bagian kemasan dan mengunakkan bahan yang berkualitas oleh para internet marketer di facebook, twitter, bahkan di e-commerce. Untuk memulai bisnis tersebut kita dapat dengan mudah membuat untuk basreng dalam jumlah yang besar dengan bantuan mesin. Bicara permasalahan mesin untuk mesin pengemas terpercaya bagi semua orang dan sudah teruji kalian para pebisnis makanan dapat membelinya di mesinpengemas,id

Saat ini sudah banyak merek-merek basreng bermunculan, salah satunya yaitu Maicih yang sudah terkenal dengan makanan serba keripik yang berlokasi di kota bandung. Salah satu keripik yang terkenal yaitu keripik basreng, Keripik yang dijual Maicih banyak diminati karena disini keripik basreng memiliki tingkat kepedasan yang berbeda-beda. Bakan di laman resmi mereka, mereka memiliki tingkat kepedasan hingga level 5.

 

Manfaat Ikan Tenggiri Bagi Kesehatan

cara membuat basreng

Ikan tenggiri merupakan ikan yang satu golongan dengan ikan tuna, tongkol, kembung, dan juga makarel, seperti yang kita ketahui bahwa jenis ikan ini sanagat cocok untuk pembuatan makanan seperti siomay, pempek, dan bakso.

Dibalik rasa ikan ini yang lezat rupanya ikan ini memiliki manfaat yang terkandung di dalamnya, ini beberapa manfaat dari ikan tenggiri.

1. Menurunkan Kadar Kolestrol Jahat

Kolesterol merupakan hantu yang menakutkan bagi sebagian orang untuk memakan semua jenis daging. Meski begitu, selama kolesterol yang dikandung masih dalam fase normal, kolesterol tidak selamanya menakutkan. Jika Anda khawatir kadar kolesterol jahat Anda akan naik, hindari makan jeroan dan beralihlah ke makarel. Ikan dari air asin dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat.

2. Berdampak Pada Kecerdasan

Banyak orang yang menganjurkan ibu hamil dan anak-anak makan ikan secara teratur untuk meningkatkan kualitas kognitif. Ini benar, termasuk mengonsumsi ikan tenggiri yang mengandung omega-3 yang sehat, ikan ini baik untuk kemampuan kognitif anak.

3. Memberikan Kesehatan Pada Mata

Vitamin A adalah vitamin yang diperlukan untuk kesehatan mata, dan itu adalah alat yang paling penting dalam hidup kita. Jika ingin memiliki mata yang sehat, sebaiknya makan makanan yang kaya vitamin A, seperti ikan tenggiri. Selain mengonsumsi ikan tenggiri juga bisa mengonsumsi beberapa makanan dan sayuran yang mengandung vitamin A.

4. Ampuh Untuk Hilangkan Ketombe

Fakta membuktikan bahwa selain baik untuk kesehatan, ikan kembung juga sangat baik untuk kesehatan rambut. Manfaat yang didapat bisa efektif menghilangkan ketombe. Yang bisa dilakukan adalah dengan haluskan daging ikan tenggiri, kemudian campur dengan lidah buaya halus, dan aduk hingga rata. Setelah itu, oleskan campuran tersebut ke rambut, tunggu 30 menit, lalu bersihkan.

5. Kaya Vitamin

Ikan memang merupakan makanan dengan manfaat yang tak terhitung jumlahnya bagi yang mengkonsumsinya. Pada ikan tenggiri terdapat beberapa vitamin baik, seperti vitamin A, vitamin C dan vitamin B1 yang tentunya sangat bermanfaat untuk kesehatan.

 

Manfaat dan Bahaya Makan Pedas Bagi Kesehatan

1. Manfaat Menkonsumsi Makan Pedas

Beberapa makanan akan terasa lebih enak jika Anda menambahkan cabai atau sambal agar terasa lebih menyegarkan. Tahukah Anda bahwa mengonsumsi makanan pedas dapat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Padahal, cabai sebagai bumbu masakan sudah digunakan sejak zaman dahulu untuk menyembuhkan peradangan dan memperlancar peredaran darah.

Saat Anda makan makanan pedas, darah Anda akan mengalir lebih cepat dari biasanya di tubuh Anda. Dengan cara ini, racun dalam tubuh bisa dikeluarkan bersamaan dengan keringat. Selain itu masih ada beberapa manfaat pedas bagi tubuh, yaitu:

  • Meningkatkan Imun Dalam Tubuh

Salah satu manfaat makan makanan pedas adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit. Manfaat ini bisa didapatkan dengan mengonsumsi cabai yang dikenal tinggi kandungan vitamin C dan A. Kedua jenis vitamin tersebut merupakan antioksidan dan dapat digunakan untuk melindungi tubuh dari penyakit. Oleh karena itu, orang yang suka makan cabai cenderung lebih kecil kemungkinannya untuk sakit.

