Select Page

Rasa pahit yang dimiliki oleh sayur pare (Momordica charantia L.) membuat beberapa orang tidak suka untuk mengkonsumsi sayuran ini. Padahal di dalam sayuran pare ini banyak mengandung berbagai macam nutrisi esensial yang sangan bermanfaat bagi tubuh. Bagi anda yang tidak suka makanan pahit satu ini, sekarang pare sudah berinovasi menjadi keripik pare. cara bikin keripik pare juga sangant gampang. Dalam artikel ini akan dibahas semua hal tentang pare.

Orang-orang menganal buah pare dengan sebutan yang berbeda-beda. Sebagian orang di jawa barat menyebut nama sayur pare ini dengan nama paria, masyarakat di Sumatra menemai sayur ini dengan sebutan pepare dan sedangkan orang-orang di eropa menyebut sayur pare dengan sebutan bitter mellon.

Buah pare memiliki bentuk dan tekstur yang mudah dikenali, buah yang berasal dari keluarga timun (Cucurbitaceae) ini memiliki bentuk permukaan kulit yang bebiku-biku. Warna dari pare ada yang berwarna hijau dan keputihan. Dalam keadaan matangnya buah, warna buah parea akan berubah menjadi warna kuning atau oranye.

Bagi sebagian orang, rasa pahit itulah yang membuat sayur ini spesial dan digemari banyak orang. Namun, sebagian orang, terutama anak-anak, tidak menyukai rasa pahit dari pare. Padahal dari segi gizi, pare kaya akan gizi. Setiap 100 gram pare mengandung energi 34 kkal, protein 1,1 g, lemak 0,3 g, karbohidrat 6,8 g, kalsium 45 mg, fosfor 64 mg, zat besi 1,4 g, retinol 54 mcg, tiamin 0,08 mg, dan asam askorbat 52 mg.

Kandungan dalam pare dipercaya mampu mengobati dan mengendalikan penyakit seperti disentri, cacingan, mengontrol tekanan darah, mengobati sariawan dan meredakan sakit maag. Makan pare dengan rajin dapat mencegah dan mengendalikan penyakit ganas seperti lever, diabetes dan kolesterol. Bagi ibu menyusui, mengonsumsi pare dianggap bisa mempercepat produksi ASI. Seperti sayuran lainnya, pare juga kaya serat, yang dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan.

 

Tips Mengurangi Rasa Pahit Pare

Rasa pahit pada sayur pare disebabkan oleh tingginya kandungan quinie pada pare. Untuk mengurangi rasa pahit, Anda bisa melakukannya dengan berbagai cara.

Pencucian Air Garam

Potong pare menjadi dua dan buang bijinya. Potong pare menjadi irisan tipis. Tambahkan 500 gram pare cincang dan 2 sendok makan garam. Remas dengan lembut selama 1 menit. Biarkan pare selama 10 menit. Bilas pare dengan air bersih, lalu siapkan untuk dimasak.

Menggunakan Daun Jambu Biji

Irisan pare yang dimasak dengan daun jambu biji juga bisa mengurangi rasa pahitnya. Tekniknya, 500 gram par, buang bijinya dan potong tipis-tipis. Rebus 7 lembar daun jambu biji dalam air mendidih. Peras daun jambu biji sebelum digunakan. Masak selama 4 menit. Angkat dan tiriskan. Siap tara sesuai persyaratan formula.

Lempengan Tanah Liat

Mengukus pare di tandfdah liat kering sangat efektif menghilangkan rasa pahit. Tanah liat kering banyak dijual di pasar tradisional, dan orang biasanya menggunakan tanah liat ini untuk menghilangkan rasa pahit daun pepaya. Caranya adalah dengan memanaskan air kemudian gunakan papan tanah liat untuk memasukkan potongan-potongan kecil. Didihkan. Angkat dan tiriskan. Kupas siap diolah.

Perkaya Bumbu Masak

Mengolah pare dengan paduan bumbu pedas, asin dan manis, seperti diolah menjadi sambal goreng pare membuat cita rasa pahit pare bisa dikurangi.

5 Manfaat dari Sayur Pare

cara bikin keripik pare

Bagi orang Indonesia, kita sering makan sayur ini dengan olahan pendamping somay hingga gado-gado. Akan tetapi bagi anda yang menykai makan makanan pahit , sebaiknya baca terlebih dahulu manfaat-manfaat yang dimiliki sayur satu ini.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Pare dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Selain rendah kalori, pare juga memiliki serat yang dapat membantu Anda tetap kenyang dalam waktu yang lama; sebuah penelitian menemukan bahwa pare dapat meningkatkan pembakaran lemak dan mengurangi kandungan lemak di perut. Namun, diperlukan penelitian lebih lafdfnjut untuk mengetahui manfaat pare dalam membakar lemak.

Menurunkan Kadar Gula Darah

Manfaat pare dalam menurunkan kadar gula darah telah lama digunakan sebagai pengobatan diabetes. Pare bekerja dengan cara merangsang produksi insulin dan meningkatkan pencernaan gula dalam tubuh.Selain itu, pare juga dapat menurunkan kadar fruktosamin dalam tubuh, sehingga membantu Anda mengatur kadar gula darah dalam jangka panjang.