  • Menurunkan Berat Badan

Manfaat kesehatan lain dari makanan pedas adalah dapat menurunkan berat badan. Saat menyantap cabai, rasa pedas dan gosong di lidah disebabkan oleh adanya senyawa capsaicin pada cabai. Padahal, kandungan tersebut dapat meningkatkan suhu tubuh dan mempercepat metabolisme, sehingga kalori dalam tubuh lebih cepat terbakar.

  • Mencegah Kanker

Dikatakan juga bahwa hanya dengan mengkonsumsi makanan pedas secara teratur dapat mencegah kanker. Kandungan capsaicin pada paprika juga dapat secara efektif menghambat atau bahkan membunuh pertumbuhan sel kanker tanpa merusak sel sehat di sekitarnya.

  • Menyehatkan Jantung

Tahukah Anda kalau makanan pedas bisa baik untuk kesehatan jantung? Pasalnya, lada bisa mencegah penggumpalan darah. Kandungan capsaicin sudah terbukti efektif melawan peradangan yang menjadi penyebab penyakit jantung.

2. Bahaya Mengkonsumsi Pedas Terlalu Banyak

Meskipun makanan pedas bisa mendatangkan banyak manfaat, Anda tidak harus mengkonsumsinya dalam jumlah banyak. Dosis yang tepat diperlukan untuk menghindari penyakit pada perut. Berikut ini beberapa bahaya terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas:

  • Maag

Salah satu bahaya makan makanan pedas adalah maag. Cabai dalam jumlah banyak dapat menyebabkan sakit perut atau peradangan, yang sering disebut dengan penyakit maag. Tidak hanya itu, Anda juga akan mengalami diare dan sakit kepala.

  • Asam Lambung Naik

Orang yang sering makan makanan pedas bisa menimbulkan efek buruk pada perut. Pasalnya, makanan pedas akan meningkatkan asam lambung yang akan menyebabkan tenggorokan menjadi panas. Selain itu, dinding lambung bisa menjadi meradang dan rusak.

  • Membuat Usus Iritasi

Usus juga merupakan bagian tubuh manusia yang sensitif, jadi jika seseorang mengkonsumsi makan pedas telalu banyak itu bisa berbahaya, penyakit usus mungkin sulit untuk dihindari dan menyebabkan iritasi.

 

Resep Cara Membuat Basreng Lezat dan Gurih

cara membuat basreng

1. Cara membuat basreng original (ikan tenggiri)

Bahan:

  • 400 g bakso ikan tenggiri
  • minyak goreng
  • 10 lembar daun jeruk, buang tulang daun, iris halus, sangrai hingga kering
  • 75 g gula bubuk
  • 1 sdm garam
  • 2 sdt cabai rawit bubuk

Cara Membuat Basreng Original:

  1. Iris tipis bakso ikan. Panaskan minyak goreng yang banyak dalam wajan.
  2. Goreng irisan bakso secara bertahap hingga kering dan renyah. Angkat, tiriskan.
  3. Sangrai gula bubuk, garam dan cabai rawit bubuk. Aduk hingga tercampur rata dan kering.
  4. Tambahkan daun jeruk dan bakso goreng, aduk rata. Angkat. Sajikan atau simpan dalam wadah bertutup rapat.

2. Cara Membuat Basreng Daging Ayam

Bahan:

  • 250 gram dada ayam, dipotong-potong
  • 1/2 sendok makan garam kasar
  • 1 butir telur
  • 150 gram es serut
  • 1/4 sendok teh penyedap rasa
  • 3 siung bawang putih, dihaluskan
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/4 sendok teh soda kue
  • 1 sendok makan bawang putih goreng
  • 1 sendok makan bawang merah goreng
  • 100 gram tepung sagu aren

Cara Membuat Basreng Daging Ayam:

  1. CARA MEMBUAT PENTOL BAKSO, masukkan ayam dan garam dalam choper. Giling sampai halus.
  2. Masukkan telur, es serut, penyedap rasa, bawang putih, merica bubuk, soda kue, bawang putih goreng, dan bawang merah goreng. Giling sampai lembut.
  3. Tambahkan tepung sagu. Giling rata sampai lembut dan kalis.
  4. Ambil adonan. Bentuk bulat. Masukkan dalam air hangat. Bila bakso sudah mulai penuh, rebus sampai matang. Tiriskan. Iris. Angin-anginkan.
  5. Goreng ke dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api kecil hingga kering. Sajikan untuk cemilan sangat enak dan laris manis.

 

3. Cara Membuat Basreng Daging Sapi

Bahan:

  • Bakso sapi yang telah jadi siap untuk dibuat
  • Cabai bubuk pedas hot
  • Minyak Goreng

Cara Membuat Basreng Daging Sapi:

  1. Pilih pentol bakso sapi dengan kualitas baik, Anda bisa beli di pasar
  2. Bakso diiris sesuai dengan bentuknya bulat
  3. Dijemur dan biarkan dalam suhu ruangan selama 2 hari
  4. Goreng dengan minyak goreng berkualitas sampai basreng merekah dan renyah
  5. Setelah basreng diangkat dan masih dalam kondisi panah taburi dengan bumbu yang telah disiapkan agar menempel.
  6. Diamkan kurang lebih 1-2 jam di suhu ruangan jangan langsung di kemas agar tidak cepat melempem.
  7. Sajikan untuk 350 gram. Selamat ngemil.

 

4. Resep Cara Membuat Basreng Seblak

Bahan:

  • 3 buah bakso ikan secukupnya
  • Minyak
  • 2 buah sosis

Bahan yang Dihaluskan:

  • 5 buah Cabe rawit merah
  • 1/2 sendok teh Garam
  • 2 siung Bawang putih
  • 1 cm Kencur/cikur
  • 2 sendok makan Gula merah
  • 1/2 sdt kaldu bubuk

Cara Membuat Basreng Seblak:

  1. Untuk membuat sajian kali ini cara yang akan dapat anda lakukan adalah dengan memperhatikan langkah persiapan. Hal ini dikarenakan ada beberapa bahan pada resep yang perlu kita olah terlebih dahulu sebelum dimasak dan dicampurkan dengan sajian lainnya.
  2. Adapun bahan pertama yang perlu kita olah terlebih dahulu adalah basreng atau bakso gorengnya. Pertama-tama siapkan sebuah pisau bersama dengan sebuah tatakan. Kemudian potong basreng dengan ukuran memanjang seperti kentang goreng.
  3. Lakukan hal yang sama pada sisa basreng yang masih ada. Kemudian letakkan dalam wadah, sisihkan sementara sebelum anda mencampurkan sajian ini dengan bahan-bahan lainnya secara merata.
  4. Apabila sudah selesai dengan merata maka selanjutnya kita akan potong-potong sosis. Potong sosis dengan bentuk bulat ukuran agak tipis namun tidak terlalu kecil. Gunakan pisau dan masukkan dalam wadah kemudian sisihkan sajian ini sebelum dicampur dengan bahan lainnya.
  5. Nah setelah semua persiapan diatas dilakukan dengan merata.
  6. Bila sudah minyak sudah panas merata masukkan terlebih dahulu sosis dan goreng sampai matang dengan cara mengaduknya secara merata hingga sosis menjadi lebih mengembang dengan merata.
  7. Angkat sajian ini dan masukkan dalam wadah untuk kemudian sisihkan sementara sebelum sajian ini dimasak dan dicampurkan dengan bahan lainnya dengan merata.
  8. Lanjutkan dengan menuangkan potongan basreng kedalamnya dan masak sampai bagian luarnya kering dan matang dengan merata. Angkat yang telah selesai di goreng menggunakan penyaring gorengan kemudian sisihkan dalam wadah agar minyaknya lebih meniris dengan merata.
  9. Siapkan wajan yang sama namun sisakan sedikit minyaknya. Lalu panaskan dengan merata dan tuangkan bumbu halus kedalamnya kemudian aduk-aduk dengan merata serta tumis sajian ini sampai matang dan tercium bau harum yang enak pada sajian kali ini.
  10. Masukkan sosis bersama dengan potongan basreng yang sudah anda goreng sebelumnya. Lalu aduk-aduk dengan merata semua bahan ini sampai tercampur.
  11. Jangan lupa masukkan garam bersama dengan gula pasir serta tambahkan sedikit kaldu bubuk untuk memberikan rasa pada sajian kali ini

 

5. Cara Membuat Basreng Ekonomis Kekinian

Bahan:

  • 375 g tapioka.
  • 125 g maizena.
  • 2 buah mie (mie eko sudh direbus).
  • 1 butir telur.
  • 3 siung bawang putih (haluskan).
  • daun seledri.
  • penyedap rasa.
  • Air hangat.

Cara Membuat Basreng Kekinian:

  1. Campur semua bahan, tuang airnya sedikit2 saja agar tidak kelembekan.
  2. Bantuk bulatan lonjong lalu goreng (me: rebus sampai mengapung).
  3. Diamkan seharian supaya set dan gampang diiris.
  4. Goreng sampai matang.

Sekian pembahasan kita kali ini tentang cara membuat basreng lezat dan gurih. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari cemilan yang cocok untuk menemani waktu santai anda. Sekian dan terima kasih

× Whatsapp Kami!