Mengurangi Kolesterol

Manfaat pare ini masih perlu penelitian lebih lanjut. Namun menurut beberapa penelitian awal pada tikus, ditemukan bahwa pare dapat menurunkan kadar kolesterol jahat LDL dan trigliserida, dan menurunkan kolesterol dapat menurunkan risiko penyumbatan pembuluh darah dan penyakit jantung.

Mengandung Banyak Nutrisi

Tidak diragukan lagi bahwa pare mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh Anda! Pare menyimpan berbagai senyawa, seperti vitamin C, vitamin A, asam folat, dan berbagai antioksidan yang dapat melawan radikal bebas.

Berpotensi Mengatasi Kanker

Manfaat pare dalam pengobatan kanker masih perlu penelitian lebih lanjut, selain itu diyakini ampuh membunuh sel kanker di usus besar, nasofaring, lambung dan paru-paru, juga dipercaya dapat menghambat penyebaran dan pertumbuhan sel kanker payudara.

 

4 Efek Samping Konsumsi Pare Berlebihan

Pare rupanya telah digunak sebagai bahan obat-obatan herbal selama berabad-abad. Sayuran ini dekenal dengan citarasa yang pahit , dan kebanyakan orang mengunakannya sebagai pengatur gula darah. Akan tetapi pare jika dikonsumsi secara berlebihan dapat merugikan kesehatan.

Memicu Kontraksi

Dipercaya bahwa pare dapat menyebabkan kontraksi. Wanita menyusui tidak dianjurkan mengonsumsi pare secara berlebihan. Namun, hampir tidak ada penelitian ilmiah di bidang ini. Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan ke dokter sebelum makan pare.

Mengganggu Kinerja obat

Makan pare dan obatnya bisa menurunkan kadar gula darah. Hal ini dapat menyebabkan kadar gula darah sangat rendah. Orang dengan riwayat diabetes yang sedang minum obat harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi pare.

Membuat Irama Jantung Tidak Teratur

Ketika ritme jantung menjadi tidak teratur, itu menyebabkan darah menumpuk di satu sisi jantung. Hal ini dapat menyebabkan trombosit membentuk gumpalan, yang dapat menyebabkan stroke atau serangan jantung. Dalam sebuah penelitian, seorang pria berusia 22 tahun mengalami gejala setelah minum setengah cangkir jus pare.

Dapat Menyebabkan Koma Hipoglikemik

Koma hipoglikemik adalah bentuk koma yang disebabkan oleh injeksi insulin yang berlebihan. Ini dapat menyebabkan penurunan kadar gula darah yang parah. Ada laporan kasus yang menunjukkan timbulnya koma hipoglikemik dan timbulnya fibrilasi atrium (irama jantung abnormal) akibat konsumsi pare.

 

Cara Bikin Keripik Pare Crispy

cara bikin keripik pare

Salah satu upaya untuk meningkatkan nilai tambah pada barang barang hasil budidaya pertanian adalah dengan melakukan pengolahan pasca panen. Hal ini menjadi penting untuk dipikirkan mengingat sifat dari barang barang hasil budidaya pertanian yang mudah busuk atau rusak. Selain untuk meningkatkan nilai tambah, pengolahan pasca panen ini juga dimaksudkan untuk mengantisipasi adanya kelebihan suplai hasil pertanian yang dapat menyebabkan harga barang barang hasil budidaya pertanian ini bisa turun harga dan berdampak merugikan petani.

Demikian juga pada tanaman pare. Buah pare yang merupakan hasil budidaya para petani kita adakalanya mengalami over produksi sehingga menyebabkan suplai di pasar berlebihan. Apabila ini terjadi sementara permintaan konsumsi pare ini cenderung stabil maka harga buah pare akan turun dengan sendirinya. Apalagi konsumen buah pare untuk kebutuhan sayur ini juga tidak banyak mengingat rasa buah pare yang pahit. Sehingga penikmat buah pare untuk kebutuhan konsumsi sayuran juga terbatas. Untuk mengatasi hal tersebut dilakukan upaya untuk mengolah buah pare ini dengan membuatnya menjadi kripik pare krispi. Cara Membuat Keripik Pare ini di proses sedemikian rupa jadi keripik supaya makin banyak orang yang suka dan merasakan faedah dari pare. keripik tempe juga merupakan salah satu keripik dengan manfaat tinggi, salah satunya protein. Keripik tempe dapat dengan mudah kita jumpai di warung atau toko tempat menjual cemilan. Atau anda bisa membuatnya sendiri, resep keripik tempe sangat mudah untuk membuatnya.

Di kabupaten kediri beberapa UMKM sudah memproduksi kripik pare krispi. Mereka telah mampu mengolah buah pare segar menjadi keripik krispi dengan tehnologi yang terbilang cukup mumpuni, mulai dari mesin pembuatan hingga mesin pengemas memberi nilai tambah terhadap buah pare sehingga menjadi camilan yang enak, renyah dan bernilai gizi. Cara membuat keripik pare krispi ini memiliki banyak versi, namun disini penulis akan menyajikan salah satu tehnik cara mebuat keripik pare krispi yang telah dicoba.

 

Berkreasi Cara Bikin Keripik Pare, Tidak Terasa Pahit

Cara bikin keripik pare goreng, pare goreng adalah sejenis sayuran yang biasanya digoreng. Rasanya pahit, jadi tidak semua orang menyukainya. Namun, mereka memiliki cara unik untuk menyukai pare. Salah satunya dibuat sebagai chip.

Kalau ke Solo, Boyolali atau Yogyakarta, tidak sulit mencari keripik pare. Saat Anda makan keripik pare ini, Anda tidak akan lagi merasakan kepahitan. Karena itu, selama Anda mau mencicipinya, Anda bisa mencicipinya. Namun Anda tidak perlu berjalan jauh ke Solo untuk menemukan keripik ini. Di rumah, Anda bisa berkreasi.

Bahan:

  1. 1 kg pare mentah
  2. 1 butir telur ayam
  3. 300 gr tepung beras
  4. 100 gr tepung tapioka
  5. 0,5 liter minyak goreng

Bumbu:

  1. 1 kg pare mentah
  2. 1 butir telur ayam
  3. 300 gr tepung beras
  4. 100 gr tepung tapioka
  5. 0,5 liter minyak goreng

Cara Bikin Keripik Pare:

  1. Siapkan pare untuk dicuci bersih kemudian potong dan keluarkan isinya.
  2. Iris tipis-tipis buah pare kemudian beri 1,5 sdm garam, lalu balurkan ke seluruh pare yg sudah diiris. Tidak perlu diperas dan biarkan hingga sekitar 10-20 menit.
  3. Setelah sekitar 20 menit, cuci dan bilas pare hingga benar-benar bersih, sambil diperas kuat-kuat hingga benar-benar tiris, ulangi langkah ini 3-4x. Langkah ini berfungsi untuk mengurangi rasa pahit pada pare.
  4. Setelah dicuci kemudian kita siapkan panci, lalu isi air dan rebus hingga mendidih, matikan api kompor kemudian masukkan pare yg sudah dicuci hingga terendam seluruhnya dalam air panas, biarkan 3 menit kemudian segera tiriskan dan masukkan ke dalam baskom yg berisi air dingin. Kemudian peras pare kembali hingga benar-benar tiris.
  5. Ini hasilnya pare yang sudah siap olah / digoreng menjadi keripik.
  6. Langkah selanjutnya campur tepung beras, tepung tapioka, kaldu bubuk, bawang putih bubuk dan garam kemudian aduk hingga rata.
  7. Selanjutkan kocok lepas 1 butir telur, beri garam dan kaldu bubuk sedikiit saja.Tuang ke dalam pare yg sudah diperas,aduk hingga benar-benar rata.
  8. Siapkan wajan, beri minyak dalam jumlah banyak.
  9. Sambil menunggu minyak panas, masukkan pare yg sudah dicampur kocokan telur ke dalam campuran tepung kering. Aduk rata hingga pare terlumuri tepung dengan rata dan tidak saling lengket satu sama lain.
  10. Goreng pare dalam minyak yg sudah panas dengan api sedang. Jangan kuatir pare tidak akan saling lengket satu sama lain. Jangan lupa sambil sesekali diaduk, setelah matang segera angkat dan tiriskan (ditandai minyaknya terlihat tenang).
  11. Biarkan hingga dingin lalu simpan dalam toples.

 

Cara Bikin Keripik Pare Pedas Renyah

Bahan:

  1. 3 buah pare
  2. 150 gram tepung beras
  3. 2 sdm tepung tapioka
  4. 1 sdt bubuk bawang putih
  5. 1 sdt garam
  6. 1 sdt bubuk cabe
  7. secukupnya kaldu bubuk
  8. 200 ml air matang

Cara Bikin Keripik Pare:

  1. Pare diiris tipis-tipis, kemudian rendam ke dalam air garam. Diamkan kurang lebih 30 menit, tiriskan hingga air benar-benar mengering.
  2. Campurkan tepung beras, tepung tapioka, garam, bubuk bawang, bubuk cabe dan kaldu bubuk. Tambahkan air hingga adonan tidak terlalu kental, tetapi juga tidak terlalu cair.
  3. Masukkan irisan pare ke dalam adonan tepung.
  4. Goreng pare hingga kecoklatan. Gunakan api sedang. Tips supaya keripik menjadi renyah, goreng 2 kali. Gorengan pertama asal matang dulu kemudian angkat dan tiriskan. Lakukan hingga adonan habis. Setelah itu, goreng kembali keripik yg sudah ditiriskan hingga terasa kering.

Sekian pembahasan cara bikin keripik pare kali ini semoga bermanfaat bagi anda, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari teman di waktu santai anda dan bagi anda yang suka memakan sayur pare, sekian dan terima kasih.

× Whatsapp Kami!